LN Clearing an Isekai with the Zero-Believers Goddess – The Weakest Mage among the Classmates Indonesia 
Volume 1 Chapter 1 Part 2 Makoto Takatsuki mengembara ke dunia lain



 Siapapun yang menulis ini sangat bersemangat! Apakah dia mabuk? Tampaknya ia adalah dewi keberuntungan.

 Itu juga termasuk catatan tentang bagaimana menggunakan skill. Aku akan membacanya secara detail nanti.

“Aku memiliki pemahaman kasar tentang skill. Jadi, apa yang harus kulakukan sekarang?”

“Kau, otherworlder, akan memiliki akses gratis ke fasilitas Kuil Air dan kelas selama setahun. Sementara itu, kusarankan kau memutuskan profesi yang cocok untukmu."

 Sister itu dengan acuh tak acuh menjelaskan.

"'Ngomong-ngomong, profesi apa yang akan kau rekomendasikan untukku?"

“….”

 Mengapa diam?

“Di kuil air ini, kami menawarkan berbagai kelas untuk mempersiapkan bagi karier. Aku menyarankan agar kau terlebih dahulu menghadiri berbagai kelas dan memilih profesi yang cocok untukmu."

 Apakah kau tidak punya saran? Aku tidak berpikir aku memiliki pekerjaan yang cocok untukku saat ini.

 Yah, kurasa aku harus mencobanya sendiri. Anggap saja sebagai skenario bebas.

 Hanya saja, status awalnya terlalu rendah.

"Baik. Kemudian tolong jelaskan bagaimana cara mengambil kelas. Dan juga aturan hidup di sini."

"Manual di sini memiliki semua yang perlu kau ketahui."

 Aku diberi buku tebal. Di sampulnya, tertulis 'Panduan Kuil Air (untuk Otherworlder)'.

 Oh… persiapan yang bagus.

“Kalau begitu, jika kau tidak mengerti sesuatu, tolong tanyakan orang-orang di kuil terdekat jika kau memiliki pertanyaan.”

 Tanpa tersenyum, sister itu memberitahuku. Dia bilang ceritanya sudah selesai.

 Itu dingin sampai akhir, Sister.

 Di luar pintu, Fuji-yan dan Kitayama sedang menungguku.

“Bagaimana hasilnya? Takki-dono. ”

"Hmmm, itu semacam tas campuran."

“Ayo, Takatsuki, mari kita lihat.”

"Oh, hei!"

 Kitayama mengambil Soul Book.

“Hei, hei, bukankah statusmu terlalu rendah? Hmm, sepertinya itu bukan skill yang kuat.”

Kitayama sepertinya sudah kehilangan minat. Kau bajingan! Kau mengambil kebebasan untuk melihatnya dan sekarang kau katakan itu padaku!

 Aku tidak bisa mengatakannya dengan lantang, tetapi aku mengeluh dalam pikiranku.

 Tapi tetap saja, aku rasa skill dan statusku lemah.

“Takatsuki adalah game nerd, jadi itu skill yang aneh. Semoga berhasil dengan itu!"

 Aku tidak tahu apakah dia mencoba menenangkanku atau tidak, tapi dia menepuk pundakku dengan keras.

“Hei, kau tahu apa skill Takatsuki…”

 Dan kemudian dia mulai memberi tahu teman sekelas lainnya tentang skillku. Apakah tidak ada privasi?

“Kitayama-san, kau tidak bisa memberi tahu orang lain tentang skill orang lain tanpa izin.”

 Para sister memperhatikan. Baik.

“Seperti apa skill Fuji-yan?”

 Aku bertanya pada Fujiyan sambil melihat 'soul book' ku.

Skill 'storange dan super-grade' adalah skill untuk memindahkan barang masuk dan keluar dengan bebas. Skill 'Super Grade' sepertinya bisa menyimpan cukup banyak hal. Skill 'appraisal dan super grade' adalah skill untuk melihat kualitas item yang kau temukan.

Ya.

 Kedengarannya nyaman. Pada titik ini, Fujiyan menurunkan volume suaranya.

“Sebenarnya aku tidak menyebutkannya sebelumnya, tapi aku diberi skill ini juga.

 Fuji-yan menunjukkan "Soul Book" nya.

”'Gal-ge Player'?”

 Ini seperti skillku dan namanya agak mirip dengan milikku.

