Light Novel Sword Art Online – Progressive Indonesia
Aria of a Starless Night - Part 6




Meskipun pertemuan tersebut tidak memiliki diskusi nyata, tampaknya masih meningkatkan moral para pemain, dan lantai 20 Labirin Lantai Pertama dipetakan dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pada sore hari setelah pertemuan, Sabtu 3 Desember, party pertama (party Diavel yang beranggotakan enam orang), menemukan pintu ganda besar di kedalaman terdalam Labyrinth. Suara sorakan mereka mencapaiku ketika aku bertempur sendirian di dekatku. 

Aku mendengar bahwa kelompok Diavel telah dengan berani membuka pintu Ruang Boss, dan melihat wajah penghuni. Pada malam hari itu, pada pertemuan lain di sekitar alun-alun air mancur Tolbana, kesatria berambut biru itu melaporkan kembali dengan bangga. 

Bosnya adalah Kobold besar, tingginya 2 meter. Namanya

«Illfang the Kobold Lord», dan senjatanya dari kategori pedang. Di sekelilingnya, ada tiga baja lapis baja, memegang kendali «Ruin Kobold Sentinels» - 

Informasi hingga saat itu persis seperti di beta. Jika aku ingat dengan benar, «Sentinel» akan muncul kembali ketika bos kehilangan salah satu dari empat bar HP-nya, berjumlah 12 «Sentinel» yang harus dihilangkan, tetapi, seperti biasa, aku tidak memiliki keberanian untuk mengatakan ini pada pertemuan. Bagaimanapun, pertarungan yang sebenarnya tidak akan terjadi dalam waktu dekat, dan karena beberapa pertempuran kepanduan akan dilakukan terlebih dahulu, ini akan segera menjadi informasi yang diketahui — itulah yang kukatakan pada diriku sendiri sebagai alasan, tetapi sesuatu yang membuktikan kekhawatiranku sama sekali tidak ada gunanya adalah ditemukan di tengah pertemuan.

Di sebuah toko NPC di sudut alun-alun, «barang yang disebutkan di atas» dijual untuk siapa yang tahu kapan. Terdiri dari tiga halaman yang diikat oleh kulit domba, itu lebih berupa pamflet daripada buku. 'Panduan Strategi Argo: Edisi Bos Lantai Pertama' — adalah judulnya. Harganya 0 Kor sejak awal. 

Tentu saja, pertemuan itu dihentikan sementara karena semua peserta membeli (atau lebih seperti mengambil) panduan dari NPC, dan membaca isinya dengan teliti.

Seperti biasa, ada sejumlah informasi yang mengesankan. Dari nama bos yang baru ditemukan hingga perkiraan HP, senjata utamanya Talwar, kecepatan senjata, seberapa banyak kerusakan yang ditimbulkannya, dan Sword Skill bos, informasi ini terdiri dari tiga halaman pertama. Halaman keempat berisi informasi tentang «Sentinel» di sekitarnya; di sana tertulis dengan jelas bahwa mereka akan POP empat kali, menjadi 12 total. 

Juga, di sampul panduan, ada satu baris teks dalam font merah terang yang belum ada pada «Argo Strategy Guide» apa pun sebelumnya sampai sekarang. Dikatakan— 

[Informasi ini berasal dari saat beta test SAO. Mungkin versi saat ini mungkin berbeda.]

Ketika aku membaca ini, aku secara refleks mengangkat kepalaku, dan melihat sekeliling plaza untuk mencari Argo. Namun, aku tidak bisa menemukan «Tikus» yang mengenakan baju kulit sederhana hari ini. Aku menundukkan kepalaku lagi, dan berbisik dengan suara kecil. 

"... Dia melakukan serangan ..." 

Garis peringatan merah ini mungkin telah menghancurkan status Argo saat ini — posisinya sebagai «Seorang informan yang hanya membeli informasi dari beta tester asli yang tidak ada yang tahu». Hampir setiap orang yang membaca ini akan mulai bertanya-tanya apakah Tikus itu sendiri adalah beta tester atau bukan. Tentu saja tidak ada bukti, tetapi kemudian, jika perselisihan antara pemain baru dan beta tester meluas ke lebih dari sekarang, tidak ada keraguan bahwa bahaya dia menjadi target utama pengaduan akan meningkat.

