Light Novel Sword Art Online – Progressive Indonesia
Canon of the Golden Rule (End) Part 15-1

“Wheew… Kita akhirnya kembali…” 

Asuna menggeliat dengan mewah saat aku membuka jendela menu. Tapi aku bahkan tidak mau repot-repot mengangkat tanganku, jadi aku membiarkannya menjuntai. Saat itu pukul 12:40 tanggal 5 Januari. 

Aku melambaikan tangan kiriku untuk menghilangkan jendela dan mengamati sekelilingku. 

Meskipun masih dini hari menurut standar gamer online, alun-alun teleportasi Stachion, kota utama di lantai enam, hampir tidak ada orang. Menurut perhitunganku, ada dua alasan: Gerbang di lantai tujuh telah diaktifkan, jadi para turis ada di atas, dan semua teka-teki sudoku yang memenuhi alun-alun telah hilang seluruhnya sekarang.

Ada sedikit rasa sayang yang tersisa untuk teka-teki di dalam diriku, tapi Theano, yang berdiri di sisi jauh Asuna, melihat ke ubin kosong dengan ekspresi reflektif. Beristirahat di punggungnya adalah wajah tidur Myia yang menggemaskan, dengan masker gas berada di atas kepalanya. 

Sudah dua jam berlalu sejak kekalahan Irrational Cube, bos lantai enam, dan pada saat itu, perjalanan kembali melalui gurun di area kelima, jalur di atas Danau Talpha, dan jalan pintas melalui hutan di area pertama telah diambil... tidak ada waktu sama sekali, sebenarnya. Sebagai gantinya, kami menaiki tangga spiral yang turun dari langit-langit ruang bos ke lantai tujuh, berjalan ke kota utama di sana, mengaktifkan teleporter, dan kembali ke sini.

Itu membuat Myia dan Theano, sejauh yang aku tahu, NPC quest pertama yang menggunakan gerbang teleportasi untuk melakukan perjalanan antar lantai. Faktanya, aku bahkan khawatir keduanya mungkin tidak akan berhasil dan hanya akan terjebak di lantai tujuh, tapi sistem SAO lebih murah hati dari yang kubayangkan. Meskipun selalu ada peluang, seperti bug ore tak terbatasnya Liten, bahwa itu akan diperbaiki nanti. 

Adapun Theano, dia tidak tertarik pada gerbang ajaib yang dia lewati. Sebaliknya, dia menatap alun-alun dan kota di kejauhan dalam diam. Akhirnya, dia menghampiri Asuna dan aku dan memberi kami bungkukkan, dengan Myia masih digendong di punggungnya.

“… Kirito, Asuna, kalian benar-benar telah menyelamatkanku… Tidak hanya kalian menjaga Myia tetap aman, tapi aku yakin bahwa aku tidak akan mampu mengalahkan binatang penjaga itu dan menghancurkan kubus emas sendirian.” 

Um, kau tahu level Myia lebih tinggi dari kami, kan? Aku ingin bertanya padanya tetapi dengan bijak menahannya. Sebaliknya, aku menggelengkan kepala dan berkata, 

"Sebaliknya .. jika kau dan Myia tidak memecahkan teka-teki di pintu, kami akan terjebak di dalam ruangan dan mati di sana." 

"Dia benar," tambah Asuna. "Menurutku aku cukup ahli dalam teka-teki itu, tapi aku tidak pernah bisa melakukannya dalam sepuluh detik."

Theano tersenyum lemah. Dia mengatur ulang posisi putrinya yang sedang tidur dan berbalik untuk melihat tata letak Stachion yang menanjak. Di ujung jalan utama, rumah lord bersinar di bawah sinar bulan. Tidak ada cahaya di jendela, memperjelas kekurangan penghuninya. 

“Um… apa yang akan terjadi pada mansion — eh, seluruh kota?” Aku bertanya. Aku tidak bisa menahannya. 

Dalam arti tertentu, kota dalam RPG dioperasikan oleh sistem game, bukan oleh walikota yang tinggal di sana, jadi ketidakhadiran Cylon seharusnya tidak berdampak pada kota itu sendiri. Tapi aku tidak bisa melewatkan kesedihan yang tak terlukiskan di wajah Theano saat dia menatap mansion, yang memicu pertanyaanku.