Skill macam apa itu?

“Sepertinya aku punya kemampuan untuk membaca percakapan orang dalam bentuk tertulis. Aku juga bisa menyimpan dan melihat log percakapan.”

“Tentunya banyak gal 
game yang memiliki fitur seperti itu.”

"Aku diberitahu bahwa ini adalah skill unik lain yang unik untuk para otherworlder... tapi sangat memalukan bagi orang untuk mengetahui nama dari skill ini..."

 Ya, memang.

“'RPG Player'ku mirip. Apakah ini jenis skill yang kau dapatkan saat menyukai game?”

"Aku penasaran. Bagaimanapun, karena semua skill ini tidak berguna dalam pertempuran, aku akan menjadi seorang pedagang."

"Oh begitu. Kedengarannya masuk akal.”

 Memang, itu adalah skill yang sepertinya cocok untuk pedagang.

“Skill Takki-dono mungkin lebih kuat dari yang kupikirkan saat kau menggunakannya!”

"Aku tidak yakin."

 Melihat reaksi Kepala Pendeta dan para sister, kurasa skillku gagal. Huh……...

 Kebetulan, aku diberi tahu mengapa pendeta mengatakan bahwa para otherworlder itu kuat.

 Tampaknya ada saat-saat di masa lalu ketika para otherworlder berkelana ke dunia ini, dan mereka semua memiliki status dan skill yang kuat. Dengan kata lain, ini adalah pencapaian masa lalu.

"Mengapa statusku, yang sama-sama otherworlder, satu-satunya yang lemah?"

 Kemudian, saat sister lewat, aku bertanya tentang hal itu. Teman sekelasku memiliki status sepuluh kali lebih kuat daripada orang-orang di dunia ini.

 Aku sekitar sepertiga dari rata-rata orang. Itu terlalu lemah……..

“Baiklah tentang itu…….. Mungkin, tapi Takatsuki-san sangat lemah saat kau datang ke dunia ini. Dari semua temanmu yang bertransisi denganmu, kau adalah yang terlemah, jadi itu mungkin memengaruhimu ketika kau diberi status."

“Apa aku benar-benar lemah?”

"Jantungmu telah berhenti berdetak untuk beberapa saat. Aku berhasil menghidupkannya kembali dengan sihir pendetaku."

"…. Aku minta maaf atas ketidaknyamanannya."

 Situasinya lebih buruk dari yang kubayangkan.

 Kukira itu karena aku telah bermain game sepanjang waktu dan belum melatih tubuhku.

 Para sister merekomendasikan agar aku belajar di kuil air tempatku berada untuk sementara waktu.

 Teman-teman sekelasku memiliki skill yang lebih kuat daripada instruktur di kuil suci, jadi kelas khusus didirikan.

 Aku di kelas umum karena skill dan statusku tidak cukup kuat. Ini menyedihkan.

 Apakah aku satu-satunya yang tingkat kesulitannya terlalu tidak seimbang?

 –Dunia lain, sialan……..

 Aku menghela nafas dengan keras.



“Hei, Takatsuki-kun. Kau sudah bangun. "

 Aku sendirian dan dalam kebingungan ketika aku didekati.

 Seorang pria segar dan tampan dengan seorang wanita cantik di kedua sisinya ada di depanku. Yah, dia teman sekelasku.

 - Sakurai Ryosuke.

 Dia adalah pusat kelas dan ace tim sepak bola di tahun pertamanya. Dia tidak pernah kehabisan wanita. Memang pria yang sempurna dari segala arah.

“Sakurai-kun, ya? Aku bersyukur untuk itu."

“Senang mendengarnya. Aku khawatir ketika aku mendengar kau tidak mudah bangun."

“Uh, terima kasih untuk itu.”

 Sejujurnya, aku tidak menyukainya. Dia seseorang yang berada di ujung spektrum dariku.

“Apakah kau sudah mendengar tentang status dan skillnya?”

"Yah, semacam itu."

 Aku memberi tahu mereka secara singkat tentang skillku. Dia juga memberi tahu mereka tentang skillnya.

 Sakurai-kun memiliki skill 'Light Hero'.

 Kudengar dua gadis di belakangnya memiliki skill 'Sage' dan skill 'Holy Knight'.

 Dilihat dari namanya, kurasa mereka semua adalah pemenang.

