Light Novel Sword Art Online – Progressive Indonesia
Canon of the Golden Rule (End) Part 10-1



Sayangnya, Kami tidak menemukan Theano di bawah rumah lord. 

Dan dia bukan satu-satunya yang kami lewatkan. Ada sesuatu yang lain — bukan orang tetapi sebuah objek — yang sangat penting tetapi hilang dari gedung itu. 

Karena Lord Cylon telah meninggal — atau hilang, kata resmi untuk saat ini — sebagian besar pelayan telah pergi, dan rumah besar itu menyambut kami dalam keadaan diam yang sunyi. Rombongan kami berempat menuju pertama ke pintu masuk penjara bawah tanah di lantai bawah tanah kedua, tetapi Theano tidak ada di sana, dan pintu marmer tertutup rapat, jadi kami pergi keluar untuk mencari Terro sang tukang kebun.

Ketika kami menemukannya di sudut halaman, Terro menolak menjawab pertanyaan kami, mengklaim dia tidak tahu atau mengerti — dan tidak jelas apakah dia ingat Asuna dan aku atau tidak. Tetapi ketika Myia, yang masih memakai masker gas, menuntut agar dia menjelaskan apa yang dia sembunyikan, lelaki besar itu langsung menumpahkannya. 

Sehari setelah kematian Cylon — pagi hari tanggal 2 Januari— Theano muncul entah dari mana dan meminta Terro membantunya membuka pintu belakang rahasia ke labirin bawah tanah. Kali ini, aku tidak menahan diri untuk tidak meneriakkan "Th'ellman?!" - sebuah kontraksi dari "What the hell man?"

Sebuah pintu belakang. Jika itu ada, maka kunci untuk masuk ke dungeon sama sekali tidak ada gunanya. Cylon bisa saja masuk ke sana dan mengeluarkan kubus emas itu sendiri. Aku sangat terpana sehingga aku jatuh ke posisi duduk dengan lengan melingkari lutut. 

Asuna berlutut untuk berbisik di telingaku, “Bukankah dungeon biasanya memiliki lorong atau pintu tersembunyi di ruangan terakhir yang bisa kamu gunakan untuk keluar?”

Pemain anggar itu belum benar-benar memainkan RPG sebelum terjebak di SAO, jadi bahkan jika dia memanggilku dengan pengetahuan dasar seperti ini, aku harus menerimanya. Dan setelah perenungan lebih dekat, hanya orang yang pernah melewati ruang bawah tanah sebelumnya yang tahu tentang pintu belakang rahasia, dan mengingat bahwa ini berada di bawah mansion, itu hanya akan menyisakan Pithagrus dan Theano; dan yang pertama sudah mati. Aku telah melewatinya dalam versi beta, tapi aku ingat diteleportasi kembali ke pintu masuk setelah aku mendapatkan kubus emas. 

Memikirkan kembali, ada penggunaan yang sangat sering dari teleportasi dalam versi beta di luar gerbang teleportasi dan aktivasi kode anti-pelecehan — tapi sepertinya hampir semuanya telah dihapus pada rilis final. Termasuk, tentu saja, berteleportasi ke Istana Blackiron saat kau mati.

Dengan pemikiran inilah aku berdiri, menenangkan diri, dan membiarkan Terro memimpin kami ke pintu belakang dungeon. Pria besar itu menggunakan kekuatannya yang besar untuk menggeser seluruh alas patung batu di sudut halaman, menampakkan tangga di bawahnya. Kami berempat masuk ke ruang terakhir dungeon, melewati semua teka-teki dan hantu serta monster bos dalam prosesnya. 

Seperti yang kuduga, tidak ada tanda-tanda kubus emas berlumuran darah atau ibu Myia, Theano. Kami meninggalkan mansion tanpa banyak hal untuk diperlihatkan dan berhenti sekitar sepuluh meter dari gerbangnya yang megah. Keheningan mendominasi grup.

“... Haruskah kita mencari tempat sepi di mana kita dapat memeriksa kembali situasinya?” Asuna menyarankan, untuk persetujuan Kizmel dan Myia. Aku bersama mereka, tentu saja, tetapi aku tahu bahwa dua pemain dan dua NPC, kami bertiga berkerudung, akan menarik perhatian, dan kami telah diserang di dalam rumah yang terkunci, jadi mungkin tidak ada tempat yang aman untuk masuk ke dalam. kota. 

