Light Novel Sword Art Online – Progressive Indonesia
Aria of a Starless Night - Part 1





Sekali saja, aku melihat bintang jatuh yang asli. 

Itu bukan selama liburan musim panas; itu dari jendela rumahku. Untuk orang-orang yang tinggal di kota dengan udara segar dan malam yang benar-benar gelap, bintang jatuh tidak jarang, tetapi sayangnya, Kota Kawagoe dari prefektur Saitama, tempatku tinggal selama empat belas tahun dalam hidupku, tidak memiliki kualitas seperti itu. Bahkan pada malam yang cerah, yang paling bisa dilihat dengan mata telanjang adalah bintang dengan magnitudo kedua. 

Tapi, di suatu malam di tengah musim dingin, ketika aku kebetulan melirik ke luar jendelaku, aku benar-benar melihatnya. Pada malam yang dalam itu tanpa banyak bintang, lampu-lampu kota membentuk kafan pucat yang menutupi langit. Dan dalam sekejap, itu dipotong oleh kilatan cahaya yang cepat. Aku yang baru beranjak kekelas lima Sekolah Dasar berpikir kekanak-kanakan, "Aku harus membuat semacam permohonan" ... yang sampai saat itu baik-baik saja, tetapi keinginan yang muncul dalam pikiranku adalah, "Aku berharap drop monsterku berikutnya akan menjadi rare item ", tanpa sedikit pun perasaan di dalamnya. Kukira itu muncul dari kenyataan bahwa aku sedang bermain MMORPG yang kusukai pada saat itu.

Bintang jatuh yang kulihat sekilas hari itu, aku melihat sekali lagi tiga (atau empat?) Tahun kemudian, bersinar dengan warna yang sama, bergerak dengan kecepatan yang sama.

Namun, kali ini, aku tidak melihatnya dengan mata telanjang, juga tidak di bawah langit malam abu-abu gelap. 

Aku melihatnya di kedalaman dungeon yang suram, diproduksi melalui Nerve Gear — antarmuka VR tipe full sensorik pertama di dunia. 




Seseorang bisa menggambarkan pertarungan itu sebagai pertumpahan darah 

Monster humanoid level 6, «Ruin Kobold Trooper», mengayunkan kapak tangan yang besarnya, dan orang yang melawan Kobold nyaris tidak bisa mengelak. Aku merasakan hawa dingin di punggungku saat aku menyaksikan pertempuran. Tapi setelah pemain menghindari tiga serangan berturut-turut, Kobold benar-benar kehilangan keseimbangan dan, tanpa kehilangan kesempatan itu, orang itu menggunakan skill pedang dengan kekuatan penuh. Itu adalah skill pertama yang bisa dipelajari dalam kategori rapier: serangan dorong tunggal «Linear».

Itu adalah skil dasar sederhana yang terdiri dari mendorong lurus ke depan dengan pertama-tama memegang pedang di depan tubuh dan kemudian memutar-mutar dari sana, tetapi kecepatannya menakutkan. Jelas, kecepatan tidak diserahkan kepada bantuan gerak sistem sendirian, tetapi didorong oleh perintah gerakan pemain sendiri. 

Selama beta test, aku telah melihat dengan mataku sendiri banyak anggota party dan monster musuh menggunakan skill pedang ini berkali-kali. Tapi kali ini, aku tidak bisa melihat rapier itu sendiri, hanya lintasan yang ditarik oleh efek cahaya yang merupakan karakteristik dari skill pedang. Kilatan putih bersih itu, saat menembus kegelapan dungeon yang remang-remang, membuatku mengingat bintang jatuh dari hari itu.

Pengguna rapier terus menghindari kombo tiga serangan Kobold, diikuti dengan serangan balik menggunakan «Linear». Setelah menggunakan pola serangan-pertahanan ini tiga kali lagi, pemain menghabisi beastman bersenjata, salah satu monster kuat Labyrinth ini, tanpa satu luka. Meskipun demikian, pertempuran itu tampaknya tidak mudah. Setelah skill pedang mematikan telah menembus bagian tengah dadanya dan monster itu menyebar menjadi partikel runtuh ke belakang, pengguna rapier itu terhuyung-huyung seolah didorong oleh pecahan poligon  dan bersandar ke dinding koridor. Orang itu perlahan bergeser ke dinding ke posisi duduk, dan mulai bernapas berat. 