Tanpa kembali kepada kami, dia berbisik, “Kupikir… tidak ada yang akan berubah, kecuali teka-teki itu hilang. Lord Pithagrus-lah yang membangun Stachion dan mengurus manajemennya. Dia menantang binatang penjaga yang menakutkan itu sendirian, mengekstrak kubus emas, dan menggunakan kekuatan Break-nya — mereduksi semua materi batu dan tumbuhan menjadi kubus — dan Bind — untuk menempelkan kubus-kubus itu bersama dengan kekuatan yang tak bisa dihancurkan — untuk membangun permukiman besar ini...” 

“ Apa…? Jadi Bind lah yang merekatkan kubus-kubus itu?" Asuna bertanya dengan kaget.

Pendekar Pedang Wanita itu melihat ke belakang dan mengangguk. “Itu adalah tujuan penggunaannya. Tetapi ketika makhluk hidup berada dalam radiusnya, makhluk itu akan terikat juga. Menurut Lord Pithagrus, kubus emas adalah alat prototipe perang yang dibuat oleh para penyihir dari Aliansi Sembilan yang pernah ada di tanah yang hilang." 

“…” 

Aku melihat ke arah Asuna. Kizmel bercerita tentang mitos penciptaan Aincrad, Pemisahan Besar, tapi aku berasumsi itu hanya legenda elf. Siapa sih Pithagrus ini? Aku bertanya-tanya, baik setelah kejadiannya, tapi aku tidak berminat untuk menggali quest "Kutukan Stachion" sekarang setelah kami menyelesaikannya. Ada banyak hal lain yang perlu dikhawatirkan.

Misalnya, fakta bahwa fallen elf Kysarah telah mencuri empat kunci suci yang kami kumpulkan. Dan lebih buruk lagi, misteri Buxum, yang menggunakan kubus emas untuk melumpuhkan kami semua di ruang bos dan mencoba membunuh Theano paling tidak — dan mungkin juga anggota rombongan raid lainnya. ALS dan DKB akan mengadakan pertemuan darurat di ruangan itu, tapi Asuna dan aku tidak ingin Theano dan Myia mendengar tentang kesulitan game kematian kami, jadi kami mengantar mereka langsung ke lantai tujuh. Namun situasinya tidak bisa diabaikan, jadi aku tahu bahwa aku akan segera mengumpulkan anggota utama dari kedua guild dan menjelaskan semua yang kutahu tentang pria berjubah hitam dan rekan-rekannya. Setelah mereka menyaksikan sendiri perbuatan Buxum, seharusnya tidak sulit untuk meyakinkan mereka bahwa ada sekelompok PKers yang berkeliaran.

"Sepuluh tahun telah berlalu sejak Lord Pithagrus meninggal..." kata Theano, melanjutkan dari bagian sebelumnya. Aku harus mengganti persneling untuk fokus pada ceritanya. 

“Dalam sepuluh tahun itu, kekuatan misterius yang melindungi kubus itu meresap ke dalam kota, sedikit demi sedikit, teka-teki yang tumbuh di setiap pintu di Stachion, seperti di Pilar Surga. Aku tidak tahu bagaimana Lord Pithagrus menahan kekuatan kubus itu, tapi aku selalu berharap bekerja dengan Cylon untuk menemukannya, sehingga kami bisa menghilangkan teka-teki yang menyiksa penduduk kota. Tapi…"

Dia ragu-ragu, kegelapan menutupi wajahnya. Dengan suara yang lebih pelan, dia melanjutkan, 

“Tapi aku tidak bisa memaafkan Cylon karena membunuh Lord Pithagrus dalam kemarahan itu. Kami telah berjanji untuk berbagi masa depan kami bersama… itulah sebabnya aku ingin dia mengakui dosanya, bertobat, dan memikirkan tentang apa yang harus dilakukan seseorang untuk benar-benar menjadi lord kota. Selama sepuluh tahun yang lama, aku menunggu hari dia akan datang mengunjungiku…” 

Saat aku melihatnya menggelengkan kepalanya, aku merasakan pertanyaan yang sering muncul di benak, dan tanpa benar-benar berpikir, aku menyuarakannya. 

