Light Novel Sword Art Online – Progressive Indonesia

Rhapsody of Crimson Heat (Part One) Chapter 10-2


"Oh ..."

"A-Ada apa?"

“Sialan! Jika kita menyalakannya di sini, semua jamur api unggun di penjara akan padam dalam reaksi berantai. Jika jamur di pos jaga juga padam, mereka akan tahu kita menggunakan api…”

Aku sangat kecewa hingga aku hampir melemparkan obor ke lantai, tapi Asuna mencengkeram lenganku. “Terlalu dini untuk menyerah. Yang harus kita lakukan adalah memadamkan api sebelum reaksi berantai sampai ke pos jaga, kan?”

“Yah… secara teknis…”

“Aku akan mengawasi jamur di lorong dari sini. Saat aku memberi sinyal, segera padamkan apinya.”

“……”

Itu benar-benar tindakan yang menegangkan. Tapi rasanya kami tidak punya rencana yang lebih baik atau punya waktu untuk mencoba.

“Baik… Uhhh…”

Aku menempelkan wajahku ke jeruji dan melihat ke bawah lorong. Ada cahaya bonfire shroom di dinding di antara sel, garis cahaya hijau yang memanjang ke tengah lantai bawah tanah kedua, di mana stasiun penjaga akan berada.

“Katakanlah yang paling dekat dengan kita adalah yang nomor satu. Katakan padaku kapan… dua, tiga, empat, lima… enam dari mereka mati.”

"Baik. Aku akan menepuk bahumu,” kata partnerku. Dengan rencana yang ditetapkan, aku berjongkok di depan kunci.

Mengambil satu persegi dari pola batang—berarti jarak enam inci ke samping—adalah sebuah kotak berisi kunci yang cukup rumit sehingga Asuna yang cekatan pun akan menyerah untuk mencoba menghancurkannya. Tetapi untuk menjadi sehalus itu, itu harus memiliki daya tahan yang rendah. Aku memeriksa sekali lagi untuk melihat bahwa tidak ada yang berpatroli di lorong, lalu mengetuk obor dan menekan tombol IGNITE.

Sedetik setelah nyala api jingga muncul, bonfire shrooms yang menerangi sel padam. Selanjutnya, jamur yang melapisi lorong akan padam.



Menjaga kepanikanku, aku menurunkan api ke arah kunci. Kayu coklat tua itu awalnya tidak berubah, tetapi akhirnya permukaannya menjadi sedikit lebih gelap, dan sulur asap membubung darinya.

Aku merasakan pukulan di bahuku, dan aku dengan cepat menekan tombol EXTINGUISH pada window pop-up, yang kubiarkan terbuka untuk tujuan ini.

Cahaya langsung padam, membuat sel gelap gulita. Aku menunggu, menahan napas, sampai bonfire shrooms di dinding di belakang kami mulai bersinar lagi. Setiap beberapa detik, salah satu lampu di lorong yang gelap kembali menyala.

“… Apakah waktu itu sepertinya berhasil?” aku berbisik.

Setelah beberapa saat, Asuna menjawab, “Ya, aku tidak mendengar ada orang yang datang dari stasiun. Aku baru sadar, meskipun… jika ada tahanan di sel lain di sekitar kita, mereka pasti akan membuat keributan…”

“Benar… Yah, kurasa itu berarti berhasil. Mari kita coba lagi. Awasi!"

"Laksanakan."

Asuna mengambil posisinya lagi, dan aku menyalakan obor. Setiap putaran ini memberiku waktu sekitar sepuluh detik. Mempertimbangkan kemungkinan bahwa tentara mungkin berpatroli di lorong selain menunggu di stasiun, kami tidak bisa memakan waktu terlalu lama untuk ini. Aku harus menilai jarak efektif yang tepat yang tidak akan menyalakan kunci tetapi masih akan mengkarbonisasinya secepat mungkin.

Pemanasan kedua membakar bagian tengah pelat kayu menjadi hitam. Yang ketiga mengubahnya menjadi merah dan panas, dan yang keempat menyebabkan retakan berputar ke luar. Di dunia nyata, mungkin dibutuhkan api yang jauh lebih kuat dalam waktu yang lebih lama untuk memiliki efek yang sama, tetapi kayu kering di Aincrad sangat rentan terhadap api.