Orang itu sepertinya tidak memperhatikanku yang berdiri sekitar 15 meter jauhnya di sudut persimpangan.

Untuk menjaga jarak tanpa kata-kata dan menemukan mangsa sendiri adalah prosedur normalku. Sebulan yang lalu, pada hari yang penting itu, aku memutuskan untuk hidup dengan egois sebagai pemain solo. Sejak hari itu, aku tidak pernah mendekati seorang pun. Satu-satunya pengecualian adalah jika aku melihat pemain dalam pertempuran yang jelas-jelas dalam bahaya; namun, pengukur HP pengguna rapier itu masih sedikit penuh. Paling tidak, orang itu tampaknya tidak membutuhkan bantuan orang lain sama sekali. 

Meski begitu ... 

Setelah sekitar lima detik merenung, aku meninggalkan bayangan persimpangan dan berjalan ke arah pengguna rapier yang masih duduk.

Sosok kurus, agak ramping. Tubuh dilengkapi dengan tunik kulit merah gelap dengan lempengan dada tembaga ringan, sementara tubuh bagian bawah mengenakan celana kulit yang rapi, dengan sepatu bot hingga lutut. Jubah berkerudung menutupi tubuh dari kepala ke bawah pinggang, sehingga wajahnya tidak bisa dilihat. Selain jubah, peralatan itu tampaknya seperti pemain anggar, tapi penampilanku sendiri sebagai pendekar pedang juga hampir sama. Pedang kesayanganku «Anneal Blade», hadiah dari Quest tingkat kesulitan tinggi, sangat berat. Jadi, untuk menjaga keterampilanku pada titik, aku memakai baju besi seminimal mungkin - hanya armor dada kecil dengan mantel kulit abu-abu gelap di atasnya.

Melihat langkah kakiku yang mendekat, bahu pengguna rapier itu bergetar tiba-tiba, tetapi tidak bergerak lebih jauh. Fakta bahwa aku bukan monster seharusnya terungkap oleh kursor berwarna hijau dalam pandangan orang itu. Wajahnya terkubur jauh di belakang lututnya yang tinggi, memberikan kesan 'Lewat saja dan teruskan' yang kuat, tapi — aku berhenti sekitar dua meter dari pengguna rapier dan membuka mulutku. 

"... Itu tadi pembunuhan overkill yang ekstrim." 

Bahu kecil yang ditutupi oleh kain tebal jubah bergerak sedikit lagi. Kap mesin tersentak, bergerak naik sekitar 5cm, dan dari kegelapan di dalam, dua pupil dengan tajam menembak ke arahku. Satu-satunya hal yang bisa kupahami adalah iris coklat muda. Ciri-ciri wajahnya tidak bisa dilihat sama sekali.

Selama beberapa detik, pengguna rapier terus mengawasiku dengan tatapan tajam yang sama yang dia gunakan dalam pertempuran sebelumnya, tapi kepalanya akhirnya sedikit miring ke kanan dalam gerakan seperti 'Aku tidak mengerti'. 

Melihat itu, aku berpikir, 'Jadi seperti yang kupikirkan'. 

Untuk apa yang tampak seperti permainan solo bagiku, ada satu keganjilan besar. 

«Linear» yang dilepaskan oleh pengguna rapier begitu sempurna sehingga aku hanya bisa menggigil. Keringkasan pra-gerak dan pasca-gerak, dan, yang terpenting, kecepatan dorongan yang mencegah persepsi rapier itu sendiri. Belum pernah aku melihat skil pedang yang menakutkan dan indah.

Jadi sejak awal, kupikir dia juga harusnya menjadi Beta Tester. Sebelum dunia ini menjadi Death Game, pengalaman pertempuran yang luas harusnya diakumulasikan untuk mencapai kecepatan ini. 