“Um, Theano… sebenarnya dari Cylon apa yang membuatmu—?” 

Asuna menyikutku di samping, yang membuatku sadar bahwa aku telah menanyakan pertanyaan yang berpotensi kasar. Tapi Theano hanya tersenyum sedih dan melihat ke suatu tempat yang jauh.

“Sejak kecil, dia berkemauan lemah, curiga, namun sombong, dan selalu berkelahi dengan anak-anak lain…” 

Sejak kecil? Mereka adalah teman masa kecil? Aku bertanya-tanya, lalu menyadari bahwa itu pasti benar. Kota terbesar di lantai enam hanya berukuran enam ratus meter dari utara ke selatan dan setengah lebarnya. Setiap anak dari generasi yang sama akan saling mengenal. 

“Tapi sungguh, dia sangat baik. Sejak awal, telah diatur bagiku untuk melayani rumah Lord Pithagrus. Aku khawatir, tetapi untuk menghiburku, dia berkata, 'Jangan khawatir, aku akan lulus ujian Lord Pithagrus dan menjadi muridnya. Nantikanlah itu.' Dia menepati janjinya dan bermimpi bahwa pada akhirnya dia akan menjadi lord kota berikutnya, menikahiku, dan kami akan tinggal di rumah besar itu bersama. Tapi… ketika dia mengetahui bahwa dia tidak akan dipilih, keterkejutan dan kekecewaannya sangat besar…” 

“… Hah? Tapi…” Aku tergagap, melirik Asuna sebentar. “Kupikir Pithagrus akan memilihmu untuk menjadi lord kota berikutnya. Jadi Cylon seharusnya tidak begitu hancur...” 

Theano tampak bingung sesaat, lalu menggelengkan kepalanya dengan cepat. Di atas bahunya, Myia bergumam dalam tidurnya, dan ibunya dengan lembut menggoyangkan punggungnya ke kondisi damai. Kemudian dia memusatkan perhatian pada kami lagi dan menggelengkan kepalanya lagi.

“Tidak… Lord Pithagrus memang mengajariku, seorang pelayan, semua tentang teka-teki, tapi itu lebih merupakan permainan baginya. Dia tidak membutuhkan ahli waris. Lord Pithagrus abadi; dia telah hidup selama berabad-abad sebelum kota Stachion dibangun." 

“Ap… apa ?!” Aku berteriak, menutup mulutku. Setelah aku yakin bahwa Myia belum bangun, aku melanjutkan dengan suara yang lebih pelan, 

"Dia... dia tidak bisa mati...?" 

Aku mulai bertanya-tanya apakah mungkin Pithagrus tidak dibunuh tetapi masih hidup di suatu tempat, tetapi Theano memberi isyarat negatif. 

“Tidak, kukira aku harus mengatakan dia memiliki kehidupan abadi. Dia tidak bisa mati karena usia tua. Ketika aku datang ke mansion, dia sudah menjadi pria tua keriput dengan rambut putih, tetapi kepala pelayan, yang merupakan yang tertua dari semua pelayan, mengklaim bahwa Pithagrus sudah terlihat seperti itu ketika dia masih remaja." 

“… Jadi… ketika Cylon mengetahui kebenaran…” Asuna bergumam, dan Theano mengangguk. 

“Dia menyadari bahwa Lord Pithagrus tidak akan mati karena usia tua, dan tidak akan ada penurunan posisi… itu adalah kemarahan, kekecewaan, dan mungkin bahkan rasa takut yang dia rasakan yang mendorongnya ke tindakan mengerikan itu. Sama seperti kota ini sendiri, Lord Pithagrus adalah seorang pria yang tidak terikat oleh akal manusia…” 

Theano berhenti di sana, tatapan jernih di matanya, dan aku merasa bahwa aku tidak perlu mengorek lebih jauh tentang Cylon. Sebaliknya, aku meraba kantong ikat pinggangku untuk barang yang kuambil di akhir pertarungan bos — dull metal key.

