Light Novel Sword Art Online – Progressive Indonesia
Canon of the Golden Rule (End) Part 14-2

 Setelah ini diulangi berkali-kali, sesuatu yang aneh mulai terjadi. Sesekali, bahkan sebelum aku mendengar suara Asuna, aku merasa seperti tahu ke mana harus melangkah. Itu juga terjadi padanya. Lebih dari sekali, aku berteriak "Kanan!" setelah Asuna melompat kesana. Seolah-olah pikiran kami terhubung pada saluran lain di luar suara dan telinga... 

Itu adalah pertarungan yang menyakitkan, mengetahui bahwa itu tidak akan berakhir dengan kemenangan, tapi aku merasakan semacam kegembiraan yang tak terbantahkan saat aku mengelak dan berputar-putar di sekitar penargetan garis. Ketika aku memiliki waktu untuk memeriksa jendelaku untuk melihat waktu dalam beberapa saat bos menjauh dariku, menit-menit merangkak dengan menyakitkan perlahan, tetapi akhirnya, beberapa menit menuju jam sepuluh malam—

“Ini yang terakhir, Kirito!” terdengar suara Myia yang muda tapi tegas dari belakang ruangan. Aku melompat mundur karena insting dan melihat ke pintu. Hampir semua teka-teki sudoku di permukaannya memiliki nomor yang benar, hanya menyisakan teka-teki pusat, yang sekarang sedang diproses oleh Theano. 

Dia menekan kotak kunci, memilih nomor dari menu pull-down, dan itu segera diperbesar dan mulai bersinar. 

Seperti yang diharapkan, selama satu jam, mereka telah memecahkan 729 teka-teki. Suara gemuruh mengalir melalui pintu dan seluruh ruangan juga. Sebaris cahaya muncul dari tengah pintu yang tertutup, dan terdengar bunyi klik keras dari kunci yang dibuka, memberi tahu kami bahwa rute pelarian kami akhirnya terbuka.

“Ayo mundur ke lorong! Para Anggota yang sedang dalam proses penyembuhan, keluarlah dulu!” perintah Lind, mengayunkan pedangnya. Selusin lebih pemain yang meminum ramuan di sepanjang dinding berdiri dan mulai berlari menuju pintu. Bahkan Irrational Cube, yang telah menembakkan lasernya dengan liar beberapa detik yang lalu, berhenti seolah-olah menyadari pintu yang terbuka. 

Paling tidak, kami tidak perlu khawatir tentang kehancuran seluruh kelompok garis depan. Menyedihkan bahwa kami tidak bisa menjatuhkan bahkan satu piksel pun dari bilah HP bos, tetapi itu karena kami melewatkan informasi penting. Jika kami kembali dan menyelesaikan semua quest di Stachion atau Murutsuki, kami akan menemukan cara yang kami butuhkan untuk mengatasi angka pada bos…

“Kirito,” Asuna berbisik, meraih sikuku. Aku melihat bahwa dia sedang melihat ke pintu, yang masih tertutup. Dia merasakan sesuatu, tetapi dia belum tahu apa itu, kata bahasa tubuhnya. 

Aku menatap pintu ganda besar yang berjarak dua puluh meter, merasakan waktu secara bertahap bertambah. 

729 teka-teki telah berubah menjadi 729 angka yang bersinar tanpa suara pada kami. 

729… yang merupakan dua puluh tujuh kuadrat. Dua puluh tujuh baris dan dua puluh tujuh kolom. 

Kotak tiga kali tiga dari blok angka sembilan kali sembilan. 

Aku menjulurkan leherku, melihat kembali pada Irrational Cube yang melayang di tengah ruangan, lalu ke pintu lagi. Aku menghirup udara sebanyak yang bisa ditangani paru-paruku dan berteriak, 

"Berhenti !!!"

Pemain yang hanya beberapa meter dari pintu berhenti dan berbalik ke arah suaraku. Shivata dari DKB paling dekat denganku. Dia tampak terperanjat. 