Namun, melihat «Linear» untuk kedua kalinya, aku ragu tentang dugaanku. Keahlian itu sempurna, tetapi langkah pertempuran itu terlalu berisiko. Tentu saja, «Minimal Side Step Defense» memiliki kecepatan serangan balik yang lebih tinggi daripada menangkis atau memblokir, dan tidak akan mengurangi daya tahan senjata / armor. Namun sebagai gantinya, ketika pertahanan gagal, bahaya adalah yang terbesar. Paling buruk, counter damage dapat diterapkan dan stun bisa terjadi. Dalam pertempuran solo, stun sangatlah fatal.

Ketidakseimbangan antara skill pedang yang sempurna dan taktik pertahanan yang berisiko. Untuk beberapa alasan aku ingin tahu alasannya, tidak peduli apa. Itu sebabnya aku bergerak lebih dekat dan menyapa orang itu, mengatakan bahwa tidak peduli apa situasinya, itu berlebihan. 

Namun, lawan sepertinya tidak mengerti istilah game net biasanya. Artinya, pengguna rapier di depanku bukanlah seorang beta tester asli. Tidak hanya itu, dia bahkan mungkin belum menjadi pemain MMO sebelum datang ke sini. 

Aku menghela napas pendek, dan menjelaskan lagi.

"Overkill berarti ... dibandingkan dengan HP monster yang tersisa, kerusakan yang diberikan terlalu banyak. Kobold sebelumnya hampir mati setelah« Linear »kedua ... tidak, itu sudah hampir mati. Pengukur HP-nya hanya memiliki dua atau tiga titik tersisa. Alih-alih menyelesaikannya dengan skill pedang, serangan normal ringan akan lebih dari cukup. " 

Di dunia ini, berapa hari ... sudah berapa minggu sejak aku banyak bicara? Merenungkan pertanyaan itu, aku menutup mulut. 

Bahkan setelah mendengarkan ucapanku, buah dari kerja kerasku dan keterampilan berbicaraku yang buruk, pengguna rapier itu tidak bereaksi selama lebih dari sepuluh detik. Tepat ketika kupikir aku belum berhasil menyampaikannya, sebuah suara kecil akhirnya menyelinap melalui kap yang diturunkan. 

"…… Overkill, apakah ada masalah dengan itu?"

Pada saat itu, aku terlambat menyadari bahwa pengguna rapier yang meringkuk di hadapanku ini adalah salah satu dari yang luar biasa langka ini - terutama di kedalaman dungeon seperti ini— «Pemain Wanita». 

Sudah sebulan sejak peluncuran resmi VRMMORPG pertama di dunia, «Sword Art Online». 

Pada saat ini, MMO rata-rata akan mulai melihat pemain mendekati batas level, dan peta dunia seharusnya sudah dieksplorasi dari ujung ke ujung. Namun untuk SAO, bahkan grup kelas atas saat ini nyaris tidak mencapai Level 10 — aku tidak tahu seberapa tinggi jaraknya, tapi — tidak mungkin bisa seperti itu. Kastil melayang Aincrad, tempat permainan ini dipentaskan, hanya ditaklukkan oleh total beberapa persen juga.

Alasannya adalah SAO saat ini adalah game yang bukan game; dalam arti tertentu, itu telah menjadi «Penjara». Logout manual tidak dimungkinkan dan kematian avatar sama dengan kematian pemain sesungguhnya. Dengan kondisi ini, tidak banyak orang memasuki dungeon yang penuh dengan monster dan perangkap berbahaya. 

Juga, setelah Gamemaster memaksa semua avatar memiliki jenis kelamin yang sama dengan pemain dunia nyata mereka, perempuan sangat jarang. Bahkan setelah sebulan, aku pikir hampir semua dari mereka masih tinggal di «Kota Awal». Di dungeon pertama yang cukup besar, «Labirin Lantai Pertama», aku telah melihat pemain wanita hanya dua atau tiga kali, dan mereka semua adalah anggota party besar. 

Itu sebabnya aku tidak akan pernah membayangkan pengguna rapier solo yang kutemui di area Labyrinth yang belum dijelajahi adalah pemain wanita.

