Light Novel Sword Art Online – Progressive Indonesia

Rhapsody of Crimson Heat (Part One) Chapter 10-4




“Um… kenapa kau ada di sel ini?” tanya Asuna dari balik bahuku, suaranya serak.

Mata pria berjanggut itu tertuju pada Asuna. “Tanpa alasan yang perlu kau ketahui, gadis manusia.”

Dia berbaring miring lagi, mengirim pesan bahwa percakapan kami sudah berakhir.

Tapi aku bertahan. Aku tidak ingin pergi tanpa mempelajari sesuatu yang berguna. "Um, apakah ada sel lain di sini di Istana Pohon Harin?"

Pria itu tidak mengatakan apa-apa selama beberapa detik, sampai akhirnya aku mendengarnya mendengus. Sesuatu menurutku aneh… tapi aku tidak bisa menahan pikiran itu, karena dia mulai berbicara dalam kegelapan yang diterangi jamur.

“Ada juga penjara di tempat tinggal para priest di lantai tujuh. Jika kejahatan yang dilakukan Kizmel ini ada hubungannya dengan mereka, dia mungkin dibawa ke sana.”

“T-Tapi… Pedang Kizmel ada di gudang di bawah sana…” kataku. Pria itu bangkit lagi.

"Kau masuk ke gudang?" “N-Nah, begitulah.”

“Hmm… Dan bagaimana kau bisa keluar dari selmu tanpa disadari oleh penjaga?”

“Uh… Aku menggunakan obor untuk membakar kunci pintu…”

“……”

Bahu lebar pria itu bergetar. Beberapa saat kemudian, aku mendengarnya mengucapkan suara pendek dan pelan dan akhirnya menyadari bahwa dia sedang tertawa.

Tolong jangan mulai berteriak dengan tawa, aku berdoa. Untungnya, tawa itu semakin lembut sampai dia selesai. Dia menggelengkan kepalanya, lalu berkata dengan datar, “Begitu…Seni Penulisan Mistik kalian para manusia. Para penjaga tentu tidak bisa memeriksa itu.”

“Eh, y-ya…” jawabku, pikiranku berpacu.

Kami juga bisa menggunakan metode yang sama untuk membuka kunci sel pria ini. Mengikuti logika quest, jika kami membebaskan orang ini, dia mungkin akan membantu kami. Anggap saja perkembangan cerita ini ditulis oleh seseorang yang dipekerjakan oleh Argus, itulah jawaban yang tepat.

Tetapi kemungkinan besar, perjalanan kami melalui questline kampanye "Elf War" jauh dari jalur skenario aslinya. Sekarang Akihiko Kayaba telah mengubah SAO menjadi seperti itu, dan Argus tidak lagi mengelola game, tidak mungkin untuk membayangkan orang yang berdaging dan berdarah dengan hati-hati memodifikasi quest untuk setiap pemain yang masih hidup. Dan jika sistem game itu sendiri menulis ulang quest secara real time, aku harus berasumsi bahwa ekspektasi tipikal sudah keluar dari jendela.

Tahanan ini adalah manusia yang hidup—eh, dark elf. Apakah dia bisa dipercaya atau tidak? Itu adalah pertanyaan sebenarnya.

Hukuman tiga puluh tahun di penjara bawah tanah ini berarti dia pasti telah melakukan kejahatan yang cukup besar. Jadi apa itu? Dia lalu berkata, "Tidak ada yang perlu kau ketahui, manusia." Jadi mungkin ada petunjuk lain…

“Um, apakah kau punya saudara laki-laki?” Asuna bertanya tiba-tiba. Aku berbalik untuk melihatnya, tertegun.

Pria itu juga terkejut, sepertinya. Dia mengerjap dalam diam, lalu menjawab, "Apa yang membuatmu menanyakan itu?"

“Karena aku mengenal dark elf yang terlihat sangat mirip denganmu.”

