Light Novel Sword Art Online – Progressive Indonesia
Canon of the Golden Rule (End) Part 10-2

 

Setelah kami selesai di pemandian air panas dan bertemu di ruang santai, saat itu pukul dua. Kami berempat meminum segelas air dingin bersama-sama, lalu menuju perpustakaan di lantai tiga sayap timur kastil. Saat aku berjalan di belakang pemandu kami, Kizmel, dan Myia, yang telah mengenakan masker gasnya lagi, aku menyadari aku dipenuhi dengan kegembiraan dan kekhawatiran.


Jika kami mendapat informasi baru tentang iron key, itu bisa mendorong kami maju dalam quest yang terhenti ini. Tapi aku cukup yakin bahwa pendongeng yang disebutkan Kizmel tidak lain adalah Bouhroum, lelaki tua eksentrik yang kutemui di lingkar luar gunung tadi pagi. Aku tidak membenci pak tua yang suka steak, tetapi aku masih tidak tahu bagaimana menggunakan skill Awakening — sebenarnya bukan skill tetapi mod untuk skill Meditation — yang telah membuatku bekerja keras untuk mendapatkannya, dan dia juga tidak memberiku satu gigitan pun steak hamburg. Aku kesulitan membayangkan dia memberi kami jawaban yang jujur ​​tentang kuncinya. 

Dan di atas semua itu, bagaimana aku harus bersikap di sekitarnya saat kami bertemu dengannya di perpustakaan? 

"Hei, Kirito," kata Asuna pelan di telingaku. Aku segera melihat ke arahnya. 

“A… Ada apa?”

“Kapan menurutmu Qusack akan kembali?” 

“Oh…” 

Sampai dia mengatakan itu, aku benar-benar lupa tentang kelompok pemain lainnya. Mataku mengembara sejenak. “Um… mereka bilang akan pergi untuk misi 'Agate Key' hari ini, jadi mungkin akan terlambat sampai malam ini… tidak, tunggu. Mereka tidak dapat mengambil jalan pintas melintasi Danau Talpha, jadi mereka harus pergi dari daerah barat laut tempat kami berada, berlawanan arah jarum jam, melalui barat lalu ke selatan. Itu perjalanan yang panjang… Kurasa mereka akan bermalam di Goskai di ujung selatan, lalu akan kembali besok sore.” 

"Begitu. Jadi itu tidak akan terjadi pada Myia sampai saat itu."

Akhirnya, aku mengerti apa yang Asuna khawatirkan. Kami bisa menjelaskan kehadiran Kizmel karena dia adalah NPC pengawal kami untuk questline "Perang Elf". Tapi jelas tidak normal bagi NPC manusia untuk berkumpul di Kastil Galey. Aku bisa dengan mudah membayangkan, dengan statusnya sebagai ahli dalam quest, bahwa Gindo akan menanyakan segala macam pertanyaan untuk memuaskan rasa ingin tahunya. 

"Hmm... Yah, kurasa kita harus membuat cerita yang sepertinya cukup alami..." gumamku. 

Tapi Asuna mengerutkan kening. "Aku tidak ingin berbohong kepada orang-orang yang benar-benar menjalankan misi mereka dengan serius, tetapi jika mereka mengetahui bahwa quest 'Kutukan Stachion' masih berlangsung, mereka pasti akan penasaran tentang itu."

“Dan jika keadaan menjadi berantakan, mereka mungkin akan menjadi sasaran para fallen elf juga. Pencuri Tidak Dikenal di Stachion jelas lebih tangguh daripada tentara fallen elf yang kita tangani dalam misi kampanye 'Perang Elf', dan jika mereka menggunakan jarum kelumpuhan, mereka bahkan lebih mematikan. 
Tergantung pada situasinya, kita mungkin ingin meninggalkan kastil sebelum mereka kembali besok… ” 

Di sisi lain, kami membutuhkan tujuan sebelum kami pergi. Tanpa tahu tentang keberadaan atau tujuan Theano saat ini, satu-satunya harapan kami adalah pengetahuan Bouhroum dan penilaian item. 

Sesaat kemudian, Kizmel berbalik, jubah panjangnya berputar-putar. “Ini perpustakaan. Pendongeng pasti didalam… ”

Dia membuka pintu yang berat di sana, di sisi kiri lorong. Aroma datang membanjiri pintu, seperti materi tanaman kering tapi bukannya tidak menyenangkan sama sekali. 