Tetapi di sisi lain, berkat panduan strategi ini, beberapa pertempuran kepanduan yang berbahaya dan mematikan pasti akan dihindari juga. 

Seperti kemarin, empat puluh orang aneh yang membaca panduan itu memandang ksatria berambut biru yang berdiri di tepi air mancur itu seolah-olah membiarkan pemimpin mereka memutuskan bagaimana mereka harus bereaksi. 

Diavel menundukkan kepalanya ketika dia tampaknya berpikir dan mempertimbangkan sesuatu selama beberapa lusin detik, tetapi segera dia dengan cepat berdiri tegak dan berteriak dengan suara yang dipenuhi dengan kepositifan. 

"—Semuanya, sekarang, mari kita berterima kasih atas informasi ini!"

Penonton tenggelam dalam desas-desus. Karena pidato itu memilih rekonsiliasi daripada konfrontasi dengan beta tester asli. Kupikir Kibaou akan melompat keluar lagi menggeram, tetapi kepala kaktus coklat yang muncul dan menghilang di depan kerumunan berdiri diam untuk saat ini. 

"Mengesampingkan sumbernya, berkat panduan ini, kita bisa melewatkan dua atau tiga hari pertempuran. Memang, aku pikir ini sangat membantu. Karena, pertempuran kepanduan memiliki kemungkinan menimbulkan kematian terbanyak." 

Di sana-sini di alun-alun, berbagai kepala berwarna mengangguk.

"... Jika ini benar, statistik numerik bos tidak begitu buruk. Jika SAO adalah MMO normal, maka bahkan jika level rata-rata semua orang adalah level tiga ... tidak, level lima, itu sudah cukup untuk membunuhnya, kupikir Jadi, jika kita memoles taktik kita dengan benar dan membawa banyak POT ke pertarungan, mungkin bagi kita untuk mengalahkannya tanpa kematian. Tidak, maaf, bahkan tidak. Akan ada nol kematian sepenuhnya. Aku berjanji pada harga diriku sebagai seorang knight! " 

Tepukan tangan yang keras berlanjut sebagai 'Yo, Knight-sama!' dan sorakan lainnya memenuhi udara. Fakta bahwa Diavel adalah seseorang dengan kepemimpinan yang baik adalah sesuatu yang bahkan harus diterima oleh seorang pemain solo yang pemberontak. Guild tidak bisa dibuat sampai lantai tiga, tapi pada saat itu guild penaklukan yang mengesankan mungkin akan dibuat ...

Aku merasakan berbagai tingkat kekaguman seperti ini, tetapi ketika knight itu terus berbicara, aku sedikit tersedak. 

"—Lalu, ini agak cepat, tapi aku berpikir untuk memulai pertemuan strategi penaklukan yang sebenarnya sekarang! Bagaimanapun, jika kita tidak membuat party penyerbuan, kita tidak dapat membagi tugas kita, kan? Semuanya, pertama-tama buatlah party dengan teman-teman kalian atau orang-orang di dekat kalian! " 

………Apa yang dia katakan? 

Dengan frasa tunggal yang mengingatkanku pada masa-masa selama kelas olahraga sekolah dasarku di masa lalu, aku buru-buru menghitung di kepalaku. Di SAO, satu party terdiri dari 6 orang, dan ada 44 orang di sini, jadi ... jika orang lebih mengarah pada keseimbangan, yang terbaik adalah 4 party dengan 6 anggota dan 4 partai dengan 5 anggota? Tetapi bahkan jika itu benar, jika pemimpin tidak menentukan itu ……

Pikiranku yang berkecepatan tinggi saat aku memikirkannya sambil berdiri masih tidak berguna pada akhirnya. Karena, dalam waktu kurang dari satu menit setelah arahan Diavel, tujuh party beranggotakan 6 orang dengan cepat terbentuk. Memahami bahwa knight itu ingin membuat party beranggotakan 6 orang sejak awal, bahkan Kibaou yang adalah seorang serigala betapapun kau melihatnya dan Agil yang mengeluarkan perasaan raksasa lembut menemukan lima teman dalam sekejap. Mungkin satu-satunya orang yang tidak mengatakan 'Mari bertarung bersama' benar-benar adalah aku—— 

Tidak, itu tidak benar. 