"Apa yang salah? Bukankah kita akan keluar dari sini ?!” 

"Tunggu, kupikir... angka-angka itu..." 

Aku menatap Asuna dan mulai berlari sampai aku mendorong diriku ke depan pintu dengan tangan terulur sebagai tanda agar semua orang mundur. Lalu aku menunggu. Jika firasatku benar, teka-teki ini tidak dimaksudkan untuk menciptakan jalan keluar. Menyelesaikannya akan membuka pintu, tapi itu mungkin tipuan. Jika kami hanya menunggu, aku yakin, yakin…

Kebingungan, kesal, dan tergesa-gesa dari rombongan raid itu semakin kental dan gelap setiap detik. Lima, enam, tujuh… Ketika hampir tiga puluh detik telah berlalu sejak Theano menyelesaikan teka-teki terakhir, akhirnya hal itu terjadi. 

729 nomor tiba-tiba muncul. 

Lebih dari separuh angka lenyap, seolah-olah terbakar oleh cahaya. Di berbagai titik kosong dari kisi, ada kotak yang samar-samar bersinar. Terakhir, empat garis kisi menebal, memotong seluruh pola menjadi sembilan kali sembilan potongan. 

"Ah…!" Asuna tersentak di belakangku. Di sisiku, Myia dan Theano sama-sama terkejut. 

Itu bukanlah rangkaian angka acak dan tidak berarti yang disusun dalam dua puluh tujuh baris dan kolom. Itu adalah satu set sembilan teka-teki sudoku baru.

Gaoooong… 

Suara dahsyat di antara mesin dan raungan makhluk hidup mengguncang ruangan. Aku berbalik dan melihat Irrational Cube itu bergerak lagi. Dan bukan hanya itu… tiga dari empat permukaan vertikalnya sekarang menjadi lengan panjang yang terbuat dari lusinan kubus kecil. Wajah terakhir mulai bersinar cerah. 

"Ia akan datang!" teriak Kibaou dari belakang, menyiapkan pedangnya. Lind mengeluarkan perintah serupa kepada para pengikutnya. 

“Retret dibatalkan! Teruslah menyembuhkan jika kalian terluka, kembali dan buat kembali formasi jika kalian baik-baik saja!" 

Mereka, juga, telah merasakan bahwa serangan bos akan meningkat, tetapi itu berarti sekarang ada kesempatan untuk benar-benar mengalahkannya.

“Myia! Theano! Tangani teka-teki ini juga!" Aku berteriak. Mereka langsung beraksi di pintu dan mulai menyelipkan telapak tangan mereka ke teka-teki yang jauh lebih besar. Sepuluh detik kemudian, mereka menekan kotak kunci secara serempak dan memilih jawaban mereka. Angka-angka itu bertambah besar dan bersinar lebih terang. 

Ibu dan putrinya menyelesaikan teka-teki itu dengan kecepatan yang sama, Theano mengambil teka-teki yang lebih tinggi dan Myia menyelesaikan teka-teki yang rendah. Empat, enam, delapan mereka selesaikan, tinggal satu lagi. 

Ada ledakan dan benturan keras serta teriakan dari belakang mereka, tetapi mereka melakukan yang terbaik untuk mengabaikannya dan fokus pada momen tersebut. 

Theano meletakkan tangannya di teka-teki tengah dan memilih lima dari menu. Jumlahnya bertambah untuk mengisi ruang.

Saat semua teka-teki selesai, pintu bersinar dengan lebih banyak cahaya dari sebelumnya. Aku mundur beberapa langkah dan mengingat urutan sembilan angka raksasa di pintu. 

“Terima kasih… Kami akan menangani sisanya!” Aku memberi tahu mereka, lalu berbalik. Aku berlari menuju raid party dan berteriak sekeras yang bisa ditangani tenggorokanku, "Dari kiri atas, delapan, tiga, empat, satu, lima, sembilan, enam, tujuh, dua !!" 

Ada hening sesaat. 