"Um... kau harus memiliki ini, Theano," kataku, menyerahkannya. Dia melihatnya sejenak sebelum menerimanya. Sambil memegang kunci yang dulunya adalah dua di bawah sinar bulan, dia berkata, 

"Jadi kunci ini selalu dimaksudkan untuk menjadi satu... Lord Pithagrus memberi Cylon dan aku kunci-kunci itu di hari-hari terakhir tahun kedelapan belas kami, tapi dia tidak mengatakan untuk apa itu. Aku tidak pernah bisa menduga bahwa itu untuk mengeluarkan kubus dari tubuh binatang penjaga... Kenapa dia memberikan hal seperti itu kepada kami ...?" 

Baik Asuna maupun aku tidak memiliki jawaban untuk pertanyaan itu.

Di akhir quest "Kutukan Stachion" dalam versi beta, hantu Pithagrus memberikan pengampunannya pada Cylon karena telah membunuhnya, menyuruhnya untuk bekerja dengan Theano untuk melindungi kota, dan menghilang. Dengan kata lain, Pithagrus di beta menamai Cylon dan Theano bersama-sama sebagai penerusnya. 

Aku bertanya-tanya apakah mungkin hal yang sama akan terjadi pada versi Pithagrus abadi ini, tetapi aku tidak bisa mengungkitnya. 

Alih-alih, Asuna memutuskan untuk berkata, "Aku yakin dia mencintaimu — dan Cylon." 

Tanpa sepatah kata pun, Theano melihat ke rumah yang jauh lagi. Aku merasa seolah-olah secercah cahaya muncul di sisi wajahnya, tetapi ketika dia kembali kepada kami setelah sekian lama, yang kulihat hanyalah senyuman kecil yang sama. 

"… Kau mungkin benar."

Theano meletakkan kunci di dalam kerah baju besinya, lalu mengulurkan tangan ke belakang untuk membelai kepala putrinya yang sedang tidur. 

Dia meminta kami untuk datang dan berkunjung lagi suatu hari nanti, sebelum membawa putrinya keluar dari alun-alun. Ketika batang HP mereka lenyap, pesan sistem muncul di tengah penglihatanku, memberi tahuku bahwa quest telah selesai. 

Tidak seperti di versi beta, kami tidak mendapat col atau item, tetapi ada lebih dari cukup poin exp untuk menebusnya, dan Asuna dan aku menerima efek naik level pada saat yang sama. Aku sekarang level 22, dan Asuna level 21, tapi aku sedang tidak mood untuk melakukan lompatan “Yahoo!”ku yang biasa

Kami berbagi pandangan, mengucapkan "Selamat" serempak, dan berjabat tangan.

Itu sepertinya membantu menenangkan perasaan Asuna untuk saat ini, dan dia lebih terlihat seperti dirinya sendiri ketika dia bertanya, 

“Jadi… sekarang apa? Apakah kita kembali ke lantai tujuh?” 

"Aku tertembak."

"… Hah?" 

“Gauge energiku benar-benar ditembak. Dalam sekitar tiga menit, aku akan pingsan dan tidur selama sepuluh jam berturut-turut.” 

Itu membuatku mendapatkan tatapan kesal Asuna yang biasanya. Dia mendesah. 

“Itu karena kau keluar-masuk tadi malam. Oh… kita harus kembali ke Kastil Galey juga. Pak tua itu membutuhkan permintaan maaf untuk kuncinya."

“Kau benar… tapi untuk saat ini, aku perlu tidur…” 

“Kalau begitu mari kita menginap di penginapan malam ini. Bagaimana kalau di Pegasus Hoof? ” 

“Selama ada selimut dan bantal, aku tidak peduli…”

Asuna menggelengkan kepalanya lagi, lalu meraih tangan kiriku dan mulai berjalan. Dia menarikku ke penginapan besar tepat di sisi utara alun-alun terbuka, dan kami berjalan ke konter check-in. Aku 
setengah tertidur ketika aku mendengar dia memesan kamar di lantai tiga, setelah itu dia menarikku ke atas. 