Di luar ambang pintu ada ruangan yang sangat luas yang dipenuhi dengan rak buku besar yang membentang sampai ke langit-langit. Aku pernah membayangkan perpustakaan seperti perpustakaan di sekolah, tetapi karpet merah tua di sepanjang lorong dan lukisan cat minyak besar di dinding bahkan lebih mewah daripada dekorasi di rumah rahasia Pithagrus. Aku mengulurkan tangan ke salah satu rak buku yang dipoles dan didekorasi dengan sangat baik untuk melepas salah satu buku bersampul kulit, tetapi seperti biasa, isinya adalah milik teks dari suatu negara Eropa dan sama sekali tidak terbaca olehku.

Aku mengembalikan buku itu dan bergegas mengejar Kizmel. Kami melakukan satu-delapan puluh di sekitar satu lorong dan menemukan ruang terbuka berukuran kecil di depan dengan meja, sofa, dan kursi istirahat besar. Ruangan itu tampak kosong pada awalnya, tetapi ketika kami mendekat, aku perhatikan bahwa kursi, yang mengarah ke dinding jauh, mengeluarkan suara yang aneh. 

Kizmel dan Myia berhenti, jadi aku melewati mereka untuk melihat apa yang ada di kursi santai. Tidur nyenyak adalah seorang lelaki tua dengan jubah hitam, topi hitam, janggut putih panjang, dan kacamata bundar kecil di hidungnya: tidak lain adalah Bouhroum, dengan gaya sang sage. 

“Yah… sepertinya pendongeng sedang beristirahat sekarang. Jadi apa yang harus kita lakukan…?" Kizmel bertanya-tanya, tampak gelisah. Aku menatapnya sekilas, lalu meraih sandaran kursi santai dan mulai menggoyangkan maju mundur.

“Whaaaa— ?! Apa itu?! Apa yang terjadi?!" teriak pak tua itu seketika, melompat ke atas. Dia kemudian melihatku, kacamatanya miring, dan berteriak lagi. “Ka-Kau! Bocah kentang! Mengapa kau di sini?! Sudah kubilang — kau tidak bisa mendapatkan fricatelle-ku!” 

Seorang NPC, tidur di tempat kerja. Kecewa, aku berkata padanya, “Aku bukan 'bocah kentang' — namaku Kirito. Dan aku di sini bukan untuk makan fricatelle. " 

“Hrmm…?” Pak tua itu bersenandung, memperbaiki kacamatanya. Dia melihat sekeliling dan akhirnya menyadari Kizmel, Asuna, dan Myia berdiri di belakangku. Dia segera melompat ke atas kakinya yang gesit, mengusap janggut panjangnya ke tempatnya dan berdehem. 

“Ahem! Ahhh-hem! Ksatria Lyusula yang cantik dan pendekar pedang manusia, bagaimana orang tua ini bisa membantumu?”

Wow, itu sambutan yang berbeda dari yang kuterima, aku tidak bisa mengabaikannya. Karena para wanita terlalu terkejut untuk menanggapi, aku memutuskan untuk mengambil mantel itu. 

“Kami datang karena kami membutuhkan bantuanmu untuk sesuatu, Kakek Bouhroum. Aku berharap kau bisa memberi tahu kami beberapa hal." 

Aku menjelaskan pertemuan pagi kami dalam bentuk sesingkat mungkin, menutupi ruang rahasia dan steak hamburg, lalu masuk ke inventaris permainanku untuk mengeluarkan salah satu iron key ku. Aku menggantungnya di depan mata pak tua itu dan bertanya, "Kakek, tahukah kau untuk apa kunci ini?" 

“Hmm…?” Bouhroum mengambil kunci itu, mengamatinya dengan cermat, lalu memiringkan topi runcingnya ke kanan. "Nah, sekarang... tampaknya ada jimat aneh yang ditempatkan di atasnya, tapi aku tidak mengenalinya."

"Li-Lihat lebih dekat. Kaulah satu-satunya harapan kami sekarang, Kakek... maksudku, Master Sage." 