Kemudian suara gemuruh terdengar dari sekeliling. Dengan jumlah yang kami butuhkan terungkap, moral yang diturunkan mulai meningkat lagi. Dalam situasi ini, kerja tim dan koordinasi dari dua guild utama sedang dalam kondisi terbaiknya. Bahkan tanpa anggota dalam proses penyembuhan, mereka masuk ke dalam formasi yang mengelilingi bos dengan cepat.

Namun, menyusun angka-angka alih-alih warna jauh lebih sulit daripada yang bisa dibayangkan. Angka-angka hanya harus diatur pada satu wajah yang menyala, tetapi setiap percobaan memindahkan tiga angka bersama-sama. Kau harus selalu waspada terhadap nomor apa yang ada di lokasi wajah dan membaca beberapa gerakan di depan pengaturan saat ini. 

Tiga menit setelah pertempuran dilanjutkan, ketakutanku menjadi nyata. Pengaturan ulang angka tidak bergerak cepat. 

Mereka mendapatkan empat yang pertama dengan cukup lancar, tapi kemudian memindahkan satu menyebabkan yang lain tidak sejajar, dan iritasi mulai menjalar ke dalam suara Lind dan Kibaou. Jika kami memukulnya dengan sebuah firasat, kami akan akhirnya mendapatkannya, tetapi lengan panjang bos itu tidak bisa dianggap enteng. Di atas laser, kami sekarang harus berhati-hati terhadap bantingan dan gesekan dari lengan, yang terus menurunkan HP anggota tempur. 

Aku tidak yakin apakah akan melompat ke barisan depan, atau apakah itu hanya akan merusak kerja tim yang digunakan enam party. 

"... Oke, aku mengerti," kata Asuna tiba-tiba. Dia menatapku sekilas. “Kirito, aku akan fokus memberi perintah. Bisakah kau menangani bos?” 

“Uh… ya, tentu saja.” 

Kami saling mengangguk dan bergerak secara bersamaan. Asuna melompat ke depan bos dan mengacungkan rapiernya. 

"Ketuk blok bawah ke kanan!"

"Ba-Baiklah!" jawab Hafner dari DKB. Dia mengangkat pedang besarnya, berputar di sekitar sisi kanan bos, dan menyapu ke samping. Sekali lagi, tidak ada kerusakan, tapi balok bawah berputar keras ke kanan, seperti yang Asuna perintahkan. 

“Sekarang hancurkan balok kiri!” 

"Dipahami!" jawab Okotan dari ALS, yang tombaknya bersinar. Kolom kiri balok diputar ke bawah. 

Mendengar ini, Irrational Cube pasti merasakan perbedaan, karena mengeluarkan jeritan logam yang sumbang. Itu mengayunkan dua pelengkap yang terbuat dari kubus, melemparkannya ke arah Asuna. Aku segera melompat ke depan dan mengaktifkan sword Skill Vertical Arc. Itu adalah kombinasi dua serangan dari irisan ke bawah dan ke atas, dan itu menjatuhkan kedua lengannya. 

Di belakangku, Asuna tidak bergerak satu langkah pun.

Saat dia hanya fokus pada angka, perintah Asuna sangat tepat. Dengan setiap rotasi blok, kami dapat merasakannya semakin dekat dengan penyelesaian. 

Tapi bos bisa merasakannya juga, dan dengan kejam, berulang kali mengejar Asuna, yang tidak secara fisik menyerangnya. Aku bisa menjatuhkan lengannya dengan sword skill, tapi lasernya lebih rumit. Setiap kali sinar yang membidik menyapu ke arahnya, aku mengangkatnya dan melompat keluar, tapi itu menjadi lebih sulit ketika itu melakukan kombinasi laser yang tertunda dan kemudian serangan fisik. Anggota raid terlihat putus asa, tetapi jika mereka mencoba menyerang bos untuk menarik perhatiannya, formasi kubus yang telah kami kerjakan dengan sangat keras akan hancur, dan jika terlalu banyak mencoba mengelilinginya untuk perlindungan, dia tidak akan bisa melihat nomornya.

