Light Novel Sword Art Online – Progressive Indonesia

Rhapsody of Crimson Heat (Part One) Chapter 6-3




"… Hah? Apakah kita sudah melewati hutan? Kita baru berjalan beberapa menit,” kata Asuna dengan nada khawatir.

Aku mengangkat tangan kananku untuk menghentikannya. “Tunggu sebentar.” 

“Oke…”

Kami berdiri diam, menunggu.

Kemudian, di sebelah kanan kami di depan, ada bonfire shroom menyala.

Sebagai reaksi, sekelompok dari mereka bersinar lebih jauh. Kemudian kelompok lain. Reaksi berantai dari pendaran berlanjut tanpa akhir, sampai cahayanya hampir sama banyaknya dengan langit di malam hari. Sebuah ruang yang luas diterangi oleh cahaya hijau pucat.

“Wow!” Asuna berseru, melangkah maju. Aku harus segera meraih lengan tuniknya.


Di depan kami ada koridor alami, dibangun dari pohon-pohon besar dan dedaunannya yang lebat. Koridor itu tingginya kira-kira seratus kaki dan lebarnya, dan mustahil untuk mengetahui seberapa jauh jaraknya. Kami berdiri di atas pilar batu dengan puncak datar, dan tanah sepuluh kaki di bawahnya ditutupi dengan air jernih dan tanaman air. Kanopi dari begitu banyak cabang tebal di atas menjuntai banyak tanaman merambat, di mana kupu-kupu besar mengepak dengan malas.

Pilar-pilar batu itu berjajar di tengah lorong pepohonan dan air, berputar dan berputar saat berjalan. Pemandangan dari semua ini, diterangi oleh warna hijau yang tidak wajar dari jamur api unggun, sangat halus.

Setelah aku yakin patnerku berdiri diam dengan heran, aku melepaskan tuniknya dan mengeluarkan obor dari inventoryku. Saat Asuna menyadari itu, dia tampak hampir tersinggung.

“Tunggu… Ini sangat cerah sekarang. Apakah kita benar-benar membutuhkan itu?” 

"Lihat sajalah."

Aku mengetuk obor dengan tanganku yang bebas untuk mengaktifkannya. Saat api oranye muncul, cahaya dari kelompok api unggun terdekat padam. Fenomena itu menyebar dengan cepat, hingga seluruh terowongan hijau menjadi gelap gulita dalam kurun waktu kurang dari sepuluh detik. Hanya kegelapan pekat yang mengelilingi kami, dengan hanya beberapa meter cahaya di atas pilar batu untuk memandu kami.

"Begitu... Jadi jamur tidak akan aktif jika ada cahaya lain di dekatnya," gumam Asuna.

Aku mengetuk obor yang menyala dan berkata, “Tepat. Jadi, jika kau menyalakan obor tepat di pintu masuk hutan, kau tidak akan pernah menemukan jamur bersinar, dan kau harus bekerja melalui hutan dalam kegelapan ini. Bukannya itu tidak mungkin…”

Aku menekan tombol EXTINGUISH di jendela, dan nyala api obor dengan cepat meredup, lalu padam.

Dalam beberapa detik, kumpulan bonfire shroom terdekat bersinar lagi.

Pendaran menyebar dengan cepat dan tanpa suara, sampai seluruh koridor kembali menyala hijau seperti hantu.

Demonstrasiku selesai, aku menyembunyikan obor dan menunjuk ke tiang-tiang batu tempat kami berdiri.

“Ini adalah bebatuan lepas yang dinamai dungeon. Dan kau akan menemukan yang lepas, oh… setiap batu ketujuh atau lebih.”

"Seberapa longgar kita berbicara di sini?" Asuna bertanya, mendorong batu di bawah kakinya dengan ujung sepatu botnya.

Aku mengingat pengalaman umum dari versi beta. “Uhhh… itu bukan hurp! Lebih tepatnya, di suatu antara wubble dan rumba.” 