"Ah, jadi kau langsung menjilatku dengan 'Master Sage' ketika kau membutuhkan sesuatu," gumam pak tua itu, beristirahat di kursi santainya lagi. Dia melirik ke wanita, yang masih terlihat terpana, dan menunjuk ke sofa dengan tangan keriput. “Ah, maafkan aku karena membuat kalian tetap berdiri. Silahkan, nona muda, silakan duduk. Ada teh dan beberapa cangkir di atas meja itu, nak, jadi pergi dan ambillah." 

Aku memutuskan untuk menelan keluhanku dan pergi ke meja. Jika aku harus menggilingnya dari daun utuh, itu di luar kemampuanku, tetapi untungnya, pot kaca besar itu sudah penuh dengan cairan berwarna coklat kemerahanAku meletakkan keempat cangkir di atas nampan perak dan dengan hati-hati menuangkan tehnya, lalu membawanya ke meja rendah.

Aku meletakkan masing-masing satu cangkir di depan para wanita di sofa tiga bantal dan mulai mengangkat cangkir keempat ke bibirku ketika sebuah tangan terulur dari kursi santai dan menyambarnya. Pak tua itu menyesap tehnya dengan ribut dan mendongak dari kunci yang tergantung ke wajahku. 

"Kalian memiliki satu sama lain yang ini, bukan?" dia menggerutu. “Uh, yeah… Bagaimana kau bisa tahu?” 

Aku hampir ingin mengatakan bahwa menurutku dia hanyalah pak tua yang suka steak. Di atas sofa, Myia diam-diam menarik kunci lain dari bajunya dan mengulurkannya, hanya kesunyian yang terpancar dari masker gasnya. Pak tua itu mengambilnya dan membiarkannya menggantung sehingga dia bisa memeriksanya. 

“Hrmm, hrmm…”

Bouhroum mengembalikan cangkir tehnya ke meja dan memindahkan kuncinya lebih dekat ke milikku. Dering bernada tinggi bergema dari langit-langit perpustakaan yang tinggi, dan setiap kali kunci itu berhadapan langsung, mereka bergetar seolah-olah hidup. Pak tua itu menekan tombol-tombol itu lebih dekat. 

Kau tahu, kurasa kita tidak pernah benar-benar menyatukan kunci. Yang lucu, karena biasanya benda-benda ini tidak mengambil bentuk aslinya sampai kau menggabungkannya… 

Tidak lama setelah pikiran itu muncul di benakku, datanglah kilatan perak dan bzak!! suara. Kunci-kunci itu meluncur dari tangan kami dan menghantam dinding dan rak buku. 

Baik aku maupun wanita lainnya tidak dapat bereaksi saat ini. Satu-satunya suara datang dari Bouhroum sendiri. 

“Fwaaah ?!”

“Hei, kaulah yang melakukannya!” Aku berteriak, akan mencari kunci yang lepas dari tanganku. Aku melihatnya menghantam dinding dan memantul, tapi setelah itu… Mungkin di sekitar meja teh di pojok… 

“Ah… ketemu.” Tali itu tersangkut di poci teh yang tinggi. Kunci lainnya terbang menuju rak buku, dan Asuna bangkit untuk mengambilnya dari antara rak. Dia memberikannya kembali pada Myia, dan kemudian, setelah tampaknya menyesuaikan dengan kepribadian Bouhroum, akhirnya memanggilnya dengan caranya yang biasa. 

"Tuan. Bouhroum… apa yang baru saja terjadi? Sepertinya kunci-kunci itu saling menjauh…” 

“Ah ya… Itu karena memang begitu. Ada jimat kuat yang ditempatkan pada tuts yang mencegah mereka melakukan kontak. "

“Ditempatkan di…?” Aku bertanya. “Dengan kata lain, itu belum ada sampai seseorang memberikan mantra pada kuncinya?” 

“Yah, jelas sekali,” katanya, sekitar tiga kali lebih kasar bagiku daripada saat dia ke Asuna. 

Tidak terpengaruh, aku menekan, “Siapa yang akan melakukan hal seperti itu? Dan mengapa?"

“Kenapa kau mengharapkanku mengetahui hal itu?” dia mendengus, marah. 