Ketika aku melihat sekeliling dengan pandangan sedih, aku menemukan pengguna rapier jubah berkerudung berdiri sendiri, danku dengan cepat mendekatinya. 

"...... Jadi kau juga ditinggalkan, ya?"

Untuk pertanyaanku yang tenang, tatapan panas dan marah diarahkan padaku dari bawah tudungnya, dan pada saat yang sama sebuah suara yang ditekan menjawab. 

"...... Bukan ditinggalkan. Semua orang di sekitarku sepertinya berteman satu sama lain, jadi aku hanya menahan diri." 

Bukankah itu berarti— 

Aku dengan bijak mencegah diriku untuk membalas seperti itu, dan sebaliknya hanya mengangguk serius dan berkata. 

"Lalu, bagaimana kalau membentuk party denganku? Sebuah serangan hingga delapan pihak; jika kita tidak melakukan itu maka kita tidak bisa bergabung." 

Tampaknya menyerang dengan cara yang sistematis seperti itu benar, karena pengguna rapier menunjukkan keraguan hanya sesaat, sebelum dia mengejek dan berkata. 

"Karena kau mengundangku, aku harus menerima."

Ekspresi kekanak-kanakan yang kompetitif yang mengatakan 'kau bertanya dulu sehingga kau membuat permintaan' yang dia berikan di sini adalah sesuatu yang telah aku lulus dari bulan sebelumnya, jadi aku mengangguk dan menyentuh kursor warnanya dalam pandanganku untuk mengirim permintaan undangan party. 

Pengguna rapier menekan OK dengan gerakan singkat, dan kemudian di sisi kiri pandanganku, pengukur HP kecil kedua muncul. 

Aku memandangi huruf-huruf alfabet pendek yang ditampilkan di bawahnya. 

【Asuna】. Itu, adalah nama pemain rapier misterius yang memiliki «Linear» . 

Kepemimpinan knight Diavel cukup bagus tidak hanya dengan pidato, tetapi juga dengan detail praktis yang lebih baik, juga.

Dia memeriksa tujuh party yang beranggotakan 6 orang, dan dengan hanya sedikit switch, membentuk tujuh party khusus dari mereka. Dua party Tank dengan baju besi yang berat. Tiga party Penyerang dengan mobilitas tinggi dan daya tembak tinggi. Dan akhirnya, dua party Dukungan senjata panjang. 

Dua pihak Tank bergantian menjadi target oleh bos Kobold Lord. Dua dari pihak penyerang yang memiliki senjata akan berkonsentrasi pada bos, sedangkan yang ketiga akan membunuh para penjaga terlebih dahulu. Pihak pendukung terutama akan menggunakan skill Delay dengan senjata jarak jauh, dan memotong serangan bos atau penjaga jika memungkinkan. 

Meskipun sederhana, rencana ini tidak memiliki banyak lubang, dan kupikir itu adalah strategi yang baik.

Sementara aku tersesat dalam kekaguman, ksatria itu akhirnya datang ke party dua orang yang tidak berguna untuk apa-apa (tentu saja, itu aku dan pengguna rapier), dan setelah tampaknya tenggelam dalam pikiran untuk sementara waktu, dia berkata dengan ramah . 

"Kalian berdua, tolong dukung Kelompok E untuk memastikan tidak ada Pengawal Kobold yang tersisa, oke?" 

Dengan kata lain, 'Jangan ikut campur dengan bos yang berkelahi dan tetap diam di belakang' adalah apa yang kurasakan artinya. Merasakan bahwa pengguna rapier, yang tampaknya bernama «Asuna», di sampingku akan memberikan respons yang tidak ramah terhadap hal itu, aku menghentikannya dengan satu tangan dan menjawab sambil tersenyum. 

"Dimengerti. Itu peran penting, serahkan pada kami." "Ya, aku mengandalkanmu."

Mengedipkan giginya yang putih, ksatria itu kembali ke air mancur. Pada saat itu, dekat dengan telinga kiriku, aku mendengar suara yang diwarnai dengan nada berbahaya. 

