Light Novel Sword Art Online – Progressive Indonesia
Rhapsody of Crimson Heat (Part One) Chapter 1


"Panasnya!"

Itu adalah pikiran pertama yang keluar dari bibir rekan tempurku saat ini saat berteleportasi ke lantai tujuh.

"Panas sekali?!" dia mengulanginya sebagai penekanan, cemberut ke atas. Untuk alasan struktural, kami tidak dapat melihat langit biru atau matahari itu sendiri, tetapi cahaya yang memancar dari bawah lantai di atas kami tidak dapat disangkal lebih kuat di sini daripada di lantai enam.

“Seharusnya di sini tengah musim dingin… jadi kenapa panas sekali? Faktanya, ketika kita mampir sebentar tadi malam, bukankah jauh lebih dingin dari ini?” dia bertanya, berbalik ke arahku.

Aku mengangkat bahu. “Aku merasa seperti yang kusebutkan di suatu tempat dan waktu bahwa itu tergantung pada lantai tertentu apakah itu memodelkan musim dunia nyata atau tidak… Yang ini mungkin mengabaikan musim sepenuhnya. Tadi malam sejuk, tapi tidak dingin, kan?”

"Aku tahu, tapi ini tanggal 5 Januari. Rasanya seperti delapan puluh satu derajat di sini," katanya, angka yang aneh untuk dikutip. Di tempat lain di sekitar teleport square, hanya ada segelintir pemain lain, tapi tetap saja, dia bergegas ke naungan pohon berdaun lebar di tepinya, lalu membuka menu pemutarnya.

Setelah manipulasi cepat manekin peralatannya, dia melepaskan jubah merahnya. Di bawahnya ada penutup dada tipis dan rok kulit yang berhenti tepat di atas lutut.

Dengan goyangan dari rambut cokelatnya yang berkilau dan helaan napas panjang yang sama, partnerku, Asuna sang fencer level-21, menatapku dengan seringai.

“Kirito, kenapa kau tidak melepas mantel itu? Itu membuatku berkeringat hanya dengan melihatnya.”

“Eh, entahlah…” kataku sambil menatap avatarku. 

“Jubah berkerudungmu kurang lebih adalah barang kosmetik, tapi mantelku adalah sumber utama armorku… Jika aku melepas ini, aku akan kehilangan sebagian besar pertahananku.” 

"Tidak dalam keamanan kota, kau tidak akan kehilangannya." 

“Benar…”

Logikanya, dia benar, tapi ingatan akan diserang oleh seorang NPC assassin di tengah-tengah kota lantai enam masih segar dalam pikiranku. Setidaknya aku ingin tetap berada di luar ruangan dengan full equipment, tapi memang benar bahwa bagian dalam mantel hitamku meningkat pada indeks keringat.

Serangan kota adalah bagian dari peristiwa yang dipaksakan, jadi aku tidak perlu khawatir hal itu terjadi lagi, kataku pada diri sendiri, dan aku masuk ke menu untuk mengembalikan Coat of Midnight ke inventory-ku. Di baliknya, aku mengenakan penutup dada yang mirip dengan milik Asuna, kemeja tipis, dan celana panjang. Itu akan jauh lebih keren untuk dipakai—pikirku.

“Tidak banyak berubah…” gumam sang fencer itu, menatapku dari atas ke bawah. “Kupikir itu hal yang serba hitam. Itu hanya terlihat panas. Apakah kau tidak pernah merasa ingin mengenakan warna yang berbeda, Tuan Hitam?”

“N-nah… kau sendiri memakai pakaian merah sejak pertama kali aku bertemu denganmu,” bantahku.

Asuna melirik tunik merah yang dia kenakan dan mendongak dengan seringai. “Aku memakai warna lain di sana-sini.”

“Eh… begitukah…?”

“Kalau aku sedang bersantai di penginapan, ya. Tapi saat kita di luar, aku tidak punya pilihan. Aku harus memakai apa yang memberiku pertahanan terbaik.”