Setelah lompatan mundur lainnya untuk menghindari laser, punggungku menghantam permukaan datar yang keras.


Entah bagaimana, aku telah didorong ke dinding tanpa menyadarinya. Dua lengan menjadi gerakan menyapu datar dari sisi tubuhku, tepat saat isyarat. Aku bisa menyerang balik salah satu dari mereka, tapi tidak keduanya…

"Aku akan mengurus yang ini, Kirito!" kata sebuah suara. Aku balas berteriak, "Lakukan!" dan fokus pada lengan yang datang dari kiri. Setelah aku menjatuhkannya dengan Horizontal, aku berbelok ke kanan dan melihat Theano mendorong pelengkap lainnya dengan pedangnya. 

Kekuatan seratus! Aku kagum dalam diam, bersiap untuk serangan berikutnya. Sementara itu, Asuna terus memberi perintah, yang dilakukan dengan setia oleh para prajurit kuat dari kelompok penyerang. Kadang-kadang, mereka membuat masukan yang salah, tapi membatalkannya semudah membalikkan serangan terakhir.

Serangan tak berdamage pada bos berlangsung selama dua puluh gerakan ketika suara Asuna yang jelas berseru, “Berikutnya adalah yang terakhir! Serang blok tengah!” 

"Kami mengerti!" 

"Yer on!" 

Lind dan Kibaou tidak berniat membiarkan yang lain mendapat kehormatan untuk pukulan terakhir. Mereka menyerang dari kedua sisi dan menebas kolom blok tengah dengan pedang dan pedang panjang bersamaan. 

Jangan memaksnya, Lin-Kiba! Pikirku, tetapi tujuan mereka benar. Kolom tengah bergemuruh dan berputar, memperlihatkan urutan tiga, lima, tujuh. 

Sembilan angka di wajah depan bos bersinar begitu terang, aku tidak bisa melihat langsung ke mereka.

"Kami mengerti!" seseorang berteriak, yang hampir tenggelam oleh suara gemuruh yang memekakkan telinga saat dua puluh enam kubus dan tiga lengan yang membentuk armor tak terkalahkan dari Irrational Cube hancur. 

Pecahan yang tak terhitung jumlahnya meleleh menjadi udara tipis, menampakkan kubus hitam pekat itu, setengah meter ke samping. Di tengah sisi yang menghadap kami, kami bisa melihat benda yang lebih kecil — kubus emas yang diletakkan Theano di sana. 

Kali ini, enam lengan hitam baru diperpanjang dari kubus hitam. Mereka mengeluarkan bunyi dering frekuensi tinggi yang tidak menyenangkan saat menggeliat ke arah kami. 

“Ini pertarungan yang sebenarnya! Tenang saja, 'mari kita cari tahu polanya!" Kibaou berteriak. Baik ALS dan DKB sama-sama berteriak "Ya!" sebagai tanggapan.

Itu memang pertarungan yang sengit, tapi tanpa armor tanpa nodanya, Irrational Cube tidak memiliki pertahanan untuk melawan para petarung elit dari grup advance, dan yang lebih penting, pendekar pedang ibu yang berlevel 32, Theano. Bar HP tunggal-nya turun perlahan tapi pasti, melewati 50 persen, lalu 30... dan hanya dalam tujuh menit, turun di bawah 10 persen. 

Begitu semua orang tahu bahwa tembakan bagus berikutnya akan mengakhirinya, Irrational Cube mengeluarkan jeritan mengerikan yang terdengar seperti teriakan sekarat dan mengayunkan keenam lengannya dengan liar. Delapan sudutnya mengirimkan balok yang membidik. 

“Ia menjadi liar! Kencangkan sabuk pengaman!" Lind memerintahkan. Semua orang mulai waspada.

Dalam sekejap, semua lengan telah dibelokkan, dan semua laser mengelak — dan seolah baterainya telah habis, bos dari lantai enam Aincrad jatuh ke lantai dengan bunyi gedebuk dan berhenti bergerak. Aku mengendurkan pundakku, berpikir itu akhirnya berakhir… tapi ada satu piksel membandel yang tersisa di bilah HP-nya. 