"... Kau tahu, mungkin kursi teras terbuka di sepanjang jalan utama dengan semua lalu lintasnya cenderung tidak membuat kita diserang..." Aku mengusulkan, berpikir kami harus menerima visibilitas dan fokus pada keselamatan. 

Tapi sebelum Asuna bisa mengatakan apapun, Kizmel-lah yang berkata, "Apakah kau — dan Myia — masih punya alasan untuk berada di kota ini?" 

"Hah…?" Asuna dan aku berbagi pandangan, lalu kembali ke Kizmel.

Kami memang punya rencana di sini. Setelah kami melakukan apa yang kami bisa tentang pencarian, kami akan menggunakan gerbang teleportasi Stachion untuk mengunjungi lantai pertama dan menunjukkan Kota Awal kepada Kizmel. Tetapi dalam situasi ini, kami harus bersiap untuk serangan sambil berjalan-jalan — dan apakah benar menyeret Myia bersama kami? 

"Yah... um..." Aku tergagap, yang hanya perlu didengar Kizmel. Aku bisa melihatnya tersenyum di balik tudung yang dalam. 

Dia menoleh ke pasanganku dan berkata, “Asuna, aku sangat tersentuh mengetahui bahwa kalian merencanakan banyak hal untuk kita lakukan bersama. Tapi aku tidak bisa mengabaikan Myia dan penyerang Fallen-nya dan pergi berlibur. Aku yang dulu mungkin tidak peduli sama sekali tentang pertengkaran manusia... tapi kalian berdua menyelamatkanku, sekarang aku ingin menyelamatkan 
Myia.”

Asuna menutup matanya perlahan dan membukanya lagi dengan senyuman yang sangat lembut, bahkan penuh kasih. “Rencana kita bisa menunggu. Kita punya banyak waktu di dunia. Aku dapat menyiapkan sesuatu yang lain setelah kami menyelesaikan semua masalah ini. Dan baik Kirito dan aku juga tidak berminat untuk meninggalkan Myia.” 

Dia meletakkan tangannya di bahu Myia. Aku yakin Asuna telah melihat level gadis itu, tapi dia sepertinya tidak melihat situasi melalui lensa khusus itu. Dan untuk bagian Myia, dia tidak memegang keahliannya sendiri dengan harga tinggi. 

Dia membungkuk dalam-dalam kepada kami. “Terima kasih… Aku tidak bisa membayangkan di mana ibuku sekarang atau apa yang dia lakukan. Tolong, aku sangat menghargai bantuanmu.”

"Tapi tentu saja," kata Kizmel segera, sebelum menatapku. “Sekarang, aku punya saran… Kenapa kita tidak membawa Myia kembali ke kastil? Tidak ada kekhawatiran jika Fallen menyerangnya di sana, dan kita akan menemukan banyak tempat untuk bersantai dan berbicara secara terbuka.” 

“Apaa?!” Aku berteriak. 

Tapi itu benar: Jika Anti-Kriminalitas tidak akan membantu kami sekarang, maka tidak ada tempat yang lebih aman bagi kami selain Kastil Galey. Satu-satunya masalah adalah apakah Myia akan setuju untuk meninggalkan rumahnya di Stachion dan melakukan perjalanan sejauh itu… 

Jadi aku menjelaskan tentang Kastil Galey kepada Myia. Di balik port masker gas, matanya besar dan berkilau. Dengan terburu-buru, kata-kata itu keluar. 

"Tentu saja aku ingin pergi melihat kastil elf."

Kami meninggalkan Stachion, mengambil rute pendek kembali melalui hutan, dan menggunakan persediaan Droplets of Villi yang semakin menipis di telapak kaki kami untuk menyeberangi Danau Talpha. Saat melintasi gurun di area kedua utara, kami menemukan kaktus lain yang berbuah dan beristirahat sejenak untuk memetiknya hingga bersih. Myia melepas topengnya untuk pertama kalinya dalam beberapa jam untuk makan dan berseru bahwa dia belum pernah merasakan buah yang begitu lezat sebelumnya. Kizmel dengan bangga menjelaskan kepadanya bahwa kaktus hanya berbuah selama tiga puluh menit sepanjang tahun.

Kalajengking raksasa di area ngarai sama kuatnya seperti biasanya, tapi kami melakukannya dengan cepat dengan penambahan bukan hanya satu, tapi dua NPC bertenaga tinggi. Gamer di dalam diriku hanya ingin nongkrong dan bertani selama setengah hari, tetapi hati nuraniku semakin baik, dan aku tahu tidak tepat menggunakan gadis berusia sepuluh tahun sebagai alat penyamarataan kekuatan. Tetap saja, dengan apa yang kami dapatkan di dungeon area selatan kemarin dan bonus hadiah untuk quest "Agate Key", aku naik ke level 21, dan Asuna mencapai level 20. Kizmel dan Myia memberi kami tepuk tangan meriah saat itu terjadi . 