"... Tugas yang sangat penting. Itu akan selesai tanpa kita bisa mendaratkan satu serangan pun pada bos." 

"K-Kita tidak bisa berbuat apa-apa, kita hanya punya dua orang. Tidak ada waktu yang cukup untuk rotasi Switch dan POT." 

"... Switch? POT ...?"

Mendengar bisikan pertanyaan itu, aku sekali lagi berpikir. Pengguna rapier ini benar-benar meninggalkan Kota Pemula sebagai pemula yang lengkap tanpa pengetahuan apa pun, dan berjuang sendirian di sini. Kemungkinan besar dengan hanya lima rapier yang dibeli di toko, dan dengan hanya mengandalkan Sword Skill «Linear» -

"... Aku akan jelaskan nanti. Jika kita berbicara di sini, itu tidak akan pernah berakhir." 

Aku memperkirakan bahwa jawabannya adalah 'Tidak Perlu' dengan probabilitas lebih dari 50%, tetapi pengguna rapier tetap diam selama beberapa detik, lalu mengangguk.

Pertemuan strategi bos kedua berakhir setelah sambutan singkat oleh para pemimpin masing-masing kelompok yang ditunjuk dari A ke G dan rencana untuk bagaimana Cor dan barang yang dijatuhkan di Pertempuran Bos akan dibagi didirikan. Pengguna kapak raksasa Agil adalah pemimpin Tank Group B, dan Kibaou, yang memiliki permusuhan hebat untuk beta tester, adalah pemimpin Attacker Group E. Karena tujuan Grup E adalah untuk membunuh Pengawal Kobold, itu berarti bahwa pengguna rapier dan aku, pasangan yang tersisa, akan membantu Kibaou. Sejujurnya, dia adalah satu lawan yang aku tidak ingin terlalu dekat, tetapi dia tidak tahu bahwa aku adalah seorang beta tester— dia seharusnya tidak tahu, itu. Di samping catatan, wajah «Tikus» tidak ada di antara kelompok penggerebekan. Tentu saja, aku tidak bermaksud mengkritiknya sama sekali. Dengan «Panduan Strategi» itu, tugasnya terpenuhi dengan baik.

Untuk distribusi drop, kami mengadopsi aturan sederhana 'Cor akan secara otomatis dibagi secara merata di antara 44 anggota kelompok penyerbuan sementara setiap item akan menjadi milik orang yang menerimanya'. Dalam MMO dalam beberapa tahun terakhir, item drop biasanya akan memiliki sistem di mana roll dadu dilakukan antara orang-orang yang ingin drop dan bersaing untuk itu, tetapi untuk beberapa alasan, SAO menggunakan metode era sebelumnya, di mana item itu tiba-tiba dijatuhkan ke inventory pemain acak, dan terlebih lagi, tanpa ada orang lain yang tahu. Dengan kata lain, jika aturan «item yang dijatuhkan Bos harus digulirkan lagi» ditetapkan, maka orang dengan item yang sebenarnya harus menyerahkan item tersebut dengan memberi tahu semua orang tentang item itu sendiri. Aku juga mengalami ini berkali-kali dalam beta test, tetapi ini adalah ujian besar kemauan. Sebaliknya, pada kenyataannya,

Diavel, mungkin untuk mencegah perkembangan semacam ini, menggunakan aturan 

«Drop to Person». Ksatria-sama benar-benar tanggap. 

Pada jam 5:30 sore, pertemuan berakhir dan dibubarkan dengan pesan yang sama seperti kemarin seperti 'Ayo bekerja keras!' dan 'Ya—!', dan kemudian kelompok itu terbelah menjadi tiga dan lima, menghilang di dalam bar dan restoran. Sambil menggerakkan pundakku yang terasa sangat kaku, aku bertanya-tanya apakah kekakuan ini adalah ilusi, atau apakah tubuh asliku benar-benar tegang, meskipun tidak masalah apa pun— 

"...... Jadi, penjelasannya, di mana kita harus melakukannya?" 

… 'Apa katamu', aku bingung sejenak, lalu aku buru-buru menghadap pengguna rapier. 

"Ah, ya ... Di mana saja baik-baik saja denganku. Bagaimana dengan bar itu?"