"Y-ya, nah, itu yang aku katakan!" Aku berdebat, tetapi sebenarnya, nomor defensif bukan satu-satunya alasanku tidak mengenakan apa pun selain hitam. Mantel utamaku adalah hadiah bonus Last Hit karena mengalahkan bos lantai satu, jadi warnanya bukan pilihanku, tapi kemeja dan celananya adalah pakaian biasa yang dibeli di toko, dan aku bisa memilih tampilan yang berbeda jika aku mau.

Secara teknis, aku dapat mengklaim alasan praktis lainnya—equipment berwarna gelap menawarkan bonus untuk Hidding—tetapi itu juga bisa menjadi bumerang, tergantung pada medan dan kecerahan. Aku telah memilih biru tua ketika aku membuat karakterku, dan aku tidak menganggap diriku selalu terpikat dengan hitam atau semacamnya. Mungkin ada hubungan dengan fakta bahwa seragam SMP ku adalah gakuran tradisional yang pengap, lengan panjang, jaket berkerah tinggi, yang membuatku merasa nyaman dalam warna gelap…

Aku sedang memikirkan topik yang sangat terlambat ini ketika Asuna menyelinap dan menepuk punggungku. “Yah, aku akan merasa aneh jika kau mulai mengenakan pakaian putih atau oranye, jadi kurasa aku akan tahan denganmu yang maunya berkeringat. Bagaimanapun, mari kita bergerak. ” 

“Bergerak… Kemana?”

“Ini pertama kalinya kita di kota ini, kan? Nah, kedua... Tapi jelas, aku sedang berbicara tentang makan siang. Apakah kau punya rekomen?”

“Ah… Mari kita lihat…”

Aku mengedipkan mata dan berbalik untuk mengamati alun-alun.

Lectio, kota utama di lantai tujuh, memiliki desain yang sangat ortodoks menurut standar Aincrad. Di tepi teleport square terdapat rumah dan toko yang dibangun dari batu, kayu, dan plester dengan gaya setengah kayu.

Berbeda dengan kota seperti permainan papan di lantai enam, Stachion, jalan menuju keluar dari alun-alun melingkar di sini rumit dan membingungkan, dan aku menghabiskan beberapa hari di luar kota ini selama beta test. Aku mencoba beberapa restoran pada waktu itu, tentu saja, tetapi ingatanku tentang itu anehnya samar.

“Lectio, Lectio… Hidangan terbaik dari Lectio adalah…”

Aku mencoba menggali ingatanku, tetapi itu terbukti sulit. Seolah-olah seseorang telah menutup pikiranku…

“Ah…”

Aku terkesiap, akhirnya menyadari mengapa ingatanku tentang tempat ini kabur.

Akulah yang menutupnya. Itu adalah tempat di mana aku mengalami kesedihan yang luar biasa.

Aku mengingat kenangan tragis itu seperti bendungan yang jebol dengan detail yang menyedihkan…

Tapi untuk saat ini, aku membiarkan itu lewat saja di depan mataku dan fokus pada pertanyaan Asuna.

“Sayangnya, tidak ada apa pun dalam versi beta yang kusebut sebagai spesialisasi hebat di sini. Untuk satu hal, Lectio bukanlah kamp utama di lantai tujuh.”

"Hah? Tapi itu kota utama, bukan?”

“Di atas kertas, ya. Bagaimanapun, aku bisa menjelaskan bagian itu nanti. Ayo kita ke restoran dulu. Umm... Kurasa yang di sana menjual seperti roti dibungkus, yang di arah sana ada seperti nasi ayam, dan yang di sana menyajikan seperti sup pedas.”

“… Apa-apaan makanan yang mengandung kata seperti, itu?” Asuna bertanya dengan curiga. Kemudian dia melanjutkannya dengan, “Ketika kau mengatakan ayam dan nasi, apakah itu gaya Jepang atau gaya Singapura?”


"Hah…? Apa bedanya…?"

“Ayam dan nasi ala Jepang seperti omurice. Ini pada dasarnya nasi goreng dengan ayam, dibumbui dengan saus tomat. Ayam dan nasi ala Singapura adalah ayam rebus yang diiris tipis di atas nasi rasa jahe. Namanya ayam Hainan, atau khao man gai,” jelasnya dengan lancar. Aku hanya menatapnya.