"Takatsuki-kun, ngomong-ngomong, apa kau ingin bergabung dengan party kami?"

"Apa?"

 Tiba-tiba apa?

“Apa, Takatsuki-kun?” Itu Eri Kawamoto, di sebelahnya, berkata padaku.

“Menurutku party lain akan lebih baik untuk Takatsuki-kun, bukan begitu?”

 Gadis lainnya adalah Saki Yokoyama. Mereka adalah gadis tercantik di kelas kami.

“Sejujurnya, kami berangkat besok. Aku telah menjangkau banyak orang."

“Apa, besok? Bukankah kau lebih awal?"

 Bukankah kami semua seharusnya berlatih di sini?

“Ryosuke adalah 'Light Hero' jadi dia tidak perlu dilatih.”

"Dia dinominasikan sebagai Komandan Ksatria Negara Matahari."

 Kawamoto dan Yokoyama terpesona membicarakannya.

“Apakah kau ingin bergabung dengan kami, Takatsuki-kun?”

 Sakurai-kun berkata dengan cepat. Undangan ke party, ya?

“Hanya ada orang asing di sekitar, dan kupikir kita harus membantu satu sama lain."

 Sakurai-kun berkata dengan senyum polos.

"Hmm," pikirku.

 Itu tidak buruk? Tidak, tunggu.

 Biarpun aku mengikuti Sakurai-kun dan yang lainnya sekarang, satu-satunya hal yang bisa kulakukan sekarang adalah membawa barang bawaan mereka.

 Jika kau tidak pandai dalam hal itu, kau akan menjadi budak, jika bukan pelayan, maka kau pasti akan menjadi bawahan.

 Sakurai-kun adalah pria yang baik, jadi dia tidak akan melakukan apapun seperti para pelayan, tapi dua wanita cantik di kedua sisinya menatapku dan berkata (cepat dan tolak) dengan mata mereka.

“Terima kasih atas tawarannya, tapi aku akan berlatih di Kuil Air sebentar,”

"Aku turut berduka mendengarnya."


TLN : im sorry to hear that... Gak tau yang ngomong siapa ini... awkoakwo....


 'Sayang sekali,' kata Sakurai-kun, terlihat sangat kecewa.

“Jika Takatsuki-kun berkata begitu, mau bagaimana lagi, bukan? Oh itu benar. Mengapa kau tidak mengajarinya ilmu pedang, Saki? Tetap di sini sebentar.”

 Kawamoto-san mengatakan sesuatu yang lucu.

“Kalau begitu mungkin Eri-chan harus mengajarkan sihirnya, kan?”

 Yokoyama-san segera membalas.

“Hei, jangan konyol!”

"Kau juga."

"" Mm-hmm. ""

 Sekilas, Kawamoto-san dan Yokoyama-san tampak dekat, tapi sepertinya ada sesuatu yang sedang dipikirkan.

 Pria yang tampaknya menjadi penyebab ini tampaknya tidak memperhatikan suasana yang lembut.

"Kalau begitu, jika kau berubah pikiran, kau selalu bisa mengatakannya padaku."

 Dia tersenyum cepat dan pergi. Kawamoto-san dan Yokoyama-san diam. Mereka bahkan tidak melihatku.

 Oh, kedua gadis itu saling menatap sejenak. Kupikir aku mendengar lidah mereka berdecak. Aku takut akan pertarungan ini.

 Sakurai-kun, kuharap kau tidak akan ditusuk suatu hari nanti. Aku sedikit khawatir.

“Hai, Takatsuki.”

 Sekelompok orang lain mendekatiku beberapa saat kemudian.

“Kudengar kau memiliki skill 'Water Magic' terlemah di Tujuh Atribut?”

“Dan itu elementary, kan? Hah."

"Ini lebih tentang status. Serius, kau di bawah rata-rata.”

 Ada seorang pria genit bernama Okada yang berteman baik dengan Kitayama, dan seorang gadis bernama Kawakita. Kitayama juga ada di sana.

 Di sekolah, mereka bertiga sering nongkrong bersama. Mereka semua bersama seperti sekelompok yankee.


 -Aku tidak terlalu baik dengan mereka.

“Kau tahu, Takatsuki. Apa yang akan kau lakukan untuk hidup?”

 Okada bertanya padaku sambil menyeringai.