Di kepalaku, aku berpikir Appaaaaa? Jika Asuna mengenalnya, maka aku juga mengenalnya, mungkin. Tapi dark elf mana yang kukenal yang terlihat seperti tawanan dengan rambut acak-acakan dan janggut yang tumbuh besar...? Dan berbicara tentang dark elf laki-laki, satu-satunya yang benar-benar aku "kenal" sampai batas tertentu adalah Viscount Leyshren Zed Yofilis di Kastil Yofel, Bouhroum tua di Kastil Galey, dan mungkin Count Melan Gus Galeyon. Satu-satunya kesamaan yang dimiliki oleh mereka dengan pria ini adalah warna kulit mereka...

Aku merasakan derak listrik lain mengalir melalui pusat otakku. Mataku terbuka.

Tidak. Ada dark elf lain yang kukenal—kalau kau bisa menggunakan kata kerja itu.

Asuna menunggu sampai dia yakin aku juga sudah mengetahuinya. “Dia tidak memberi tahu kami namanya, tetapi dia bekerja sebagai blacksmith di sebuah kamp di lantai tiga. Dia memperkuat pedangku ini.”

Dia berjalan lebih dekat ke sel, meremas cengkeraman Chivalric Rapier. Dia menariknya keluar dari sarungnya dengan pukulan terbalik, lalu mengulurkan gagangnya melalui jeruji.

Aku akan mengambil beberapa detik untuk merenungkan yang satu ini sebelum aku bertindak.

Tapi tidak ada sedikitpun keraguan dalam ekspresi Asuna.

Tahanan itu menatap kami melalui poninya yang panjang, lalu tiba-tiba melangkah keluar dari tempat tidur. Dia memasukkan kakinya ke dalam sandal yang hanya berupa potongan-potongan material, lalu berjalan ke jeruji. Dia meraih gagang rapier yang dipegang Asuna ke arahnya dan menariknya ke dalam sel.

Dia mengangkatnya di dekat dahinya, membiarkan cahaya dari bonfire shroom di dinding di belakangnya menyinari bilah yang bersinar itu, lalu berkata, “Ya, aku dapat melihat bahwa Landeren melunakkan pedang ini. Dia tidak menghasilkan apa-apa selain sampah sebelumnya... tetapi setelah tiga puluh tahun, kukira si bungler itu telah belajar beberapa hal.”

Dengan asumsi Landeren adalah nama blacksmith yang sangat tidak ramah itu, aku bahkan takut membayangkan bagaimana dia akan bereaksi jika disebut seorang bungler. Paling tidak, aku tahu dia akan melakukan lebih dari sekadar mendengus… dan saat itulah aku menyadari apa yang telah memicu déjà vu ku sebelumnya. Cara dia menghembuskan napas melalui hidungnya persis sama dengan yang dilakukan blacksmith itu.

Pria itu memutar rapiernya, lalu memasukkan gagangnya ke balik jeruji.

Asuna meraihnya, lalu mundur selangkah.

“Jika kalian telah memberikan layanan pada saudaraku, maka aku harus berterima kasih. Aku akan membantu kalian mencari Kizmel sang ksatria.”

Aku bahkan tidak punya waktu untuk mengagumi perubahan sikap yang tiba-tiba ini ketika Asuna menunjukkan, “Kau baik sekali, tapi dialah yang memberikan layanan untuk kami…”

“Seorang blacksmith elf hanya akan melihat kesempatan untuk bekerja pada pedang yang baik beberapa kali dalam hidupnya. Aku yakin bahwa pengalaman itu akan membantu saudaraku tumbuh. ”

"Apakah kau juga?"

“…… Tidak,” kata tahanan, poni yang menggantung di hidungnya bergoyang. “Aku tidak memiliki bakat. Saudaraku memiliki darah blacksmith di nadinya, seperti ayah dan kakekku… tetapi aku bahkan tidak memilikinya…”

Dia berhenti di sana, kembali ke tempat tidur. Aku mulai khawatir dia berubah pikiran untuk membantu kami, tetapi alih-alih berguling kembali ke kasur, dia meraih seprai yang sudah pudar dan dengan hati-hati merobek selembar kain dari sudut. Kemudian dia menggunakan tali darurat untuk mengikat rambutnya yang panjang ke belakang kepalanya.