Ketika aku bertemu dengannya di lantai pertama, dia mengatakan hal-hal seperti "Aku tidak datang ke kota ini untuk makan makanan enak," tetapi sekarang kami telah bekerja bersama sampai ke lantai tujuh, aku bisa mengatakan dengan kepastian bahwa pengetahuan Asuna tentang makanan melebihi rata-rata pemain SAO sejauh ini. 

Aku akan berpikir itu berarti dia suka memasak makanan sebanyak dia menikmati memakannya, tetapi lima skill yang dimiliki Asuna saat ini adalah Rapiers, Light Metal Armor, Tailoring, Sprinting, dan kemungkinan besar, Two-Handed Lance. 

Masih terlalu dini untuk memiliki dua skill crafting pada saat ini, tetapi mengapa dia memilih Tailoring daripada Cooking? Dan mengapa dia mengerjakan Two-Handed Lance, sebuah skill yang hampir tidak berguna untuknya…?

Kami telah menjadi patner selama lebih dari sebulan pada saat ini, tetapi aku menydari masih ada begitu banyak hal yang tidak aku ketahui tentangnya.

“Mungkin lebih ke sisi Singapura. Aku tidak ingat apakah nasi itu beraroma jahe.”

“Kenapa kau begitu kabur dengan yang satu ini…? Bagaimanapun, mari kita pergi ke yang itu. ” 

"Kau suka Hainan gai?"

“Kau mencampurnya. Itu ayam Hainan atau khao man gai!” dia memotong. Kemudian dia menambahkan, “Bukan aku, saudaraku…keluargaku yang menyukainya. Aku hanya merasa ingin mencobanya, karena sudah lama sekali.”

"… Oh."

Aku tersenyum untuk menyembunyikan keterkejutanku. Sangat jarang bagi Asuna untuk berbicara tentang keluarga aslinya. Terakhir kali aku ingat dia melakukannya adalah di Kastil Yofel di lantai empat, ketika dia memberitahuku bahwa Natalnya di sisi lain dihabiskan untuk makan kue sendirian, menunggu ayah dan ibunya pulang.

Bagaimanapun, aku tidak punya masalah dengan ayam dan nasi untuk makanan pertama kami di lantai tujuh.

“Ayo pergi, kalau begitu. Lewat sini, nyonya,” aku menawarkan, membungkuk patuh dan menunjuk tangan ke atas ke arah yang benar. Asuna mengendus puas dan maju. Kami menuju jalan barat daya dari teleport square dan, mengikuti ingatan yang samar-samar, berbelok ke kanan sekali dan kiri sekali. Bau yang menyenangkan tergantung di daerah itu. Hidung Asuna mulai berkedut, dan dia tersenyum.

"Ya, ini memang memiliki bau ayam dan nasi yang enak."

"Hanya saja, jangan mengharapkan hal terlalu tinggi," balasku, meskipun pengukur rasa laparku juga hampir mencapai maksimum.

Irrational Cube, bos dari lantai enam, dikalahkan sekitar pukul sebelas tadi malam. Asuna dan aku menaiki tangga dari kamar bos ke lantai tujuh dan mengaktifkan teleporter di kota utama di sana, lalu kembali ke Stachion untuk mengawal para NPC Theano dan Myia pulang setelah bantuan mereka dalam pertarungan. Kami tinggal di sebuah penginapan di Stachion karena kami benar-benar kelelahan, dan aku tertidur tanpa mimpi hingga pukul sembilan pagi.

Sebagian besar pemain garis depan akan sibuk bekerja di lantai tujuh saat itu, jadi kami menghabiskan satu jam bersantai di sekitar tempat itu sebelum check out, lalu berteleportasi kembali ke Lectio melalui gerbang. Jadi melihat ke belakang, terakhir kali aku makan sesuatu sebelum memasuki menara labirin lantai enam. Dan itu hanya makan informal sandwich doner dari gerobak. Aku bahkan tidak ingat kapan terakhir kali kami duduk dan makan di meja.