“Apa…? Hei, apa maksudnya itu?! Akankah ia menghancurkan dirinya sendiri?!” Kibaou meratap. Aku bertanya-tanya hal yang sama. Anggota raid yang paling dekat dengan titik pendaratan melompat menjauh dan melawan ledakan… tapi tidak ada yang terjadi. Bos, kubus emas menunjuk ke arahku, terdiam. 

Itu mengingatkanku, Argo mengatakan sesuatu tentang ini, kenangku. 

Sesuatu tentang sisi belakang kubus…

Pada saat itu, seseorang melompat ke depan menuju kubus. Siapa pun itu pasti berasumsi tidak akan ada kerusakan diri dan ingin merebut bonus last attack. Dia berpakaian perak dan biru — DKB. Lind mungkin akan memarahinya nanti, tapi ini akan, pada akhirnya, menjadi akhir dari pertempuran yang sangat lama... 

"Hah... ?!" Asuna tersentak di sisiku, dan aku tiba-tiba menyadari apa yang dia lihat. 

Itu bukanlah senjata yang dimiliki pemain lari di tangannya. Itu adalah sepotong logam sempit yang panjangnya hanya beberapa sentimeter. Jarum lempar… tidak. 

Sebuah kunci. 

Waktu membeku ketika pemain kurus itu berjongkok di belakang kubus dan memasukkan kunci ke dalam lubang kunci di mana aku tidak bisa melihatnya. 

Terdengar bunyi klik pelan, dan kubus emas meluncur keluar dari blok, jatuh ke lantai.

“…!” 

Theano menghela napas tajam dan melompat ke depan. Aku berlari mengejarnya. 

Anggota DKB itu berdiri. Dia mengelilingi blok dan mengambil kubus dari lantai. 

Saat dia berlari, Theano diam-diam mencabut rapiernya. 

Anggota DKB mengangkat tinggi kubus dengan kedua tangannya dan berteriak. 


"Bind!!" 

Ada suara mengiris udara, dan lingkaran cahaya keemasan melesat dari kubus, menelan Theano dan aku saat melewati kami. Kakiku tiba-tiba menempel di lantai, dan aku terjungkal secara spektakuler. Kupikir aku akan jatuh, tetapi karena kakiku menempel di tanah, aku hanya bersandar pada sudut yang ekstrim sebelum bangkit kembali. Theano juga berakar di pijakannya. 

“… ?!”

Tertegun, aku melihat ke bawah untuk melihat kubus tembus pandang tumbuh dari lantai untuk menelan kakiku. Secara insting, aku memeriksa gauge HPku. Di sebelah kanan daftar buff, ada ikon baru yang sedetik sebelumnya tidak ada di sana. Itu adalah debuff yang tidak biasa: siluet manusia dalam batas persegi. 

"Mengapa?! Kenapa kau melakukan ini ?!” Aku mencoba berteriak, tetapi kemudian aku menyadari bahwa aku tidak memiliki suara. Seluruh tubuhku — kaki, lengan, bahkan jari — seberat timah. 

Bahkan di tengah keadaan darurat ini, sebagian dari pikiranku dipenuhi dengan pertanyaan yang berbeda. Level Theano cukup tinggi tapi tidak cukup untuk melenyapkan monster menara dalam satu pukulan. Dia pasti menggunakan kekuatan kubus emas untuk membekukan, atau Mengikat, para ophidians.

Tiba-tiba, aku menyadari ruang bos dipenuhi dengan keheningan. Aku tidak bisa mendengar suara, atau bahkan gesekan baju besi logam. Cahaya keemasan memenuhi ruangan seluas lima puluh meter itu dari sudut ke sudut. Setiap anggota raid terakhir pasti sudah terkena Bind. Aku tidak bisa menggerakkan tangan kananku, jadi aku bahkan tidak bisa membuka jendelaku. Itu adalah debuff imobilisasi pamungkas, bahkan jauh melampaui racun yang melumpuhkan. 