“Aku belum memutuskan. Dan kau, Okada?”

"Aku? Aku seorang Swordmaster! Aku akan menggunakan skill 'Great Sword: Super Grade' milikku untuk membunuh monster!"

“Aku memiliki skill yang disebut 'Great Magic'. Aku mendengar bahwa aku dapat menggunakan semua sihir tingkat lanjut dari empat atribut api, air, kayu, dan tanah! Bukankah itu luar biasa?”

 Aku tidak bertanya padamu, Kawakita-san, pikirku, tapi aku menjawab, "Bagus sekali." Jadi singkatnya, kalian membual.

“Itu bagus, kalian memiliki skill yang bisa kalian gunakan segera. Aku seorang dragon knight, jadi aku harus mulai dengan menangkap naga terbang. Ini menyebalkan."

 Kitayama tampaknya menikmati dirinya sendiri saat mengatakan ini.

”Kau juga seorang 'Spearman: High Grade' dan 'Super Speed'! Itu sebuah kemewahan!"

“Hei, beri aku tumpangan setelah kau menangkap naga terbang.”

"Oh aku mengerti."

“Hei, hei, hei, jangan memukul gadisku.”

"Aku tidak akan memukulnya!"

 Okada dan Kahoku-san berkencan? Aku tidak tahu.

 Pada akhirnya, mereka hanya bertanya sedikit tentangku, dan malah membual tentang diri mereka sendiri.

 ……..Ah, aku merasa berat.



 –Sudah sebulan sejak aku tiba di dunia lain.

 Sepertiga teman sekelasku diambil oleh seorang tokoh besar dari suatu negara atau seorang perekrut dari suatu organisasi. Orang-orang yang pergi lebih awal adalah pemegang skill super kuat seperti 'Light Hero'.

 Para perekrut tampaknya menjadi yang pertama tiba, dan berbagai orang datang menggantikan mereka.

 Saat aku mendengarkan cerita mereka, aku belajar tentang situasi benua tempat kami berada.

 Benua tempat kami berada disebut "Benua Barat" dan ada enam negara di dalamnya.

 Untuk meringkasnya secara singkat.

Negara Matahari “Highland"… negara terbesar di benua. Populasi, militer, dan kekuatan finansial semuanya berada di puncak.

Negara Api “Great Keith”…….. Setengah dari negara ini adalah gurun. Seni bela diri berkembang pesat dan ada banyak beastmen dan tentara bayaran.

Negara Air "Roses".... Ini adalah negara tempat aku berada sekarang. Pariwisata berkembang pesat. Dan pengaruh Gereja sangat kuat.

Negara Kayu "Spring Rogue"... tanah hutan. Ada banyak elf dan beastmen.

Negara Komersial "Cameron"……. Sebuah negara keuangan dan perdagangan. Ada banyak bank dan guild pedagang.

Negara Tanah “Kaliran”…… . sebuah negara bawah tanah. Ada banyak dwarf. Manufaktur senjata dan produk lainnya berkembang pesat.

 Sepertinya seperti ini. Hubungan keenam negara tersebut cukup baik. Sepertinya tidak ada perang.

 Juga, dulu ada negara yang disebut "Lafilogue", Negara Bulan, tapi sekarang telah dihancurkan.

 Teman sekelasku tersebar ke berbagai negara tergantung dari kondisi para perekrutnya. Tidak ada satupun perekrut untukku.…….. Ya, aku tahu.

 Saat ini, aku sedang mengambil kursus di "Magic Science: Elementary". Aku tidak memiliki teman sekelas dari duniaku sebelumnya. Yang mengambil kursus denganku adalah anak-anak di kelas bawah sekolah dasar.

“Takatsuki-san adalah orang baru dari dnia lain. Semuanya, harap bersikap ramah dengannya. "

"""""""Iya"""""""

 Anak-anak menanggapi dengan riang.

 Seorang siswa sma sendirian di antara siswa sekolah dasar.……… Haha, itu membuatku menangis.

“Baiklah, hari ini kita akan mempelajari atribut sihir. Ada tujuh atribut di dunia ini, dan masing-masing memiliki karakteristik ini."

 Guru wanita tua menulis penjelasan di papan tulis.