Jelas dia memikirkan hal yang sama, karena kecepatan Asuna meningkat saat kami berbelok di tikungan terakhir dan datang ke restoran di sisi kanan.

Itu adalah bisnis yang sangat sederhana dengan tanda kayu bundar tergantung di atas pintu yang terbuka. Ukiran relief di papan itu bertuliskan dalam bahasa Inggris: MIN'S EATERY.

“MIN Eatery…? Apa itu restoran?” tanyaku, tidak asing dengan kata itu.

Asuna menjelaskan, “Ini seperti restoran biasa atau kafe. Tempat ini terlihat kecil… Kuharap ada meja yang kosong.”

Doanya dijawab—tidak ada seorang pun di tempat itu. Ini agak terlalu dini untuk makan siang, dan cara untuk sampai ke sini berbelit-belit dan keluar dari jalan, jadi jika aku harus menebak, aku akan mengatakan hampir tidak ada pemain yang tahu ini bahkan ada.

Istilah restoran skala kecil itu akurat: Ada enam tempat di konter dan sepasang meja untuk dua orang, tidak lebih. Kami duduk di salah satu meja, dan bahkan sebelum kami bisa melihat menu, sebuah suara dari belakang meja berteriak, “Selamat datang! Apa itu?”

"H-Hei, beri kami waktu sebentar!" Aku memprotes wanita gemuk di sana, yang kuanggap sebagai Min sendiri. Aku membuka menu kayu di atas meja sehingga kami bisa melihatnya. Sebagai aturan umum, menu dan tanda untuk toko NPC di Aincrad ditulis dalam bahasa Inggris. Pada awalnya, aku merasa sulit untuk membaca dan menguraikannya, tetapi seiring waktu kau mulai memahaminya — atau setidaknya terbiasa dengan konsepnya — dan akhir-akhir ini aku merasa hanya melirik huruf-huruf itu sudah cukup untuk memberi tahuku apa artinya. Mungkin.

Untungnya, menu lipat hanya memiliki dua hidangan pembuka, dua hidangan utama, dan empat minuman. Sekilas, makanan pembukanya tampak seperti salad dan sup, dan kedua hidangan utamanya berbahan dasar nasi. Salah satunya adalah ayam, seperti yang kuingat, dan yang lainnya tampak seperti nasi kemangi. Kedua hidangan itu empat puluh col untuk porsi besar dan tiga puluh untuk ukuran biasa. Itu adalah harga yang wajar untuk lantai tujuh, mengingat itu dimaksudkan untuk menjadi makanan ringan. Namun…

“… Nasi Kemangi? Apakah itu kemangi yang sama yang ada di pizza dan semacamnya?” “… Aku akan berasumsi begitu. Ejaannya sama,” Asuna menyetujui.

Dalam hati, aku mengeluh, “Tapi… kemangi itu hanya sehelai daun! Itu dikenakan dengan harga yang sama untuk daun dan nasi seperti yang dikenakan untuk ayam dan nasi? Itu gila!"

“Aku tidak tahu kenapa kau mengeluh padaku……… Ah!” Dia mengerjap karena terkejut, lalu tersenyum. "Aku mengerti! Aku tidak berpikir ini hanya daun di atas nasi. Itu pasti kaphrao.”

“Ka… kaprao? Pernahkah aku mendengar tentang itu sebelumnya…?” Aku bertanya-tanya.

Dia dengan sabar menjelaskan, “Aku baru saja memberi tahumu bahwa nama ayam dan nasi Singapura adalah khao man gai, bukan? Itu berasal dari Thailand. Dan dua hidangan nasi terbesar di Thailand adalah khao man gai dan kaphrao.”

“Ohhh… dan apa itu kaphrao?”

“Ini sering disebut nasi kaphrao di Jepang. Kau menggoreng ayam atau babi dengan kemangi, lalu menyajikannya dengan nasi.”

“Ohhhh… Kurasa tempat ini tidak menyajikannya selama beta test.” 