Pemain DKB misterius perlahan menurunkan kubus emas. Dia mengenakan helm palet yang menutupi bagian atas kepalanya, hanya menyisakan mulut yang terlihat. Kursor di atas kepalanya berwarna oranye, warna kriminal, pasti karena debuff yang baru saja dia gunakan. Namanya Buxum. Aku tidak ingat pernah melihat nama itu dalam pertarungan raid sebelumnya. 

Mulut Buxum tiba-tiba melengkung menjadi seringai buas. Saat aku melihatnya, aku tahu.

Dia bersama Morte dan Joe. Dia adalah salah satu pengikut si poncho hitam. Pada titik tertentu, dia telah menyusup ke DKB, menunggu saat ini juga untuk menyerang. 

Jika itu Morte, dia akan menertawakan tawanya yang kering dan melontarkan beberapa baris teatrikal pada saat ini, tetapi Buxum hanya melirik dan tidak mengatakan apa-apa. Sebagai gantinya, dia memindahkan kubus besar itu ke satu tangan sehingga dia bisa menarik pedang panjangnya. 

Itu dibuat dengan sederhana, tapi sinar basah pada pedang tipis itu berbicara tentang statistik yang bukan masalah bercanda. Pedang itu menjuntai dari tangannya saat dia melangkah ke arah Theano. 

Dia akan membunuhnya, aku langsung menyadarinya. 

Apakah dia akan membunuh seluruh raid party yang dimulai dengan Theano, atau hanya NPC-nya sendiri, aku tidak yakin. Tetapi bahkan jika yang terakhir, aku tidak bisa secara pasif melihat itu terjadi. Myia ada di belakangku.

Tidak mungkin aku membiarkan seorang gadis berusia sepuluh tahun untuk melihat ibunya yang baru saja bertemu kembali dengannya dibantai tanpa daya. Tidak mungkin… 

“………!” 

Tekanan, udara hening keluar dari tenggorokanku sebagai pengganti jeritan. Aku menggunakan setiap kekuatan yang bisa kupanggil. Otot avatarku bergetar dan persendiannya berderit. Tapi cangkang tak terlihat yang mengelilingiku tidak bergeming. 

Buxum berhenti dihadapan Theano. Dia mengangkat pedangnya dan mengarahkan hati-hati ke jantungnya, bersiap untuk menyelesaikan semuanya dalam satu pukulan. 

Bergerak. 

Bergerak Bergerak Bergerak Bergerak Bergerak.

Itu adalah satu-satunya kata dalam pikiranku, batasan antara awal dan akhir menjadi kabur menjadi satu pola suara, kehilangan makna. Suara dering bernada tinggi naik dari dalam diriku, menyebar dari jari tangan ke jari kaki… 

Dan kemudian aku melihatnya. 

Ikon debuff Bind berkedip. Ikon baru mulai berkedip di sebelahnya. Siluet seseorang dalam pose meditasi Zen. Itu... bukan Buff Meditation. Desainnya sama, tetapi sekarang ada cincin emas di balik siluet itu. 

––––– !! 

Kupikir aku mendengar sesuatu pecah.

Kaki kananku menerkam dari lantai, langsung meluncurkanku lebih dari sepuluh meter ke depan. Ditarik oleh string tak terlihat, aku mengayunkan kembali Pedang Eventide. Buxum memperhatikan seranganku; matanya membelalak melalui celah helm palet. Dengan kecepatan reaksi yang luar biasa, dia mengangkat pedangnya dan mengambil posisi bertahan. 

“Raaaaaahh !!” Aku berteriak, mengayunkan pedangku ke arahnya. 

Pkiiing! 

Hampir terdengar seperti jeritan. 

Pedang panjang Buxum terbelah tepat di atas gagangnya — dan begitu pula lengan kirinya di belakangnya, hampir ke siku. 