'Matahri' - Memanipulasi cahaya, petir, angin, dll.
'Bulan' - Memanipulasi kegelapan, kematian, dll.
'Api' - Memanipulasi api, panas, dll.
'Air' - Memanipulasi air, es, kabut, dll.
'Kayu' - Memanipulasi tanaman, racun, dll.
'Emas' - Memanipulasi waktu, ruang, takdir, dll.
'Tanah' - Memanipulasi tanah, batu, logam, dll.

'Masing-masing dari tujuh atribut memiliki dewi sendiri yang mengendalikannya. Kecuali bulan, enam atribut lainnya dipercaya secara luas di benua ini. Seperti yang kalian ketahui, bulan adalah atribut kegelapan dan kematian, dan atribut iblis. Jangan percaya itu. '

""""Iya.""""

“Dan tidak peduli sihir mana yang kalian gunakan, kalian harus memiliki 'mana'. Untuk menggunakan sihir yang kuat, kalian perlu menggunakan banyak mana, dan untuk melakukannya, kalian perlu menaikkan level kalian… ”

 Kursus berlanjut. Ini lebih menarik dari kelas dunia sebelumnya.

 Mari pelajari dunia ini dulu.

 –Yaaa, aku sudah datang ke dunia lain.





Tiga bulan yang lalu.

“Takki-dono. Selamat tinggal"

"Ya, Fuji-yan."

 Fuji-yan direkrut. Pihak lain bukanlah party Petualang, tapi Guild Pedagang.

 Sepertinya dia telah membuat koneksi dengan seorang pedagang yang datang ke Kuil Air. Fuji-yan tegas ya.

“Aku berniat bekerja sebagai pedagang di kota Makkaren, yang paling dekat dengan Kuil Air. Jika kau mampir, hubungi aku.

"Baiklah. Aku akan mencari Fuji-yan saat aku sampai di kota itu.”

"Kalau begitu semoga berhasil dengan pelatihanmu."

“Ya, kau juga.”

 Aku berjabat tangan dengan Fuji-yan dan kami berpisah.

 Aku tidak memiliki banyak teman sejak awal, tetapi setelah Fuji-yan pergi, aku hampir tidak memiliki kesempatan untuk berbicara dengan teman sekelasku lagi. Lebih dari separuh anggota yang ada di sana pada awalnya sudah pergi.

 Aku merasa kesepian.

"Apakah Mako-niichan telah meningkatkan teknik sihir airnya?"

 Akhir-akhir ini, aku berbicara dengan seorang anak laki-laki yang menjadi temanku ketika aku memberi tahu dia tentang duniaku sebelumnya.

 Dia tampaknya adalah anak ketiga dari seorang bangsawan di suatu tempat.

"Water Magic : Water Ball."

 Ketika aku mengucapkan kata itu, bola air seukuran softball muncul di telapak tanganku.

 Prosedur sihirnya adalah 'Generation' → 'Operation'.

 Prosedur pengaktifan bola air adalah “Generate Water” → “Water Manipulation (buat menjadi bentuk bola)”. Ini prosedur yang cukup sederhana.

 Kekuatan sihir air yang dapat dibuat bergantung pada jumlah mana sihir pengguna.

 Selain itu, dikatakan bahwa kau dapat menggunakan sihir dengan cepat jika kau melatih "kemahiran"mu dalam sihir.

 Kekuatan Sihirku ada di level pemula, jadi sangat rendah.

 Hanya itu yang bisa kulakukan untuk membuat bola air sekecil itu.

 Untungnya, kemahiran tampaknya meningkat sebanyak kau menggunakan sihir, jadi aku berlatih setiap hari.

"Wow! Tiga bulan dan kau sudah bisa melakukan sihirmu! Aku butuh waktu dua tahun untuk melakukannya, Fireball!”

 Bola api sebesar bola basket muncul di telapak tangan anak laki-laki itu.

 …Itu besar. Ini sekitar lima kali ukuranku. Membandingkannya dengan sihirku sendiri… membuatku sedih.

 Anak laki-laki itu memiliki skill 'Fire Magic: Intermediate' dan skill 'Swordsman: Intermediate', dan dia bertekad untuk menjadi seorang magic warrior.

(Aku berharap aku bisa menjadi seorang magic warrior juga. Aku tidak memiliki kemewahan menjadi hero.)

 Aku tidak memiliki skill yang berhubungan dengan warrior, dan aku tidak bisa masuk ke profesi tipe warrior.