Pada upaya kelima, aku hampir membaranya dan dengan cepat memukulnya dengan tangan kosong. Terasa panas, dan mengambil sedikit HP, tapi itu tidak masalah. Asuna fokus pada pengawasannya dan cukup perhatian untuk tidak mengatakan apapun.

Pada percobaan keenam, bagian tengah pelat kayu berubah menjadi abu dan hancur, memperlihatkan roda gigi dan gerendel di dalamnya. Seperti yang kuduga, semuanya terbuat dari kayu. Pengerjaannya sangat bagus—itu adalah karya seni. Dengan permintaan maaf tanpa suara kepada master dark elf yang menciptakannya, aku mendekatkan api untuk ketujuh kalinya.

Sejumlah roda gigi berkarbonasi di depan mataku dan runtuh, diikuti oleh beberapa suara samar dari gerendel yang menempel pada kusen pintu saat terlepas dari alat itu. Aku segera mematikan obor dan berdiri.

“Itu terbuka!”

“GJ!” Asuna berkata dalam contoh yang jarang dari istilah gamer, dan kami melakukan toss. Aku mendorong pintu dengan lembut, dan pintu itu terdorong ke belakang sebentar, tetapi kemudian terlepas saat serpihan kayu hangus terkelupas. Setelah kami yakin tidak ada seorang pun di koridor di kedua arah, kami menyelinap keluar dari sel.

"Hal pertama yang pertama, kita perlu mendapatkan senjata kita," gumamku.

Asuna tampak khawatir. “Ruang tempat mereka mengambil pedang kita berada di sebelah pos jaga. Bisakah kita masuk ke dalam tanpa mereka sadari?”

“Akan sangat menyusahkan jika ruangan terkunci. Tetap saja, kita hanya perlu mencari tahu.”

"Benar."






Kami berhenti berbicara dan menyelinap di sepanjang lorong, memeriksa setiap set sel di kedua sisi untuk memastikan mereka kosong sebelum melanjutkan. Setelah kami bergerak sekitar enam puluh kaki ke depan, sebuah aula persegi panjang terlihat di depan. Itu adalah pusat dari lantai basement kedua. Seharusnya ada tangga naik di sisi selatannya, dengan pos penjagaan dan gudang berdampingan di ujung utara. Kami terus bergerak, bahkan lebih hati-hati kali ini, sampai kami bisa melihat-lihat sudut lorong menuju stasiun.

Seperti yang kuingat, ada dua pintu berdampingan di dinding. Di dekat pintu kiri ada jendela berjeruji. Cahaya bonfire shroom jauh lebih terang daripada di sel-sel yang menyinarinya, disertai dengan suara-suara.

Aku melakukan kontak mata dengan Asuna, lalu melintasi aula dengan berjongkok, sampai aku ditekan ke dinding tepat di bawah jendela. Volume suara meningkat, sehingga aku bisa mengerti apa yang mereka katakan.

"... Sudah tiga puluh tahun sejak ada tahanan dalam sel-sel ya."


"Dan umat manusia, pula."

“Mereka bodoh karena membantu Fallen.”

"Kukira mereka menawarkan umur yang lebih panjang, seperti biasanya."


“Manusia selalu jatuh pada hal begitan.”

Lubang hidung Asuna melebar karena marah. Aku merasakan hal yang sama, tetapi sangat penting bagi kami untuk tetap tenang dan berhati-hati.

Berdasarkan suara, ada dua penjaga di stasiun sekarang. Sesekali terdengar suara dentingan peralatan makan, jadi mereka mungkin sedang sarapan. Mereka sepertinya tidak akan meninggalkan ruangan untuk sementara waktu.

Kami meninggalkan jendela dan menuju ke pintu ruang penyimpanan yang berdekatan. Berdoa agar tidak dikunci, aku memeriksa pintunya—tidak ada kunci sama sekali. Aku segera menahan pegangannya, lalu mendorong dengan sangat perlahan agar tidak menimbulkan suara, dan menyelinap ke dalam melalui celah.

Segera setelah Asuna berada di dalam, aku menutup pintu, dan kami menghela nafas lega.