Saat kami mendekati pintu di ujung lorong yang panjang, Asuna mengeluarkan gumaman pelan. Aku mengangkat penutup yang berat untuk melihat bahwa rekanku sedang menatap ceruk di dinding di sebelah pintu. 

Itu mengingatkanku bahwa ini adalah ruangan tempat kami berbicara dengan anggota DKB tentang bendera guild pada hari kami tiba di lantai enam. Lind dan Shivata telah bergumul dengan teka-teki besi-cor yang dipasang di ceruk, tapi sekarang teka-teki itu hilang.

Asuna mengulurkan tangan dan mengusap ceruk kosong dengan jarinya. Kemudian dia menariknya kembali dan memutar kenop pintu. Itu berbunyi klik sedikit, dan pintu pun terbuka. 

Kami berbagi pandangan, lalu menyeringai dan memasuki ruangan. 

Kamar suite Pegasus Hoof seindah yang kuingat. Ada meja empat kursi dan satu set sofa di ruang tamu yang agak dalam, dengan pintu ke kamar tidur terpisah di kedua sisi dinding. Asuna bertanya padaku kamar mana yang kuinginkan. Sejujurnya aku bisa saja tidur di sofa, tapi aku tahu dia akan membentakku, jadi aku berkata, 

"Yang kiri ..." 

"Kalau begitu aku akan mengambil yang kanan. Selamat malam… dan ingatlah untuk melepaskan equipmentmu sebelum kau menjatuhkan diri ke tempat tidur. ” 

“Hyep… maa-lam…”

Aku melintasi ruang tamu secara diagonal, pada dasarnya dengan autopilot pada saat ini, dan memutar kenop pintu di dinding kiri. Di dalam kamar tidur yang gelap, aku membuka jendela dan mengetuk tombol UNDO EQUIPMENT dua kali untuk merasa sendirian. Sekarang hanya dengan pakaian dalamku, aku menjatuhkan diri ke atas tempat tidur. 

Ketika aku merasakan berat badanku tenggelam ke dalam selimut lembut, aku mengingatkan diriku sendiri bahwa malam itu dingin, dan aku perlu bersembunyi, tetapi tubuhku tidak mau mendengarkan.

Ketika aku bermain solo di lantai pertama, tidak jarang aku melakukan grinding level selama dua puluh empat jam sekaligus setelah aku melihat lokasi berburu yang bagus. Tapi kelelahan hari ini jauh melampaui semua itu. Ini bukanlah sesi berburu yang monoton, di mana menghafal pola pertarungan berulang membuat pikiranku kosong untuk waktu yang lama. Hari ini aku telah memutar otak terus menerus untuk beradaptasi dengan berbagai situasi dan ancaman yang muncul satu demi satu. Tapi hal yang sama juga terjadi pada Asuna. Apakah dia dalam semangat yang lebih baik karena dia terbiasa menggunakan otaknya lebih sering dariku? Jika memang begitu, mungkin aku perlu belajar cara berpikir lebih cerdas, jika aku ingin terus melindunginya. Sebagai rekan sementaranya, tentu saja…

Pikiranku meluas, menenggelamkan pikiran sadarku di bawah kedalaman ke dalam kegelapan tak terbatas… 

“Aku mengerti! Kirito, aku mengerti! ” 

Pintu kamar tidurku terbuka, dan teriakan kemenangan yang sangat menjengkelkan bergema di seluruh ruangan. Ruangan itu menyala, dan melalui kelopak mata yang hanya naik satu sentimeter, aku melihat Asuna dengan pakaian tidurnya melompat ke dalam. 

“… Ka-Kau mengerti apanya…?” 

"Angka! Dan lebih dari itu, tapi jumlahnya!” serunya sambil memukulkan tangannya ke sisi tempat tidur di seberang tempat aku terbaring. Aku ingin memberitahunya untuk menyimpannya untuk besok, tapi dia terlalu bersemangat untuk itu, jadi aku berhasil berguling ke sisiku dan bertanya, "Angka apa ...?" 

Asuna membungkuk lebih dekat, mata cokelat kemerahannya berkilauan karena kegembiraan. “Pintu ke rumah rahasia Pithagrus di Suribus! Ingat angka enam digit pada kunci panggilan? Itu membuatku gila karena aku tidak tahu apa artinya!" 