Beberapa menit setelah pukul satu, kami mencapai ngarai tepat sebelum Kastil Galey.

“Ooooh…!” Myia mengagumi kastil besar di kejauhan. Dia belum pernah keluar dari Stachion selama sepuluh tahun, jadi keajaiban melihat gedung dark elf yang megah pasti jauh melampaui ketika aku pertama kali melihat Kastil Kawagoe di dunia nyata. Karena itu, Kastil Kawagoe bahkan tidak memiliki menara, jadi profilnya tidak terlalu mengesankan. 

Beberapa saat yang lalu, aku akan tersiksa dengan pertanyaan “Apa arti rasa ingin tahu yang sebenarnya bagi seorang NPC?” tapi pandanganku tentang NPC (AI secara umum) telah diperbarui berkali-kali dalam beberapa hari terakhirAku tidak bisa begitu saja berasumsi bahwa hanya Kizmel dan Viscount Yofilis yang merupakan NPC spesial di atas yang lain.

Saat kami mendekati kastil di atas jembatan batu yang dulunya merupakan saluran air, lonceng mulai berdering, dan gerbang yang berat mulai terbuka. Baru setelah itu terpikir olehku bahwa Myia adalah manusia dan tidak menerima misi dark elf, tetapi para penjaga tampaknya tidak tertarik untuk menyapanya, mungkin karena kehadiran Kizmel. Aku membuat catatan mental untuk bertanya tentang mendapatkan gadis itu satu lagi cincin sigil saat kami berlari melewati gerbang yang setengah terbuka.

Myia berseru lagi saat dia melihat ke arah cabang-cabang besar pohon roh dan kastil yang menjulang di belakangnya. Kastil Galey membentuk busur di sepanjang tebing melengkung, yang pastinya merupakan perubahan yang menyenangkan dari Stachion dan semua sudut lurusnya yang tanpa henti. Setelah semua ini selesai, kita bisa membawanya untuk melihat Karluin di lantai lima, Kastil Yofel di lantai empat, dan Zumfut di lantai tiga. Sementara itu, Kizmel menurunkan tudung Greenleaf Cape dan berkata, “Haruskah kami berbicara di kamarmu, Asuna? Atau di ruang makan?” 

Pemain anggar itu menurunkan tudungnya sendiri dan berkata, "Bak mandi."

Aku tahu aku tidak punya hak untuk menolaknya, dan satu-satunya harapanku untuk keluar darinya adalah Myia kecil, yang dengan senang hati menerimanya, jadi aku tidak punya pilihan selain mengikuti ketiga wanita itu. Kami menggunakan tangga sayap barat untuk pergi ke bawah tanah dan tiba di ruang ganti untuk pria dan wanita. Merajuk, aku memutuskan bahwa aku tidak akan memakai sepasang celana renang untuk pertahanan, dan menuju ke mata air panas di bagian berlekuk di bawah akar gantung pohon roh.

Begitu aku tenggelam ke dalam air panas yang keruh sampai ke bahuku, aku secara tidak sengaja mengeluarkan desahan kegembiraan. Aku benci mengakuinya, tetapi setelah berbaris ke Stachion dan kembali, dan semua pertempuran di lembah ngarai yang berdebu itu, berendam di pemandian air panas sama sekali tidak seperti yang lain. Aku bersandar pada akar pegas dan memejamkan mata, membiarkan pikiranku rileks dan berkembang. Di dunia nyata, tertidur di kamar mandi air panas membuatmu berisiko mengalami dehidrasi atau tenggelam. Tapi di dunia virtual… yah, jika kau tertidur dan masuk ke dalam air di sini, kau mungkin akan berakhir dalam status tenggelam dan kehilangan HP. Namun, mustahil untuk menahan kenikmatan semua ototku yang rileks di tengah aroma tanaman musky yang menyenangkan…

"Aku ingin tahu apakah dia masih di belakang sana," kata sebuah suara tidak terlalu jauh, tapi aku hampir 70 persen dalam perjalanan untuk tertidur dan tidak bereaksi saat itu. 

"Dia harusnya menyiapkan berbagai hal," kata suara yang berbeda. 