Berikutnya, giliran Kizmel: “Tapi, Pendongeng, kau dikatakan salah satu pemikir terbesar di seluruh Lyusula. Apakah kau tidak memiliki potongan, firasat apa pun? Kami akan mengambil petunjuk apa pun yang bisa kami dapatkan saat ini." 

“Aku memang bisa melakukan itu,” Bouhroum mengakui. Dia memelototi kunci di tanganku. “Dari apa yang kulihat, kedua kunci itu awalnya dimaksudkan untuk digabungkan sebelum digunakan. Kepala dan gigi tuts diukir agar sejajar dengan sempurna." 

"Hah? Benarkah…?"

Aku melihat bolak-balik dari kunciku ke Myia's, tetapi aku tidak tahu dari penampilan mereka. Dan aku tidak bisa mengujinya, karena mereka akan menjauh satu sama lain. Tapi aku juga tidak bisa membayangkan bahwa sage gadungan ini hanya akan mengeluakan sesuatu apa yang ada di kepalanya, jadi aku berasumsi bahwa firasatku soal mereka yang bergabung untuk mengambil bentuk aslinya sebenarnya tidak jauh dari sasaran. 

Dalam hal ini, jika kami dapat membatalkan jimat pada kunci dan menggabungkannya, kami mungkin mendapatkan petunjuk atau sedikit informasi baru. 

"Batalkan jimatnya, Kakek," kataku segera. Dia memelototiku. 

"Hal itu tidak sesederhana itu. Aku baru saja memberitahumu itu adalah jimat yang kuat... Aku curiga hanya orang yang menempatkan jimat ini yang dapat membatalkan efeknya."

“Aww… lalu beri tahu kami siapa yang meletakkan—”

"Kaaaah!" bentaknya, suara familiar yang kudengar beberapa kali selama pelatihan Kebangkitan. Tanpa turun dari kursi, dia mengacungkan tinju ke arahku. “Hanya karena aku sage nan agung tidak berarti aku tahu segalanya! Aku sudah memberitahumu semua yang aku tahu tentang kunci itu!" 

Maksudnya kau tidak tahu apa-apa kan, aku membentak di pikiran terdalamku. Sekali lagi, aku mempertimbangkan kuncinya. Bahkan 
kebijaksanaan Bouhroum tidak memberi kami banyak wawasan baru, tapi di sisi lain… tanpa campur tangan Morte dalam membunuh Cylon, ini bukanlah item yang secara resmi dimaksudkan untuk jatuh ke tangan pemain. Jadi aku tidak bisa mengeluh terlalu banyak tentang kurangnya penjelasan.

Mudah-mudahan, pak tua itu setidaknya bisa memenuhi itu dengan topik lain yang ingin kami dengar — tetapi itu masih harus dilihat

"Ngomong-ngomong, Kakek... kami ingin bertanya tentang naga jahat bernama Shmargor..." 










Sepuluh menit kemudian, aku meninggalkan perpustakaan sendirian. Asuna, Kizmel, dan Myia tetap tinggal untuk berlatih di bawah pak tua itu. 

Misi kami untuk menanyakan tentang cara untuk menangkal jarum beracun elf yang jatuh berhasil, jika dalam bentuk yang berbeda dari yang kuperkirakan. Bouhroum tidak tahu cara membuat Perisai Platinum yang seharusnya digunakan oleh pahlawan kuno Selm untuk melindungi Kuku Shmargor, tapi dia bisa menyarankan cara pengganti untuk mengetahui. Faktanya, melalui penggunaan Skill Meditation. 

Pelatihan Meditation tidak sesulit memecahkan batu untuk Martial Art. Yang harus kau lakukan hanyalah menahan pose yang mengaktifkan skill selama satu jam terus menerus. Dalam versi beta, tempat duduk itu berada di atas pilar dengan lebar tidak lebih dari lima belas sentimeter, jadi sulit untuk memahaminya. 

Tapi kali ini, ketika para wanita menyarankan untuk mempelajari skill tersebut,

Metode pelatihan Bouhroum adalah diam selama satu jam di atas beberapa bantal lembut dan kotor di lantai. Aku tidak bisa menahan teriakan tentang yang satu itu. Tapi tidak ada gunanya mengomel tentang bagaimana "beta itu berbeda". Aku ingin mengamati latihan alternatif ini, tapi Asuna menendangku keluar ruangan, mengklaim kalau itu memalukan kalau aku menonton. 