“...... Jangan menggunakan efek suara.”

“Uhhhh… Begitu kau tahu itu longgar, kau bisa menginjakkan kakimu dan tetap menjaga keseimbanganmu.”

"Bagaimana kau bisa tahu apakah itu akan longgar?"

“Sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata, jadi aku akan menunjukkannya kepadamu,” kataku, pindah ke batu berikutnya. Asuna mengikuti, agak takut-takut.

Pilar-pilar melingkar semuanya bahkan sepuluh kaki di atas air, tetapi ada variasi yang signifikan dalam ukurannya. Yang terkecil kurang dari dua kaki, sedangkan yang terbesar lebih dari empat kaki. Masalahnya adalah ukurannya tidak selalu sesuai dengan stabilitas.

“Yang ini baik-baik saja… Yang ini juga baik-baik saja…” kataku keras, menyeberang dari tiang ke tiang. Lima, enam—dan aku baru saja akan menginjak yang ketujuh.

“Aha. Ini dia."

Aku menarik kembali kaki yang telah kujulurkan ke depan, lalu berjongkok.

"Ini, lihat ini," kataku, menunjukkan jahitan di antara pilar. Pilar lainnya benar-benar mulus di mana mereka bertemu, tetapi pilar ketujuh hanya sedikit terpisah dari yang sebelumnya. Itu hanya beberapa sentimeter atau lebih, yang berarti kau mungkin tidak menyadarinya kecuali jika kau memfokuskannya tepat saat kau tiba di sana.

“Yang hanya sedikit terpisah dari yang lain adalah bebatuan lepas. Ada fitur pengidentifikasi lainnya, tetapi mereka sangat halus, jadi cari saja celahnya adalah cara terbaik untuk melakukannya.”

"… Baik."

“Aku akan menginjaknya dulu. Kau lihatlah bagaimana aku menjaga keseimbangan.”

"K-Kau akan baik-baik saja?"

“Benar-benar baik-baik saja.”

Kupikir, aku menambahkan diam-diam. Aku merentangkan tanganku dan melangkah maju.

Diameter batu lepas itu sedikit lebih dari dua kaki. Aku meletakkan sepatu botku tepat di tengah dan dengan hati-hati memindahkan berat badanku ke depan. Ketika aku setengah beristirahat di atas batu, aku bisa merasakannya mulai miring ke kanan. Itu seperti berdiri di atas tiang yang hanya dihantam ringan ke tanah yang lunak. Sebenarnya, itu mungkin pada dasarnya menggambarkan apa batu ini.

Dengan hati-hati menyesuaikan pusat keseimbanganku, aku pergi ke depan dan meletakkan semua berat badanku di kaki kananku. Batu itu terus bergetar, tetapi tidak condong jauh. Aku perlahan-lahan membawa kaki kiriku ke depan, fokus pada keseimbangan dengan semua konsentrasiku, dan menempatkannya di sepanjang garis tengah juga. Kemudian aku memindahkan berat badanku ke kaki kiri, mengangkat kaki kanan, dan meletakkannya di batu berikutnya.

"Di sana…"

Aku menarik kaki kiriku ke depan, lalu menghembuskannya perlahan. aku melompati semua hal ini dalam versi beta, tetapi empat bulan kemudian, aku tampaknya telah kehilangan bakat itu. Akan ada banyak hal yang harus diseberangi, jadi aku mundur untuk mempelajari kembali dasar-dasarnya.

“Ah, aku mengerti. Beri aku ruang,” Asuna menyatakan dari dua batu jauhnya, jadi aku memindahkan batu lain ke depan, lalu berbalik untuk menonton.

"Kau pikir kau bisa melakukannya?"

“Triknya adalah menjaga berat badanmu di tengah batu, kan?” kata Asuna. Dia tidak terdengar terlalu khawatir.