Kemudian suara pertama berkata, “Aku tidak dapat membayangkan apa yang mungkin dia perlukan untuk bersiap-siap, aku menemukan penyok di dalamnya yang hampir berbentuk seperti kursi…” 

Tiba-tiba, sesuatu yang lembut bertumpu pada tubuhku. Namun, tidak ada ketenangan yang dapat mencegahku bereaksi terhadap ini. “Hwhoa—?!” 

Butuh lebih dari dua menit untuk meredakan krisis yang terjadi setelah itu.

"Aku berani bersumpah bahwa kita memiliki kesepakatan untuk tetap berada di sisi berlawanan dari garis tengah," kata sebuah suara yang begitu nyaring sehingga aku bisa membayangkan embusan uap yang keluar darinya. 

Tanpa harapan untuk menang, aku berargumen, “Tapi kupikir posisi kursi itu hampir di garis perbatasan...” 

“Tidak! Kau hampir empat sentimeter di sisi pemandian perempuan!" Asuna mengaku. Dia duduk tepat di ruang kepompong kecil yang dia curi dariku, dengan Myia beristirahat di pangkuannya. Kizmel duduk di atas akar yang tebal di dekatnya, tetapi uap dari bak mandi di sini begitu kental sehingga aku 
bahkan tidak bisa melihat siluet mereka. Satu-satunya alasan aku tahu di mana para wanita itu berasal dari kursor hijau dan kuning.







“Dan untuk satu hal, jika kau sudah berada di dalam air, setidaknya kau harus memberi tahu kami. Saat kau bersembunyi di tempat ini seperti sebelumnya, tentu saja aku akan menganggapmu memiliki sesuatu yang licik dalam pikiranmu,”Asuna melanjutkan, masih menggerutu. 

Myia dengan polos menimpali, "Kupikir kau dan Kirito adalah saudara laki-laki dan perempuan atau pacar." 

“Ya… Yah, kau salah! Dia hanya anggota party, mitra, atau sahabat karib, atau pelayan, atau apa pun itu!” Asuna memprotes dengan sangat canggung.

Iseng, aku bertanya-tanya apakah Myia mengira aku adalah kakak laki-laki atau Asuna adalah kakak perempuan. Mengingat harga NerveGear dan kesulitan membeli salinan SAO pada saat peluncuran, sepertinya Asuna tidak mungkin berusia kurang dari empat belas tahun, dan pengetahuannya yang luas serta sifat suka memerintahnya secara umum memberinya aura kakak perempuan. Tapi sesekali, dia menunjukkan sekilas kekanak-kanakan yang membuatnya lebih sulit untuk dikatakan. Bagaimanapun, pelayan adalah kata yang kejam untuk digunakan. Mungkin sahabat karib benar-benar lebih cocok…

Pikiranku benar-benar menjadi bentuk bebas ketika aku dibawa kembali ke perhatian oleh suara Kizmel yang jelas dan gembira yang beriak ke permukaan air. “Ha-ha-ha… Aku telah berada di sekitar kalian cukup lama, dan bahkan aku kesulitan memastikan sifat khusus dari hubungan kalian. Aku tampaknya bertindak dengan satu pikiran dalam perkelahian, tetapi kalian berkelahi tiga kali sehari. Ngomong-ngomong, itu yang kedua." 

"Apa? Tidak, kami hanya berkelahi satu kali." 

“Kau marah pada Kirito karena kembali ke kamar setelah berjalan-jalan pagi ini, bukan?” 

“Oh, itu bukan perkelahian. Aku hanya memberinya peringatan." 

Jika kau ingin menghancurkannya seperti itu, aku bahkan tidak ingat pernah marah atau kesal pada Asuna, jadi tidak satupun dari ini dihitung sebagai perkelahian.

Tentu saja, sebagian karena akulah yang selalu mengacaukan banyak hal. 

Bagaimanapun, jika aku terus mendengarkan mereka berbicara, sarafku akan membuatku berkeringat menjadi spons kering, jadi aku berdehem dan memanggil dari sisi lain akar. "Jadi, eh, haruskah kita bicara tentang apa yang harus dilakukan?" 

Ada sedikit percikan, dan aku sangat menyadari tiga orang berkonsentrasi pada kehadiranku. 

"Kurasa begitu. Tapi aku merasa tidak ada banyak fakta kuat yang bisa kita keluarkan... "kata Asuna, jadi aku memutuskan untuk melanjutkan dan membuat daftar apa yang kami tahu, yang telah aku atur dan renungkan di kepalaku dalam perjalanan ke kastil.