Sekarang setelah dia menyebutkannya, ketika aku memberi tahunya kode untuk membuka kunci, dia mengatakan sesuatu tentang hal itu. Bahwa itu tidak asing baginya... 

“Apa itu… enam, dua, delapan, empat, sembilan, enam…?” Kataku, memeras angka-angka itu dari ingatan. 

Dia mengangguk dua kali. "Benar sekali. Itu bukan hanya rangkaian angka acak. Itu adalah tiga bilangan sempurna pertama.” 

“… Bi-Bilangan sempurna…?” 

Kedengarannya seperti sesuatu yang mungkin kupelajari di sekolah. Keingintahuan mengusir kantuk cukup bagiku untuk menopang kepalaku dengan lengan kiriku. “Apa yang sempurna tentang itu?”

“Bilangan sempurna didefinisikan sebagai bilangan bulat yang sama dengan jumlah pembagi yang tepat. Lihat, faktor enam adalah satu, dua, dan tiga, bukan? Jika kau menambahkannya, itu menjadi enam. Dan faktor dari dua puluh delapan adalah satu, dua, empat, tujuh, dan empat belas… yang berjumlah dua puluh delapan. Dan empat ratus sembilan puluh enam adalah yang berikutnya. " 

“Ohhh… Gitu ya…” 

Itu adalah penemuan yang menarik tetapi tidak tampak lebih dari sekedar keingintahuan. Itu hanya berarti bahwa siapa pun yang menulis cerita untuk quest "Kutukan Stachion" memilih tiga angka sempurna pertama untuk mengunci itu. 

Tapi Asuna sudah tahu apa yang kupikirkan. “Itu belum semuanya! Jadi, um… saat kau melakukan beta, kau melihat kursor hantu Pithagrus, kan?”

“Y-ya, aku melihatnya.”

“Siapa namanya? Bagaimana namanya dieja? ” 

“Uh… sebenarnya, kupikir itu hanya gelar umum seperti Restless Soul, tanpa nama individu yang melekat padanya…” 

“Ah. Jadi mereka menyembunyikannya,” jawabnya serius. Kemudian, tanpa peringatan, Asuna melompat ke atas tempat tidur. Dia berguling ke sisinya di sampingku dan membuka jendelanya sehingga aku bisa melihat. Tanpa menunjukkan pengenalan betapa terkejutnya aku, dia membuka tab PESAN dan menggunakan kolom pesan kosong sebagai buku catatan untuk mengetik alfabet Barat. 

“Soalnya, kupikir ejaan yang tepat dari nama Pithagrus mungkin adalah ini. Kita tidak pernah melihatnya ditulis seperti ini, hanya mendengarnya diucapkan." 

“O-Oke…?” 

Aku meletakkan kembali kepalaku di atas bantal untuk melihat jendela, yang berisi rangkaian huruf berikut.

PYTHAGORAS. 

“P… Pie… tha… Apa? Begitukah cara namanya dieja?"


TLN : Sekali lagi gw ingetin... Gak semua orang jepang bisa baca Alfabet ingris..... Sama halnya dengan orang indo gak bisa baca alfabet jepang kek Kanji dsb.......



“Ya, berdasarkan ejaan bahasa Inggris. Tapi ini mungkin belum membunyikan bel untukmu. Kau akan jauh lebih akrab dengan pelafalan Jepang… atau bahasa Yunani yang sebenarnya.” 

“Pengucapan bahasa Jepang…?” 

Karena bingung sekarang, aku melihat ke jendela lagi. Aku mencoba melafalkan huruf-huruf itu dengan cara diwakili oleh bunyi-bunyi asing dalam bahasa Jepang. 

“Pi… sa… goras? Pisa… Tunggu, tidak… haruskah itu huruf T? Pitagoras ?! Tunggu, apakah ini yang— ?!” 

Sembilan puluh persen rasa kantukku hilang, disuntik oleh adrenalin.