Dia meletakkan kaki kirinya di atas batu yang lepas. Itu membuatku bertanya-tanya apakah kaki kanan adalah kaki dominanku, sedangkan kaki Asuna adalah kaki kiri. Tidak lama setelah pikiran itu memasuki pikiranku, Asuna dengan cepat berganti kaki dan melintasi batu tanpa goyangan yang terlihat. Dia berhenti di tengah batuku dan menyeringai.

“Berapa skorku?”

"Aku akan memberimu sembilan puluh sembilan poin."

 “…Kenapa aku kehilangan satu?”

"Karena kau diajari," kataku.

Dia mendengus dan melihat pilar berikutnya. 

“Oh… Yang berikutnya juga lepas?”

"Hmm…? Ah, kau benar.”

Di bawah kakiku, ada celah yang sangat tipis antara pilar kami dan pilar berikutnya dalam barisan.

"Apa yang terjadi dengan bebatuan lepas yang terjadi setiap tujuh kali?"

“Aku—aku hanya berbicara rata-rata. Terkadang mereka ada dalam kelompok kecil, dan terkadang kau tidak melihatnya untuk sementara waktu.”

“Aku tahu itu. Bagaimanapun, aku akan pergi dulu. ”

"Cobalah saja," kataku, mengambil dua langkah ke samping. Aku menatap langit-langit koridor.

Tingkat spawn monster di Hutan Looserock sangat rendah, tapi itu bukan nol. Sesekali, capung raksasa atau serangga tongkat raksasa atau skyfish raksasa melayang turun dari kanopi, dan jika itu terjadi saat kau mencoba menyeberangi batu lepas, itu bisa menyebabkan kepanikan singkat.

Tapi untuk saat ini, hanya ada beberapa kupu-kupu raksasa yang melayang-layang, yang merupakan monster netral yang tidak akan menyerang kecuali kau melakukannya. Aku melihat ke depan lagi dan melihat Asuna terhuyung-huyung melintasi batu lepas.

Dia mengambil empat langkah untuk menyeberangi batu yang lebih besar dari yang pertama dan baru saja melompat ke yang berikutnya ketika aku melihat sesuatu.

“…!”

Aku harus menahan diri untuk tidak berteriak. Jika itu mengejutkannya, itu hanya akan memperburuk keadaan. Aku hanya harus berdoa agar dia menyadarinya sendiri.

Batu berikutnya juga lepas.

Asuna mendarat dengan bunyi gedebuk lembut, lalu mengambil langkah besar ke kanan, mungkin untuk memberi ruang bagiku untuk mengikutinya. Batu itu meluncur ke samping.

“Asuna!”

Kali ini aku berteriak, tepat saat dia berseru “Hah?!”

Asuna mencoba yang terbaik untuk menyeimbangkan, tapi batu itu miring setidaknya dua puluh derajat, meluncur ke udara kosong.

Jantungku berdegup kencang, dan anggota badanku menjadi dingin. Tapi dia akan tetap baik-baik saja—tanah di bawahnya hanyalah rawa dengan lapisan air setinggi satu setengah kaki, jadi itu akan menyerap kerusakan akibat jatuh, dan dia tidak bisa tenggelam di dalamnya. Selama dia tidak kebetulan mendarat di salah satu lubang tanpa dasar.

Meskipun terkejut dengan pengalaman itu, Asuna tidak berteriak. Dia mempertahankan kontrol tubuh di udara dan meregangkan anggota tubuhnya saat dia mendarat. Ada percikan yang dalam tapi tenang ketika dia menyentuh air, lutut ditekuk untuk menyerap benturan. Tampilan bilah HP-nya tidak kehilangan satu piksel pun.

“Wah……”

Lega, aku memanggil partnerku. “Asuna, kau baik-baik saja ?!”

Fencer itu diam, tidak bergerak dari posisi mendaratnya. Perlahan, dia menegakkan tubuh dan menatapku. "Aku baik-baik saja... tapi pantatku basah."