Terungkap pada akhirnya, wajah pria itu memiliki semua ketegasan khas dark elf, meskipun wajahnya ditumbuhi rambut. Dengan usia manusia, dia tampak seperti berusia akhir tiga puluhan. Dia memang sangat mirip dengan blacksmith di lantai tiga—tapi ada satu fitur lain yang membuatku terkesiap.

Berlari melintasi wajahnya dari pipi ke pipi, sekitar satu inci di bawah matanya, adalah bekas luka pedang. Itu bukan luka baru, tapi sangat menonjol di kulitnya yang gelap. Itu pasti cukup dalam ketika ditimbulkan.

Merasakan mata kami, pria itu menggerakkan ibu jarinya di sepanjang tanda dan mendengus. Dia berjalan ke jeruji dan melihat ke arah pos penjagaan. Asuna dan aku melirik ke lorong. Belum ada tanda-tanda penjaga meninggalkan ruangan, tapi mereka mungkin akan datang berpatroli setelah makan mereka selesai. Intuisiku memberi tahuku bahwa kami memiliki waktu paling lama beberapa menit.

“Aku akan membakar kuncinya. Tolong, mundur,” kataku, tetapi pria itu menggelengkan kepalanya.

"Tidak usah. Sebaliknya, pergilah ke gudang di sebelah stasiun dan bawa kembali pedangku.”

Benarkah? Kau ingin kami mencari diantara semua pedang itu?! pikirku, menyimpannya untuk diriku sendiri. "Pedang... macam apa itu?"

“Itu Saber. Gagang dan pelindungnya berwarna perak, sedangkan gagang dan sarungnya terbuat dari kulit putih. Kalian mungkin tidak mengenalinya dengan detail itu, karena itu pasti tertutup debu selama tiga puluh tahun…” 

“”……””

Asuna dan aku saling menatap.

Aku membuka inventoryku, menyortir senjata berdasarkan yang terbaru, lalu mengetuk nama depan dalam daftar, Saber of Santalum Knights, dan mewujudkannya.

Pedang besar muncul dengan suara lembut. Aku menggunakan kedua tangan untuk mengangkatnya.

Efek kekotoran seharusnya menghilang setelah waktu yang singkat di dunia ini, tetapi kotoran yang menempel di gagang dan jaring laba-laba di dalam pelindung jari seperti yang aku kenali sebelumnya. Itu mungkin akan sedikit bersih jika aku menggunakan kain, tetapi sepertinya itu hal yang aneh untuk dilakukan, jadi aku memasukkan pegangan melalui jeruji.

Pria itu ragu-ragu sejenak, lalu meraih pedang dan menariknya ke sel, sarungnya dan semuanya.

Ketika dia melihat sarang laba-laba, dia mendengus, lalu meraih seprainya lagi dan dengan cepat tetapi dengan hati-hati menggosok seluruh pedang dengan itu. Itu mendapatkan kembali kilaunya dan tampak bagus seperti baru—atau setidaknya, tidak setua itu. Dia menempelkan sarungnya ke sabuknya di sisi kiri, lalu menarik senjatanya.

Bilahnya yang melengkung halus memancarkan kilau kusam dalam cahaya jamur api unggun. Namun, itu bukan karena kotoran pada senjata itu. Itu adalah kualitas senjata yang bagus, yang telah mengalami pertempuran dan pemeliharaan selama bertahun-tahun. Anneal Blade +8-ku, yang patah dalam pertempuran melawan ksatria forest elf, memiliki kilau yang sama.

Aku memikirkan kembali senjata lamaku yang terpercaya, yang masih tertidur di kedalaman inventoryku dalam keadaan rusak. Pria itu memelototiku dan memperingatkan, "Mundur."

“Ah, b-baik.”

Asuna dan aku mundur dari jeruji. Pria itu pindah ke pintu, lalu memegang pedang telanjang di atas kepala.