 Aku tidak punya pilihan selain mencoba yang terbaik untuk menjadi mage.

"Ayo lakukan yang terbaik, Makoto-niichan!"

 Ya…., Kataku sambil mengangguk tegas.



 - setengah tahun telah berlalu sejak aku datang ke dunia lain.

 Beberapa perekrut datang ke kuil sekarang.

 Teman sekelas yang tersisa, termasuk aku, harus memikirkan bagaimana menangani diri kami sendiri.

 Namun, mereka memiliki skill 'Swordsman: Advanced' dan skill 'Wizard: Advanced', jadi mereka tidak harus sepesimis itu.

 …….. kecuali aku.

 Aku sedang mempelajari skill normal 'Traveler' dan 'Thief' selain berlatih sebagai mage.

 Skill normal dapat dipelajari oleh siapa saja yang mempelajarinya.

Skill “Water Magic” dan “RPG Player” disebut Skill Unik Unik dan tidak dapat dipelajari oleh siapa pun.

 Orang tersebutlah yang memutuskan skill uniknya dapat digunakan atau tidak.

Skill normal 'Traveler' berguna untuk perjalanan, seperti 'Dismantle', 'Cooking', 'First Aid' dan 'Ignite'.

Skill normal 'Thief' termasuk "Danger Detection", "Searching", "Evasion", "Escape", "Clairvoyance", dan "Listening" antara lain.

 Banyak skill yang berguna untuk mendeteksi bahaya terlebih dahulu dan kabur dari musuh.

 Ini adalah suatu keharusan bagiku, karena aku berencana untuk bekerja solo.

 Hal-hal ini menyenangkan. Ini seperti mempersiapkan perjalanan.




 –Sudah sembilan bulan sejak aku tiba di dunia lain.

 Hanya ada tiga teman sekelas yang tersisa, termasuk aku. Kami tidak mendapat kesempatan untuk bertemu satu sama lain.

 Saat aku tidak berlatih akhir-akhir ini, aku menghabiskan sebagian besar waktuku di perpustakaan. Ini adalah cara untuk mempelajari bahasa dunia ini.

 Jika aku bisa membaca, aku bisa mengerti buku-bukunya. Aku tidak tahu apa-apa tentang dunia ini.

 Aku tidak tahu apa-apa tentang sejarah dunia ini, ras, iblis, geografi, penyakit… dll.

 Dalam tiga bulan, aku harus keluar dari sini. Aku mencoba untuk menambah pengetahuanku tentang dunia ini sebanyak mungkin.

 Aku juga melakukan sedikit penelitian tentang sejarah dunia ini.

 Tahun-tahun dunia ini diukur dengan 'Kalender Keselamatan'.

 Saat ini, itu adalah tahun 1001 Kalender Keselamatan.

 Tahun 0 dari Kalender Keselamatan adalah tahun di mana Abel, sang "Juruselamat", mengalahkan Raja Iblis Agung.

 –Abel, “Juruselamat”.

 Menurut buku sejarah, dia memiliki dua skill heroik yaitu "Light Hero" dan "Thunder Hero".

 Cheater sialan. Abel, sang "Juruselamat", mendirikan kerajaan terbesar di benua itu, Highland.

 Dia mengalahkan Raja Iblis dan mendirikan negara. Dia seorang royalis dan pahlawan.

 Abel, sang penyelamat, menyelamatkan dunia, dan setelah itu, Roses, Negara Air dan Great Keith, Negara Api didirikan.

 Dengan kata lain, negara-negara tempat kami berada semuanya berusia sekitar seribu tahun. Itu relatif dangkal.

 Aku bisa belajar lebih banyak tentang sejarah seribu tahun terakhir di buku perpustakaan.

 Namun, sejarah sebelum tahun 0 dari Kalender Keselamatan hanya tersisa dalam pecahan-pecahan.

Dikatakan bahwa itu adalah waktu yang gelap ketika 'Raja Iblis Agung' menguasai benua.

 Era saat ini ada berkat 'penyelamat' yang menyelamatkannya.

 –Satu tahun telah berlalu sejak aku datang ke dunia lain.

 Semua teman sekelasku sudah lama pergi.

–Aku menjadi orang terakhir yang tersisa dari Kelas A di tahun pertama.