Momentum membawaku langsung melewati Theano dan Buxum. Begitu aku mendarat, aku berputar 180 derajat. Itu cukup cepat sehingga aku biasanya akan jatuh, tetapi seolah-olah kelembaman tidak ada lagi.

Senyum bengkok telah hilang dari wajah Buxum, sekarang dia telah kehilangan pedang dan lengannya. Dengan lengannya yang baik, dia mengangkat kubus itu lagi. 

“Bi…” 

Tapi sebelum kata itu keluar dari mulutnya, aku mengayunkan lagi. 

Seperti lengan kirinya, siku kanannya terpotong, dan itu lenyap dengan menyedihkan di tempat. Tanpa penyangga, kubus emas itu jatuh ke lantai. 

Bahkan untuk musuh, aku harus mengagumi kecepatan reaksi Buxum setelah kehilangan kedua lengannya. Dia segera berbalik dan berlari dengan kecepatan luar biasa untuk keluar. 

“Oh, tidak, kau tidak boleh!” Aku berteriak, tetapi kekuatan telah hilang dari kakiku, dan aku langsung jatuh berlutut di tempat. Ikon yang menyerupai buff Meditation berkedip dan pergi.

Aku berhasil berdiri, tetapi pada saat itu, Buxum sudah berada di depan pintu. Dia membantingnya untuk mendorongnya terbuka dan menghilang ke lorong. Tidak mungkin aku bisa mengejarnya dengan kecepatan itu. 

Beberapa detik kemudian, salah satu batang HP dari Tim F di sisi kiri pandanganku menghilang dengan rapi. Berjuang melawan beban mencekik yang tampaknya merupakan biaya fisik dari buff misteri, aku mengamati ruang bos. Theano, Asuna, Argo, Myia, dan semua anggota raid lainnya masih dalam pengaruh mantra bind. Tentunya tidak permanen, tapi bagaimana cara membatalkan kelumpuhannya? Namun, jawabannya sudah jelas.

Aku menyarungkan pedangku dan mengambil kubus itu dari tanah, lalu berjalan menuju balok hitam itu. Masih ada satu piksel HP di bar yang tergantung di udara di atasnya. 

Aku berlutut di depan bos dan menatap kubus emas, di tanganku akhirnya. Objek ini telah mengubah hidup banyak orang. Cylon, Theano, Myia, Terro sang tukang kebun, dan mungkin Pithagrus juga. Sekarang saatnya untuk dihancurkan. 

Aku menempelkan kubus ke lubang di balok dan mendorong, dan itu dengan mulus meluncur ke dalam dengan sendirinya. Aku menunggu sampai permukaannya tipis untuk menarik pedangku lagi. 

Dengan menggunakan gagang, alih-alih tepi bilah yang sudah usang, aku memukul bagian atas kubus hitam.

Sudah cukup. Retakan menyebar dari tempatnya, dan cahaya biru tumpah dari dalam. Pada saat itu, Irrational Cube, bos dari lantai enam Aincrad, kehabisan HP, dan itu hancur berkeping-keping, termasuk kubus emas di dalamnya. Hanya kunci baja yang lolos dari nasib itu. Itu jatuh dengan ringan ke lantai. 

Aku duduk berlutut saat pesan yang menyatakan bonus Last Attack muncul di atas kepala. 

Sesaat kemudian, anggota raid dilepaskan dari status negatif mereka, dan keributan segera muncul. Beberapa orang jatuh ke tanah, yang lain terjungkal, dan Kibaou menuju Lind. 

Ruang bos sekarang terang, seolah bangun dari mimpi buruk, dan penuh dengan suara yang hidup. Aku mendongak saat mendengar langkah kaki mendekat dan melihat Theano datang.

Bukan hanya dia. Asuna, Myia, dan Argo semua bergegas ke arahku. 

Terbungkus dalam selimut kelelahan yang tak tertahankan, aku tidak dapat melakukan apa pun selain mengangkat tangan kananku untuk melambai pada teman-teman tercinta.