Light Novel Sword Art Online – Progressive Indonesia
Canon of the Golden Rule (End) Kata Penutup


Terima kasih telah membaca Sword Art Online Progressive 6, “Canon of the Golden Rule (End).” 

Ini rasanya yang kali ini ternyata setengah dari bagian pertama lagi, tapi itu mungkin hanya imajinasiku. Ngomong-ngomong, aku berpikir aku takut untuk berpikir bahwa, dalam tahap perencanaan, aku bisa menceritakan sebuah cerita sepanjang ini dalam satu buku… 

Sejujurnya aku tidak tahu bagaimana bisa sepanjang ini! Tapi itu akan menjadi versi yang membosankan dari pemikiranku tentang cerita ini, jadi sebagai gantinya, aku akan menuliskan beberapa refleksi longgar. 

Seperti yang disimbolkan oleh mahakarya seperti Dragon Quest dan EverQuest, konsep RPG dan Quest tidak dapat dipisahkan. Bisa dibilang Quest itu sendiri adalah inti dan jiwa RPG. Dan format single-player RPG selalu berisi main quest dan subquest.

Tapi kalau menyangkut MMORPG, aku selalu merasa sifat questnya menjadi tidak stabil dan tidak nyaman. Seperti yang Kirito sendiri ungkapkan beberapa kali dalam cerita, kau melihat event yang sama terjadi untuk setiap pemain yang memainkannya, cerita yang sama dimainkan, dan ini melibatkan beberapa derajat pembengkokan pengalaman — dan memaksa narasi agar sesuai dengan yang dibagikan dunia. Aku selalu mengerti bahwa ini mau bagaimana lagi tetapi aku merasa ini bukan cara yang ideal untuk melakukan sesuatu. Jika ada satu misi di luar sana, bukankah seharusnya hanya satu pemain yang bisa menyelesaikannya?

Aku mengerti itu praktis tidak mungkin, tentu saja. Tetapi bagaimana jika, alih-alih menjadi penulis skenario dan programmer manusia, AI bertindak seperti GM dari tabletop RPG, menghasilkan quest tanpa batas dan menyesuaikan cerita agar sesuai dengan tindakan karakter? Tidak bisakah cita-cita sebuah cerita "hanya untukmu" menjadi kenyataan seperti itu? Ini adalah pikiran yang kupikirkan saat aku menulis buku ini. Kupikir aku berhasil mempertahankan ideku agar quest Kirito dan Asuna melangkah lebih jauh dan lebih jauh dari skenario baseline karena gangguan PKers dan NPC, tetapi selanjutnya aku ingin menulis cerita yang berpusat pada pemain! Kali ini dalam satu volume!

Jika ada penyesalan, aku tidak dapat menggunakan tema teka-teki lantai enam secara lebih efektif. Awalnya, aku ingin memberikan sejumlah teka-teki di seluruh cerita untuk kalian para pembaca untuk menanganinya, tetapi aku tidak suka gagasan itu berubah menjadi jenis buku di mana pembaca dapat memilih salah satu dari beberapa jalur percabangan. Jika Bandai Namco pernah membuat SAO menjadi VRMMORPG sungguhan, aku akan memaksa mereka untuk meletakkan banyak puzzle di lantai enam (tertawa). 

Akhirnya, terima kasih… Kepada editorku, Miki dan Adachi, dan ilustratorku, abec, karena benar-benar mendorong jadwal dengan jumlah halaman yang menggelembung, aku menyampaikan permintaan maaf dan terima kasih yang tulus! Sampai jumpa di lantai tujuh di Volume 7! 

Reki Kawahara — Maret 2018