“Mungkin pemiliknya pergi belajar di Thailand sebelum game ini di rilis,” katanya dengan ekspresi yang sangat serius; Aku tidak tahu apakah dia bercanda. Asuna kemudian menghela nafas dan berkata, 

“Aku tidak bisa terus menunggu. Jika kau tidak memutuskan apa yang harus dipesan dalam lima detik ke depan, aku yang membuat keputusan.”

"Ah! T-Tunggu sebentar!” Aku berteriak, menatap dua item di menu. Apakah aku memilih ayam dan nasi yang aman? Atau menatang diri dan mencoba nasi kaphrao yang tidak dikenal? Aku membuat diriku goyah selama empat detik, sampai inspirasi muncul, 

“... Mau memesan keduanya dan membagikannya?”

“Itu ide yang bagus,” Asuna menyetujui. Kemudian dia menambahkan dengan tenang, "Buat keduanya besar."



Waktu yang dihabiskan untuk belajar di Thailand pasti sangat membantunya, karena nasi ayam Min dan nasi kaphrao tidak meninggalkan apa pun yang diinginkan. Mungkin "saus rahasia" datang dengan benar-benar kelaparan membantu, tetapi aku yakin bahwa ayam itu sama sekali tidak seperti hidangan beta test dari ayam rebus sederhana di atas nasi. Nasi kaphrao adalah rasa baru bagiku, pedas dan lezat.

Asuna dan aku menghabiskan hidangan bersama kami dalam waktu kurang dari tiga menit, mencucinya dengan teh beraroma vanilla, dan menghela nafas dengan sangat puas.

"… Hei."

"Hmm?"

“Kau bilang kota ini tidak terlalu terkenal dengan makanannya. Aku akan mengatakan ini adalah penemuan yang enak, bukan?” Asuna bertanya, mengangkat alisnya.

Aku menjawab dengan apa yang kupikirkan saat aku makan: “Itu tidak senak ini dalam beta test. Rasanya seperti... nasi kering dan dikit dengan potongan ayam yang tidak enak..."

"Tapi itu pasti nasi, kan? Bukankah ini tempat pertama di Aincrad yang kita lihat menjual hidangan nasi yang layak?”

"Oh..."

Dia mungkin benar tentang itu. Aku sudah makan bubur di kamp dark elf di lantai tiga, tapi itu lebih mirip jelai yang direbus dalam susu manis, dengan kacang dan buah kering ditaburi di atasnya. Aku tidak akan menyebutnya hidangan nasi, dengan cara apa pun.

"Kurasa kau benar," kataku. “Tapi nasi di sini adalah nasi bulir panjang, bukan? Itu bagus juga, tetapi itu tidak memberimu perasaan nasi yang enak setelah makan lengkap seperti nasi gandum pendek.”

“… Bagaimana kau tahu tentang beras berbutir panjang dan berbutir pendek tetapi belum pernah mendengar tentang khao man gai dan kaphrao?” Asuna bertanya tidak percaya.

“Uhhh… karena aku pergi field trip di sekolah dasar untuk mencoba menanam padi di sawah…?”

“Ohhh, enkaknya. Kami tidak bisa melakukan itu… Meskipun aku pernah menangkap serangga di sawah,” kata Asuna sambil tersenyum. Dia dengan cepat menenangkan diri dan berdeham, merasa seperti dia telah berbicara terlalu banyak tentang dunia nyata.

“Bagaimanapun,” lanjutnya, “ini benar-benar enak. Terima kasih telah menunjukkanku ke tempat yang indah ini.”

“S-Sama-sama. Bukannya kita sedang merayakan makanan Tahun Baru.”

“Pertama-tama, ini sudah 5 Januari, dan di luar panas terik. Mereka bisa menyajikan hidangan tradisional Tahun Baru di sini, dan rasanya tetap tidak enak,” katanya sambil mengangkat bahu, menghabiskan es tehnya dan melihat ke luar jendela. Interiornya memiliki ventilasi yang baik, jadi cukup sejuk, tetapi sinar matahari yang membanjiri jendela siang hari sama penuhnya dan menyesakkan seperti hari di tengah musim panas.