“Mari kita lihat dalam urutan kronologis. Pertama, sepuluh tahun yang lalu, sebelum insiden itu dimulai: Lord Stachion adalah Pithagrus, sang jenius dan yang disebut raja teka-teki, sementara murid utamanya Cylon dan wanita pelayan Theano tinggal di mansionnya. Saat itu, Cylon dan Theano adalah sepasang kekasih..." 

"Aku ingin tahu apakah Pithagrus menyadarinya, "gumam Asuna. 

“Tidak…” Myia menyela, “Ibu tidak sering berbicara tentang waktunya tinggal di rumah bangsawan, tetapi dia mengatakan bahwa tidak ada orang lain di sana yang tahu tentang dia dan ayahku.” 

“Ah, begitu…”

"Dan tepat sebelum kejadian, kurasa, Theano mengadnung Myia," kataku, berusaha sedewasaan mungkin untuk seorang anak sekolah menengah yang membicarakan konsep kehamilan. Tapi pernyataan itu membuatku bertanya-tanya, sekilas, bagaimana sistem game menangani konsep bayi dan kelahiran. Kemudian aku berubah pikiran, menyadari bahwa NPC tidak akan menciptakan anak dengan kemauan mereka sendiri. Bagaimanapun, kasus pembunuhan dari sepuluh tahun yang lalu ini bukanlah kejadian nyata yang terjadi di Aincrad; itu hanya serangkaian kenangan yang diberikan kepada NPC ini untuk membangun cerita untuk pemainnya… pikirku. Aku cukup yakin.

Aku berdehem dan melanjutkan, "Jadi... suatu hari sepuluh tahun yang lalu, Pithagrus memberi tahu Cylon bahwa dia memilih murid lain untuk menjadi penggantinya, dan dengan marah, Cylon memukul Pithagrus sampai mati dengan kubus emas yang merupakan simbol dari lord kota. Theano, yang menyaksikannya, tidak bisa memaksa dirinya untuk secara terbuka menuduh Cylon, kekasihnya dan ayah dari anaknya yang belum lahir, melakukan pembunuhan. Saat Cylon berada di luar ruangan, dia menyelinap masuk dan mengambil kubus emas dan kunci emas. Dia mengunci kubus di ruang bawah tanah di bawah mansion, dan dia menyembunyikan kunci di rumah kedua rahasia Pithagrus di kota terdekat. Kemudian dia meninggalkan pekerjaannya di mansion."

Aku telah menjelaskan ini semua kepada Asuna pada beberapa kesempatan, tetapi aku memiliki pengetahuan beta yang mungkin telah mengisi celah di mana detail telah berubah di rilis final. Myia tidak mengoreksiku kapan pun, bagaimanapun, yang memberi tahuku bahwa aku memiliki detail luas yang benar. 

“Setelah Pithagrus terbunuh, satu teka-teki terkutuk muncul di kota Stachion setiap hari. Theano kembali ke rumah aslinya, fokus membesarkan Myia, dan menunggu Cylon datang padanya dan mengakui kejahatannya. Tapi Cylon menemukan seorang musafir fiksi yang telah terbunuh, mengambil posisi lord, dan meminta petualang mana pun yang datang ke mansion untuk mencari kubus emas. Setelah sepuluh tahun, Asuna dan aku datang dan pergi ke rumah terpisah di Suribus atas permintaan Cylon, di mana kita menemukan kunci emas.”

Itu membuatnya terdengar seperti kami jauh lebih baik daripada siapa pun yang mencoba, tetapi itu tidak terhindarkan, karena begitulah kisah quest itu dibuat. Masalahnya adalah bagian selanjutnya. 

“… Kemudian Cylon muncul, melumpuhkan kita dengan gas beracun, mencuri kuncinya, dan meminta bantuan Terro untuk membawa kita kembali ke Stachion. Tapi dalam perjalanan, pencuri menyerang dan membunuh Cylon. Terro melarikan diri ke Stachion sendirian, mengunjungi rumah Theano, dan menjelaskan apa yang telah terjadi. Keesokan paginya, Theano meninggalkan Myia sebuah catatan dan iron key yang selalu dia simpan padanya, pergi ke dungeon di bawah mansion melalui pintu belakang rahasia, mengambil kubus emas, dan menghilang. Pada malam yang sama, seorang pencuri masuk ke rumah Myia, mencoba mencuri iron keynya, tetapi gagal… Kurasa begitulah bukan,” aku menyelesaikan.