Memang, memegang pose meditasi seperti Zen tidak terlalu glamor atau imut, tetapi jika kau ingin menggunakannya dalam pertempuran, kau harus melakukan pose itu, terlepas dari lokasinya. Aku mengatakan kepadanya bahwa dia harus terbiasa dengan gagasan orang-orang menonton, tetapi dia menutupku dan mengeluarkanku dari perpustakaan.

Setidaknya aku tahu, dengan pengaturan yang nyaman, bahwa ketiganya seharusnya lulus ujian pada percobaan pertama. Tampaknya belum pernah terjadi sebelumnya bahwa NPC dapat mengambil Skill Tambahan, tetapi standar untuk mengejutkanku telah meningkat pesat selama beberapa hari terakhir. Tidak ada yang akan benar-benar mengejutkanku lagi kecuali kau memberi tahuku bahwa, katakanlah, Kizmel dan Myia sebenarnya dikendalikan oleh pemain manusia. 

Tapi cukup tentang itu. Aku menggelengkan kepalaku untuk mengenyahkannya dan menuju jendela di sisi selatan lorong. Saat itu masih sebelum pukul tiga, artinya sinar matahari yang memenuhi halaman Kastil Galey tumbuh hanya dalam warna emas samar, tapi masih ada waktu sampai matahari terbenam. Aku ingin memanfaatkan waktu ekstra ini dengan baik, tetapi aku tidak ingin
pergi menggiling di luar kastil, jika Asuna melihat batang HPku turun, dia akan terganggu oleh itu. 

“Jadi pilihanku adalah… tidur siang atau camilan…” 

Tiga detik kemudian, aku memutuskan untuk ngemil. Toko camilan manis agak sepi, tetapi aku mungkin bisa menemukan sesuatu yang enak jika aku pergi ke ruang makan. 

Aku berjalan ke barat menyusuri aula dan pergi ke lantai dua gedung tengah. Ruang makan cukup kosong, karena ini bukan waktu makan, tetapi ketika aku duduk di sofa di sepanjang dinding, seorang pelayan langsung mendekat. Aku meminta daftar makanan penutup, lalu memilih kue tar kastanye dan kenari dan teh herbal.

Tart itu mewah, dengan chestnut rebus manis, kenari wangi yang dimasak, dan setumpuk krim manis yang lembut, dan dengan cepat menghilang ke perut virtualku. Aku menyesap teh asam dan sedang mempertimbangkan untuk memesan lagi ketika keinginan kuat untuk tidur menghantamku seperti satu ton batu bata. 

Tiba-tiba, aku teringat bahwa aku memaksa diriku bangun pada pukul dua pagi, pergi menjelajahi sekitar tepi kastil, dan menyelesaikan pelatihan Awakening Bouhroum di kamar kecilnya yang tersembunyi. Kemudian aku berbaris menuju Stachion dan kembali tidak lama kemudian. Setelah jadwal padat itu, tidak heran jika duduk di sofa yang nyaman dan makan sepotong kue membuatku mengantuk. Aku mencoba melawan, tapi beban di kelopak mataku bertambah cepat setiap kali kedipan.

Akan ada tiga puluh... tidak, empat puluh menit lagi sampai pelatihan meditation mereka selesai. Tentunya aku diizinkan untuk sedikit tidur siang sampai saat itu. Jika ini adalah restoran di dunia nyata, seorang pelayan yang keras akan bertanya apakah aku menginginkan yang lain, tapi pastinya pelayan dark elf akan cukup baik untuk membiarkanku tidur…… 








Tang… Tang… Tang. 


Suara bel yang tajam menarikku dari tidur nyenyakku. 

Aku tegang pada awalnya, lalu menyadari bahwa itu hanya Qusack yang kembali dari quest mereka. Aku membayangkan itu akan terjadi besok, tetapi mungkin mereka hanya terburu-buru melalui tangga tanpa berhenti atau melihat sekitaran di sepanjang jalan.

Di sana aku duduk, merenungkan gagasan itu dengan mata tertutup, setengah tertidur — ketika tiba-tiba kecepatan dan intensitas dering melonjak: 


Tang-Tang-Tang-Tang-Tang !!