Karena beta test telah dilakukan pada bulan Agustus, setiap lantai terasa hangat dan panas, tetapi tidak ada yang terlalu buruk sehingga terasa tidak nyaman. Mungkin panas dari lantai tujuh telah meningkat, seperti rasa ayam dan nasi di sini. Jika demikian, mengingat betapa tidak menyenangkannya bagi Asuna dan aku dengan light armor kami, itu akan menjadi neraka bagi para pemain tank yang mengenakan full metal plate armor. Hal yang sama dapat dikatakan untuk para dark elf, yang tampaknya tidak menikmati panas.

Asuna memikirkan hal yang sama. "Kuharap Kizmel baik-baik saja," gumamnya.

“Hmm… Yah, mungkin panas di sini, tapi ada banyak tanaman hijau dan air. Kurasa dia tidak akan mendapat banyak masalah seperti di gurun berdebu di lantai enam,” aku menjelaskan.

Sang fencer itu tampak terkejut dengan komentarku. “Tidak, aku tidak berbicara tentang panas. Maksudku tentang kuncinya.”

“… Oh, b-benar.”

Itu seharusnya menjadi perhatian utama.

Asuna dan aku berada di tengah-tengah Quest "Elf War", di sisi dark elf. Kami membantu Kizmel, ksatria Lyusula, dengan urutan yang membuat kami memulihkan salah satu sacred key di setiap lantai. Kami menemukan Jade Key di lantai tiga, Lapis Key di lantai empat, Amber Key di lantai lima, dan Agate Key di lantai enam, dengan dua yang tersisa. Tapi kejadian tak terduga telah menyebabkan keempat sacred key jatuh ke tangan Kysarah, ajudan musuh Fallen Elf.

Masalah besar adalah bahwa itu tidak mungkin menjadi bagian dari cerita quest yang telah diprogram sebelumnya.

Ada sekelompok player-killer di luar sana di Aincrad, dipimpin oleh seorang pria misterius dengan ponco hitam. Pada titik tertentu, mereka bergabung dengan Fallen dan membantu mencuri kunci. Keenam kunci dapat dipulihkan dalam beta test, tetapi kami baru saja kehilangan semuanya di tengah jalan. Ini tidak mungkin menjadi bagian dari cerita questline asli, karena itu terjadi melalui campur tangan pemain lain.

Kami berpisah dengan Kizmel tepat setelah itu terjadi di lantai enam. Kysarah menghancurkan pedang favoritnya, tapi aku menawarkannya Pedang Elven Stout sebagai pengganti—itu adalah senjata cadanganku—jadi aku ingin percaya bahwa hubungan kami tidak terputus secara permanen. Tapi Kizmel harus melapor ke high priest dark elf atau tokoh penting lainnya untuk menjelaskan bagaimana dia kehilangan sacred key mereka. Ada harga yang harus dibayar untuk kegagalannya.

Berharap untuk menghibur Asuna, aku melakukan yang terbaik untuk mengucapkannya dengan keras dan jelas. “Ingat apa yang Kizmel katakan saat kita meninggalkannya? Aku adalah salah satu Ksatria Pagoda kerajaan milik ratu sendiri. Hanya Yang Mulia dan komandan ksatria yang berhak me rebook diriku secara resmi. Aku yakin dia akan baik-baik saja. Begitu kita memulai chapter selanjutnya dari quest di lantai ini, kita akan segera bertemu dengannya.”

"… Rebuke." "Apa?"

“Itu Rebuke, bukan rebook. Itu artinya menghukum seseorang karena kegagalannya,” Asuna menjelaskan, kekhawatirannya digantikan oleh kekesalan. Dia menghela napas dan menatap mataku. "Ya kau benar. Jika aku punya cukup waktu untuk duduk-duduk sambil murung, akan lebih baik dihabiskan untuk melakukan sesuatu. Sekarang kita sudah kenyang, bisakah kita mulai dari lantai tujuh?”

Patner sementaraku mengulurkan kepalannya ke seberang meja. Aku tersenyum. “Tentunya. Namun, hal pertama yang pertama — kita harus mengupgrade equipment kita. ” Aku membalas kepalannya, dan kami berdiri.