Aku bukanlah siswa yang paling peka di sekolah, tetapi bahkan aku tahu nama ini. Di semester kedua tahun kedua SMPku, tepat sebelum aku terjebak di SAO, aku telah belajar tentang Pythagoras, ahli matematika Yunani kuno yang namanya dikaitkan dengan teorema tentang sisi-sisi segitiga siku-siku. Dia adalah pendiri semacam klub matematika yang dinamai menurut namanya juga, dan menemukan sejumlah besar properti dan konsep matematika. Jadi dia akan menjadi orang yang menamakan "bilangan sempurna". 

“… Jadi mengapa mereka tidak menjelaskan bahwa dia adalah Pythagoras sejak awal…?” Aku menggerutu, mendapatkan tawa dari Asuna.

“Mereka mungkin ingin memberi sedikit jarak antara karakter dan tokoh sejarah, dan itulah mengapa mereka menyembunyikan ejaan alfabet. Lagipula dia hanya akan menjadi model untuk karakter itu…” 

“ Ah… Apakah Pythagoras yang asli juga pandai memecahkan teka-teki?” 

“Tidak, aku belum pernah mendengar hal seperti itu. Dan dia tidak pernah disebut raja teka-teki atau apapun. Meskipun, menurutku fokusnya pada harmoni dan integritas angka berhubungan dengan konsep teka-teki." 

"Uh-huh..." 

Aku berguling dan memikirkan kembali kejadian empat hari terakhir ini. 

"Dan Pythagoras yang asli dibunuh oleh pengikutnya sendiri," gumam Asuna. 

“Hah… dia…?”

“Secara teknis, itu adalah orang yang ingin bergabung dengan ordo skolastiknya, yang ditolak Pythagoras. Jadi orang itu mencambuk orang-orang di kota untuk balas dendam... Meskipun, aku tidak ingat apakah namanya Cylon atau bukan..." 

"Mencambuk mereka..." ulangku, bukan memikirkan questnya tetapi pria berjubah hitam dan teman-temannya. Pria bernama Buxum yang menyusup ke DKB dan mencoba mencuri kubus emas entah bagaimana tahu di mana harus menggunakan iron key, padahal Theano tidak. Dan di luar itu, dia bahkan tahu bagaimana memanfaatkan kekuatan Bind dari kubus. 

Bagaimana Buxum mendapatkan iron key yang dicuri Kysarah si fallen elf dari Myia dan aku? Dan bagaimana Buxum dan pria berponco hitam mengatur hubungan mereka dengan para Fallen?

Quest kutukan telah selesai, dan kami mengalahkan bos lantai enam tanpa korban, tetapi misteri dan masalah yang belum terselesaikan ada di mana-mana. Jika aku ingin menyelesaikan masalah itu, dan memastikan bahwa aku dapat melindungi Asuna dari bahaya, aku harus lebih kuat. Cukup kuat untuk melawan Kysarah satu lawan satu. 

"Oh, benar, Kirito." 

Penyebutan namaku menyebabkan kelopak mataku yang setengah tertutup naik lagi. Asuna duduk dan menatap lurus ke arahku. 

“A-Apa…?” 

“Biarkan aku melihat matamu.” 

“Hu-Huh…?” Aku berkedip, tidak yakin dengan apa yang rekanku ingin lakukan. 

Yang mengejutkanku, dia berkata, "Di ruang bos, saat kau menerobos Bind, aku merasa matamu bersinar keemasan."


TLN : Akwokwowko..... Udah muncul aja "itu" disini....... Meskipun gw udah nyadar sih.......


“Apa… benarkah? MatakuApakah sekarang masih? ” 

"Tidak, itu hitam." 

“Oh…”

Lega, aku rileks dan membiarkan tatapanku mengunci dengan mata coklat hazel Asuna. Seketika, aku merasakan sesuatu meninggalkan tubuhku dan mengetahui bahwa aku benar-benar berada pada batas kesadaranku sekarang. 

Senyuman kecil Asuna meleleh ke dalam kegelapan, dan melalui akalnya yang memudar, aku mendengar bisikan samar-samar: 

"Selamat malam, Kirito." 

"Selamat malam, Asuna," kataku, meskipun aku tidak bisa memastikan apakah itu akan keluar dari bibirku.