Dinding pembatas tampak tipis, karena kami masih bisa mendengar samar-samar para penjaga berbicara. Kami tidak bisa mengadakan percakapan normal di sini.

Aku memberi isyarat dan berkata, "Ayo cari senjata," lalu berdiri untuk melihat-lihat gudang. Itu kira-kira seukuran sel, dengan tiga dinding diambil oleh rak dan berdiri untuk pedang dan baju besi.

Ada berton-ton kotak kayu dan sarung tangan kulit dan sejenisnya yang ditumpuk di rak, dan ada pedang dari semua ukuran yang tertancap di tempatnya. Jika bukan karena situasinya, aku akan melompat kegirangan, berpikir itu adalah gunung harta karun, tetapi prioritasnya sekarang adalah mengambil kembali pedang kami—dan semoga cincinnya juga.

Aku mulai dengan memeriksa salah satu tempat pedang, yang dibangun dengan cara yang sama seperti tempat payung dari dunia nyata. Semua pedang yang tertancap di dalamnya hampir hancur, seolah-olah sudah ada di sana selama beberapa dekade. Jika aku memperlakukannya terlalu kasar, aku dapat dengan mudah menjatuhkan gagang dan jari mereka.

Selama sekitar satu menit, aku mengambilnya dengan ujung jariku. Mengganggu, akhirnya aku menemukan beberapa sarung dengan warna dan bentuk yang familiar, di bagian belakang, seolah-olah mereka telah ditempatkan di sana sebagai lelucon. Namun, ini melegakan.

Tidak jauh dari sana, Asuna melambai untuk mengatakan Ketemu! Tapi dia menunjuk ke tempat pedang yang berbeda, tentu saja.

Aku menarik Sword of Eventide dan Chivalric Rapier, lalu melihat ke tempat yang ditunjuk Asuna. Itu adalah pedang panjang dengan detail yang sedikit berbeda dari buatan dark elf biasa, bersama dengan pedang di sarung kulit hitam.

Pedang panjangnya adalah Pedang Elf Stout yang kami ambil dari kapten forest elf. Dan pedang itu adalah senjata Kizmel, yang telah dipatahkan oleh Kysarah, ajudan fallen elf. Kami memberi Kizmel pedang forest elf untuk digunakan setelah pedangnya patah. Itu semua tetapi menegaskan bahwa Kizmel ada di suatu tempat di penjara ini.

Aku menyerahkan Rapiernya kepada Asuna dan memasang pedangku di punggungku, lalu menarik pedang kokoh dan pedang keluar dari dudukannya bersama-sama. Tapi sesuatu dalam ketergesaanku pasti menyebabkan tanganku terpeleset. Pedang kuno tertancap di lubang yang sama saat keduanya bergoyang dan mulai condong ke lubang yang berdekatan.

Aaaaah!

Aku berteriak dalam diam. Jika pedang itu mengenai pedang lain, yang mendorong pedang berikutnya, dan seterusnya, seperti setumpuk kartu domino, itu akan membuat suara gemerincing yang luar biasa. Aku ingin mengambil pedang untuk menghentikannya, tetapi tanganku penuh. Aku harus menghentikannya dengan mulutku atau menggunakan kekuatan psikis untuk menahannya...

Sebuah tangan melesat ke depan dan memblokirnya tepat pada waktunya. Asuna mencondongkan tubuh sejauh mungkin, menopang pedang tua itu dengan ujung jarinya. Aku mulai rileks dengan lega, tapi kemudian Asuna yang kehilangan keseimbangannya.

Ya Tuhan! Aku berdoa, menempelkan lengan yang memegang pedang Kizmel di bawah tubuhnya. Aku tidak punya waktu untuk mendapatkan tempat yang tepat, jadi akhirnya mengambil beban dadanya. Melalui lenganku, aku merasakan ketangguhan pelindung dadanya— dan ketahanan dari apa yang ada di baliknya.

Jauh, jauh kemudian, Asuna dengan sedih akan berkata, "Jika kita tidak bekerja sama selama sebulan pada saat itu, aku akan melemparkan pedang dan berteriak gila-gilaan."

Untungnya, avatar Asuna menjadi kaku seperti papan. Dia tidak berteriak atau marah.