 "…… Tidak. Aku tidak mau dilihat orang lain"

Omongan itu hampir menusukku sejenak, tapi kemudian aku membangkitkan semangatku dengan secara sewenang-wenang melengkapi bagian yang dia hilangkan sebagai «terlihat bersama dengan pemain pria» bukannya «terlihat bersama denganku», dan entah bagaimana aku berhasil dengan tenang mengangguk. 

"Lalu, bagaimana dengan rumah NPC ... tapi, seseorang mungkin masuk. Kamar penginapan bisa dikunci, tapi itu juga tidak baik, kan?" 

"Tentu saja." 

Kali ini aku mengalami kerusakan yang menusuk ringan dari kata-kata yang seperti titik rapier. Karena ini adalah dunia virtual, entah bagaimana aku bisa berbicara dengan pemain wanita, tetapi sampai satu bulan yang lalu, aku adalah siswa sekolah menengah tahun ke-2 yang keterampilan interpersonalnya sangat rendah sehingga aku bahkan kesulitan berbicara dengan adik perempuanku. Pertama-tama, bagaimana bisa aku, yang mengikuti jalan lurus seorang pemain solo, berakhir dalam situasi seperti ini? Aku mengerti bahwa aku tidak bisa tidak masuk kelompok ketika datang ke pertempuran bos, tetapi ketika aku memikirkannya dengan hati-hati, semua tujuh party lainnya adalah kelompok laki-laki saja, jadi jika aku bergabung dengan mereka maka itu akan berakhir tanpa begitu banyak mengganggu ... 

Sementara aku dengan takut-takut memikirkan hal-hal ini, pengguna rapier menghela nafas dan melanjutkan.

"... Ngomong-ngomong, sebagian besar kamar pribadi di penginapan di dunia ini bahkan tidak bisa disebut kamar. Ruang kurang dari enam tikar tatami dengan hanya tempat tidur dan meja,  biaya 5010 Kor per malam. Makan tidak terlalu penting, tetapi karena hanya tidur yang asli di sini, aku ingin tidur di kamar yang sedikit lebih baik. " 

"Eh ... Be-Benarkah?" 

Tanpa sadar aku memiringkan kepalaku. 

"Jika kau mencarinya, kau dapat menemukan kondisi perumahan yang lebih baik di suatu tempat, kan? Meskipun biayanya sedikit lebih ..." 

"Kau mengatakan 'cari,' tetapi hanya ada tiga penginapan di kota ini. Kamar-kamarnya semuanya mirip." 

Mendengar jawaban itu, aku akhirnya mengerti. 

"Ah ... begitu. Kau hanya memeriksa tempat-tempat dengan papan [INN], kan?" 

"Ya, karena… INN berarti penginapan."

"Benar, tapi di lantai bawah seperti ini di dunia ini, itu hanya berarti toko-toko di mana kau bisa tidur dengan harga termurah untuk saat ini. Ada banyak kamar lain selain di penginapan yang bisa kau sewa dengan Cor." 

Begitu aku mengatakan itu, bibir pengguna rapier itu menjadi ternganga. 

"Ap …… K-Kau seharusnya mengatakan itu sebelumnya ......" 

Merasa seperti aku akhirnya menemukan petunjuk untuk melakukan serangan balik, aku menyeringai dan segera mulai membual tentang kamar yang saat ini aku sewa. 

"Tempatku kusewa di kota ini adalah di lantai dua sebuah rumah pertanian dengan biaya 80 Cor per malam, tetapi memiliki dua kamar yang datang dengan bonus mendapatkan semua susu yang dapat kau minum, itu memiliki tempat tidur dengan pemandangan indah, dan di atas itu ada juga kamar mandi yang terpasang ... "

Aku sudah terbawa bicara, tetapi pada saat itu. 

Memperluas ke depan dengan kecepatan dewa seperti «Linear» yang telah kulihat di kedalaman Labyrinth, tangan kanan pengguna rapier meraih kerah mantel abu-abu dengan kekuatan yang sedikit saja memicu memicu Kode Pencegahan Kejahatan. Kemudian suara serak rendah berteriak dengan paksa. 

"………APA KATAMU?"