Light Novel Sword Art Online – Progressive Indonesia
Kata Penutup Volume 2

Halo, ini Reki Kawahara. Terima kasih telah membaca Sword Art Online Progressive 2. 

Karena sekarang kita sedang berjalan dengan aman, kupikir sudah waktunya untuk mengakui bahwa konsep gila mengikuti penaklukan Aincrad dari lantai pertama ke depan sebenarnya tidak dimulai dalam bentuk yang tepat ini. 

Seperti yang diketahui oleh para penonton serial anime SAO dari Juli hingga Desember 2012, anime ini menata ulang peristiwa-peristiwa Aincrad menjadi garis waktu yang lebih kohesif. Tetapi dalam novel asliku, bagian-bagian awal Aincrad pada dasarnya dilewati seluruhnya. Ini dimulai dengan hari pertama game pada bulan Desember 2022, kemudian melompat enam bulan ke depan hingga April 2023, ketika Kirito bertemu dengan Moonlit Black Cats.

Ini akan menjadi begitu banyak celah antara episode pertama dan kedua, disarankan agar aku menulis plot yang setidaknya mencakup penaklukan lantai pertama. Jadi aku akhirnya menghasilkan novella dari pertemuan pertama Kirito dan Asuna dengan bos. Aku menemukan (?) Ingat ekspresi pucat di wajah produser ketika aku membawa kembali dua kali halaman yang mereka butuhkan, tapi bagaimanapun, itu adalah asal-usul "Aria of a Starless Night" dari volume pertama.

Intinya, itu adalah akhir dari pekerjaanku, tapi begitu aku menyelesaikan "Aria," aku masih bertanya-tanya apa yang terjadi pada Kirito dan Asuna setelah itu. Saat aku menulis di kata penutup volume terakhir, aku hanya ingin melihat apa yang dilakukan oleh dua pahlawan kita (dan Argo, Agil, dan Kibaou) di lantai dua. Tentu saja, jika aku memulainya, itu akan menyebabkan semua jenis kontradiksi dengan seri utama, dan aku tidak yakin apa yang harus dilakukan untuk sementara waktu. 

Tapi sudah menjadi sifat penulis untuk tidak bisa berhenti begitu dia menemukan sesuatu untuk ditulis ... jadi aku menulis "Rondo of a Fragile Blade" dalam trans yang linglung, dan itu juga berakhir jauh lebih lama dari yang aku harapkan. 

Segera aku mengetahui bahwa aku dapat mengeluarkan "Aria" dan "Rondo" dalam satu buku, pada bulan Oktober 2012. Jadi dalam banyak hal, seri adalah produk dari beberapa keadaan yang tidak direncanakan. Tidak ada cara lain aku akan menemukan tekad untuk menulis tentang seratus lantai Aincrad sejak awal - tidak peduli seberapa besar keinginan itu mungkin ada dalam diriku. 

Tentu saja, sekarang setelah aku mulai, tidak ada jalan untuk kembali ke Kota Awal! Jadi akhirnya, di sini adalah lantai tiga, "Concerto of Black and White." Ketika aku mengumumkan volume terakhir, tema cerita ini adalah quest kampanye, tapi aku sedih mengakui bahwa aku menjadi begitu fokus pada NPC Kizmel sehingga bagian terakhir dari quest harus sangat cepat diselesaikan.

Saat menulisnya, aku terkejut oleh betapa anehnya quest MMORPG. Dalam RPG pemain tunggal, setidaknya karaktermu dilahirkan ke alam semesta itu dan pergi bertualang, jadi menantang berbagai quest ini masuk akal. Tetapi para pemain-karakter dalam MMO selalu memiliki sedikit getaran orang asing di tanah asing kepada mereka. Mereka tampaknya mengambil lebih banyak kepribadian pemain... Aku mendapatkan perasaan itu dari MMO yang sebenarnya, tetapi di SAO, VRMMO fiksi ini, karakternya adalah para pemain. Kirito dan Asuna adalah
pengunjung dari dunia "asing" dari dunia nyata dan dapat menangani quest Aincrad seperti itu. Aku menulis "Concerto" sambil merenungkan apa yang akan mereka rasakan dan pikirkan. Sebagai konsekuensi alami dari itu, aku harus menulis sedikit tentang bagaimana Aincrad itu sendiri muncul, dan aku akan mengungkapkan lebih banyak dari latar belakang itu seiring berjalannya waktu. Bagaimanapun, kampanye itu masih memiliki jalan panjang. 

Kisah lantai empat mungkin akan datang tahun depan, tapi aku masih berniat mengikuti Kirito dan geng sampai ke lantai seratus, jadi kuharap kalian mengikuti. Volume SAO yang tepat berikutnya adalah yang keempat belas, yang dimulai dengan hasil duel Kirito dengan Integrity Knight Eugeo. Semoga kalian melihatnya!

Sekali lagi, aku harus menyampaikan terima kasih yang sangat besar kepada ilustratorku abec untuk memberikan ilustrasi yang sangat keren, super-menarik terlepas dari jadwalnya yang sangat sulit, Mr. editor yang terkepung, Tn. Miki dan Tn. Tsuchiya. 

Dan kepada kalian semua pembaca, untuk mengambil bukuku yang ketigapuluh yang diterbitkan, terima kasih yang sungguh-sungguh sepenuh hati !! Sampai jumpa lagi tahun depan !! 

Reki Kawahara – Oktober 2013