Dari seberang air yang beruap, aku mendengar Asuna mengerang. “Hrrrmmm… Menyatukan semuanya menimbulkan lebih banyak pertanyaan daripada jawabannya, kurasa. Kebanyakan tentang Theano… Aku hanya tidak mengerti kenapa dia meninggalkan iron key di rumahnya. Cylon dan Theano hidup terpisah selama sepuluh tahun, tetapi mereka menyimpan kunci-kunci yang menjadi ingatan mereka tentang hubungan selama bertahun-tahun itu. Aku akan berasumsi itu adalah sesuatu yang 
sangat berharga bagi Theano…” 

“Ha-ha. Pendapatmu paling romantic, Asuna.” Kizmel terkekeh, menarik pertahanan yang terburu-buru dari Asuna. 

“A — Aku tidak bermaksud seperti itu. Aku hanya bersikap realistis dan rasional tentang itu…”

Secara pribadi, aku lebih khawatir tentang cara Kizmel menggunakan kata romantis dalam bahasa Inggris — mungkin contoh kosakata Asuna yang menginfeksi dirinya sendiri — tapi itu pertanyaan yang masuk akal. 

Mengingat bahwa kunci-kunci itu menarik satu sama lain dan dapat mengarahkan pembunuh Cylon ke yang lain, terlalu berbahaya untuk meninggalkannya bersama Myia. Dan sekarang mereka datang untuk mendapatkan kuncinya dua kali. Myia mungkin telah menerima pelatihan pedang Theano yang luar biasa, tapi itu sepertinya bukan alasan yang baik untuk mengekspos putri kecilmu pada bahaya. 

“Ngomong-ngomong,” aku bertanya ke seberang dinding akar, “di mana kunci ibumu sekarang, Myia?” 

"Tepat di leherku," katanya. "Oh itu bagus."

Aku menghembuskan nafas. Mustahil bagi para fallen elf untuk menyelinap ke kastil ini, tapi itu juga agak menakutkan untuk memikirkannya ditinggalkan tanpa pengawasan di ruang ganti. 

"Dan di mana kuncimu, Kirito?" dia bertanya. 

Aku akan mengatakan itu "dalam inventarisku" tetapi menyadari aku tidak bisa melakukan itu. "Ini, eh, dalam buku Mystic Scribing." 

Itu adalah istilah elf untuk itu, tapi untungnya, Myia sepertinya mengerti. “Oh, maksudmu pesona kuno yang hanya 
bisa digunakan oleh para petualang.” 

Ooooh, begitu, pikirku. Kemudian pikiran lain muncul di benakku, dan aku bertanya kepada gadis itu, “Katakan, apakah tidak apa-apa jika aku memegang kunci itu? Itu adalah kunci Cylno, kunci ayahmu, jadi bukankah seharusnya kau memiliki keduanya…?”

"Tidak," katanya tanpa ragu sedikit pun. “Jika tidak terlalu merepotkan, aku ingin kau memilikinya. Kupikir ada alasan mengapa ada dua kunci dan masing-masing orang tuaku menyimpan satu. Kurasa yang terbaik adalah menjaga mereka agar tidak terlalu dekat, sampai kita menemukan penggunaan yang tepat untuk mereka." 

"Oh baiklah." 

Untuk anak berusia sepuluh tahun, dia memiliki kepala yang sangat baik di pundaknya. Tapi apakah pantas untuk memikirkan NPC dengan istilah itu? 

Saat itu, ada suara air yang menyembur — cukup harfiah, aku yakin — dan Asuna berkata, “Jadi jika kita tidak tahu di mana harus menggunakan dua kunci, dan kita tidak tahu mengapa Theano mengeluarkan kubus emas itu rumah besar, maka kita agak terjebak. Aku tidak tahu ke mana kita harus pergi dan apa yang harus kita lakukan selanjutnya."

"Tentang itu," kata Kizmel, yang akhirnya memecah kesunyiannya. Suaranya menggema pelan dari bebatuan. “Mengapa kita tidak menunjukkan kunci kepada pendongeng? Jelas mereka berada di bawah pesona magis. Aku bukan 
seorang ahli, tetapi pendongeng mungkin bisa memberi tahu kita sesuatu. Dan jika aku tidak salah, Kirito dan Asuna, kalian ingin bertanya pada sesepuh bagaimana cara bertahan melawan racun naga jahat, bukan?”