Aku bahkan tidak punya waktu untuk berteriak Whoa, tunggu! Bilahnya bersinar keperakan, lalu berdering seperti pecahan kaca. Itu adalah efek warm-up dari sword skill.

Jika dia merobohkan pintu dengan kekuatan belaka, itu akan membuat keributan yang luar biasa dan segera menjatuhkan para penjaga ke arah kami. Setelah semua masalah yang kami alami untuk mengkarbonisasi kunci secara diam-diam, ini akan merusak segalanya.

Sebuah cahaya perak berkedip dalam kegelapan. Dua atau tiga bunga api kecil muncul di celah antara pintu dan palang berikutnya.

Itu saja. Tidak ada suara benturan yang memekakkan telinga, bahkan tidak sebanyak suara cangkir yang diletakkan di atas meja. Pedang itu kembali ke tempatnya di atas kepala pria itu, yang membuatku bertanya-tanya apakah dia bahkan benar-benar menggunakan sword skill. Tapi tidak dapat disangkal bahwa itu adalah garis perak vertikal sempurna yang dia ciptakan.

Dia mengembalikan pedang ke sarungnya, melangkah maju, dan mendorong pintu dengan ibu jarinya. Itu membuat sedikit derit dan terbuka, semudah itu. Bagian dari baut pengunci yang tertinggal di pintu dipotong dengan sangat rapi sehingga terlihat seperti telah dipoles seperti itu.

"... T-Teknik apa itu?" Aku bertanya tanpa berpikir.

Pria itu mengangkat bahu dan berkata, "Itu disebut Slashing Ray... kukira."

Aku belum pernah mendengar tentang skill itu. Kemungkinan besar, itu adalah elite skill dalam kategori Pedang Melengkung. Aku tergoda untuk meminta untuk melihat statistiknya, tetapi aku bahkan tidak tahu cara membuka window status NPC. Mungkin jika kau mengetuk lingkaran rambut mereka, itu akan membuka jendela properti. Aku tentu saja tidak memiliki keberanian untuk mencoba itu dengan pak tu... er, anak muda ini.

Pria itu keluar dari sel ke lorong, lalu meregangkan dan menggertakkan lehernya dari sisi ke sisi. Jika dia benar-benar terperangkap di sel itu selama tiga puluh tahun berturut-turut, maka dia pasti mengalami perasaan kebebasan yang membingungkan, tetapi beberapa peregangan dan retakan saja sudah membuatnya puas, rupanya. Mata abu-abu bajanya menatap kami berdua dengan tatapan tajam.

"Bagaimana kalian dipanggil?" 

“Uh, aku Kirito…”

“Dan aku Asuna.”

Pria itu mengulangi, "Kirito dan Asuna." Pengucapannya sempurna, dan dari semua NPC yang kami temui, pengecekannya adalah yang terpendek. Kami mengkonfirmasi bahwa dia benar, dan kemudian dia berkata, "Aku Lavik."

Itu adalah indikasi bahwa dia bergabung dengan party. Bilah HP baru muncul di bawah HP kami di kiri atas pandanganku.

Itu juga menunjukkan kepadaku nama yang ada di kursornya. Itu berubah dari DARK ELVEN PRISONER to LAVIK, DARK ELVEN FUGITIVE. Kata fugituve bahasa Inggris tidak memiliki entri dalam kamus mentalku, tapi aku bisa bertanya pada Asuna nanti. Pertama, aku bertanya kepada Lavik ke arah mana kami akan pergi sekarang.

“Jadi… bagaimana kita naik ke lantai tujuh untuk menemukan Kizmel?” “Dia mungkin ada di lantai tujuh,” Lavik mengoreksi dengan kasar. 

"Pertama, kita perlu mendapatkan informasi dari penjaga." 

"Hah?! A… Apakah kau akan menyuap mereka?”

"Hanya jika kau punya cukup uang untuk membeli rumah tepi danau di lantai sembilan."

Kami menggelengkan kepala. Dark berjanggut itu mendengus lagi. 

"Kalau begitu kita akan menggunakan pedang."