"Ah. Nah, itu akan mengering setelah kau keluar dari air. Jangan bergerak; Aku akan menurunkan tali.”

"Baik," katanya, cemberut tapi mengacungkan jempol padaku. Aku ber flasback sebentar, lalu membuka menu pemainku.

Setidaknya tiga kali selama beta, aku jatuh dari batu-batu ini. Untuk bangkit kembali sebagai pemain solo, kau harus kembali jauh-jauh ke pintu masuk koridor dan menaiki tangga sempit yang diukir di batu. Tetapi dengan party, kau bisa membuat temanmu mengangkatmu.

Aku mewujudkan tali senar Nephila-ku, yang cukup kuat untuk menahan beban tiga pemain tanpa putus, lalu membuat lingkaran di ujungnya sehingga aku bisa melemparkannya ke Asuna.

Tetapi pada saat itu, dia mengucapkan "Eek!" dan menarik tangannya ke dada, berdiri diam.

“A-Ada apa?!” 

“Se…Sesuatu menyentuh kakiku…”

Aku bergegas ke tepi batu dan membungkuk untuk melihat kakinya. Cahaya dari bonfire shroom cukup kuat untuk memandumu melintasi jembatan batu, tetapi tidak bisa bersinar ke dalam air di bawah.

Tetap saja, aku menyipitkan mata, mengamati permukaan air yang bergeser, lalu melihat sebuah bentuk menyelinap melewati sepatu bot Asuna. Sesaat kemudian, kursor warna muncul. Warnanya merah muda sangat terang, dan namanya HEMATOMELIBE.

Aku mengeluarkan sedikit nafas yang kutahan dan berteriak, “Jangan bergerak, Asuna! Monster itu menjijikkan, tetapi sendirian, itu hampir tidak menimbulkan bahaya!”

"Hampir…? Ah, ya!” dia mengoceh, karena hematomelibe mulai merayap di kaki kanannya.

Itu adalah invertebrata yang panjang dan sempit, panjangnya sekitar dua puluh inci. Tubuhnya tembus pandang, dan kau bisa melihat saluran pencernaan hitam di tengahnya. Sejumlah tonjolan mirip sirip melambai berjajar di punggungnya, dan banyak antena panjang menjulur dari kepalanya.

"Apa…?! Tidak, tidak, tidak, aku tidak bisa melakukan ini!” dia berteriak, bersandar ke belakang untuk semua yang dia bisa—tetapi dia tidak mencoba untuk melepaskannya. Atau mungkin dia tidak bisa. Bagaimanapun, dia hanya harus menanggungnya untuk saat ini.

Setelah pertama kali aku menemukan monster ini dalam versi beta, aku mencari nama hematomelibe. Itu tidak menghasilkan kecocokan langsung, tetapi memecahnya menjadi kata-kata terpisah memberiku intinya. Melibe adalah nama genus siput laut. Hemato adalah awalan yang berarti darah. Jadi menggabungkan keduanya membentuk nama siput darah.

Pencarian lebih lanjut mengajariku tentang siput laut sebenarnya yang disebut melibe viridis, yang telah aku sebutkan pada Asuna sebelumnya. Hematomelibe di Aincrad jelas dinamai melibe viridis, dan awalan hemato memang sangat relevan.

“Aku tidak bisa! aku tidak bisa! Aku tidak bisa melakukan ini!” dia memekik saat siput laut raksasa itu berhenti sekitar enam inci di atas lututnya. Banyak peraba di kepalanya menggeliat di kakinya, mencari kulit di antara sepatu bot dan roknya yang tinggi.

“Hya…!”

“Bertahanlah di sana sedikit lebih lama! Itu hanya akan menyedot sedikit darah!” Aku meyakinkannya.

Ini memiliki kebalikan dari efek yang dimaksudkan. “M…mnyaaaaaa!!”