Untuk sesaat, aku berpikir tentang menggumamkan permintaan maaf dan meninggalkan daerah itu. Bukan karena aku menemukan kesalahan dengan jenis pemain pria yang selalu berbicara kepada pemain wanita yang mereka lihat; Aku hanya dengan tulus tidak suka dipikirkan seperti itu. 

Di sisi lain, jika lawan mengatakan sesuatu seperti 'Itu pilihanku' atau 'Tinggalkan aku sendiri,' aku akan mengatakan 'Aku paham' dan segera pergi. Namun, balasan singkat pengguna rapier telah menjadi pertanyaan. Jadi, aku berhenti bergerak pada menit terakhir, dan sekali lagi menjawab dengan putus asa menggunakan semua kemampuan bahasaku.

"...... Overkill tidak memiliki penalti atau keburukan dari sistem, tapi ... itu buruk untuk efisiensi. Skill pedang membutuhkan konsentrasi, jadi menggunakannya secara terus menerus melelahkan secara mental. Ada juga jalur kembali, jadi lebih baik untuk tidak bertarung dengan cara yang membuatmu lelah." 

"......Jakur Kembali?" 

Lagi-lagi, suara tanya muncul dari dalam tudung. Kelelahan membuatnya sangat pingsan dan intonasinya juga tipis, tetapi terlepas dari itu, kupikir suaranya cukup indah. Tentu saja, itu bukan sesuatu yang akan kukatakan dengan keras. 

Sebaliknya, kuuelaskan sekali lagi.

"Ya. Butuh sekitar satu jam untuk pergi dari sini ke pintu keluar Labyrinth, dan dari sana ke kota terdekat adalah sekitar 30 menit bahkan ketika bergerak cepat, kan? Keletihan meningkatkan kesalahan. Kau terlihat seperti pemain solo, dan untuk satu orang, kesalahan kecil apa pun mungkin merugikanmu. " 

Sementara mulutku bergerak, aku bertanya pada diri sendiri, 'Mengapa aku berbicara dengan sekuat tenaga?' Karena lawannya adalah wanita — itu tidak bisa menjadi alasan, karena aku telah memberikan omongan panjang sebelum mengetahui itu. 

Jika aku adalah dia, dan seseorang telah memberiku omongan seperti ini, aku akan mengatakan, 'Ini pilihanku, jadi tinggalkan aku sendiri,' atau sesuatu seperti itu. Jadi, dengan kepribadian dan tindakanku agak berselisih, aku hampir berkeringat, ketika pengguna rapier akhirnya menjawab. 

"... Lalu, tidak ada masalah. Aku tidak kembali."

"Apa? ... T-Tidak kembali ke kota? Tapi ... mengisi potion, memperbaiki equipment ... dan tidur ..." 

tanyaku dengan heran. Bahu pengguna rapier itu sedikit bergetar. 

"Aku tidak butuh obat ketika aku tidak menerima kerusakan, dan aku membeli lima pedang yang sama ... Sedangkan untuk istirahat, aku menggunakan save area di sekitar." 

Saat gumaman itu memudar, aku terdiam beberapa saat.

Safe Area adalah ruang-ruang tertentu di dungeon yang tidak akan dimasuki monster. Safe Area dapat dikenali dengan obor berwarna khusus yang ditempatkan di dinding di keempat sudutnya. Saat berburu dan maping, itu adalah tempat yang bagus; tapi, meski begitu, itu hanya bisa digunakan untuk mungkin satu jam istirahat singkat. Lantainya terbuat dari batu dingin dan tentu saja tidak ada tempat tidur, dan langkah kaki atau geraman monster di dekatnya sering terdengar. Tidak peduli seberapa berani pemain itu, tidur nyenyak benar-benar mustahil. 

Tapi, berdasarkan apa yang baru saja kudengar, pengguna rapier ini telah menggunakan safe area sebagai pengganti penginapan kota dan terus mengasingkan dirinya di Labirin ... apakah itu yang dia maksudkan? 

"...... Berapa jam itu berlangsung?" 

Aku bertanya dengan takut. 

Pengguna rapier menjawab setelah menarik nafas panjang. 

"Tiga hari ... atau empat hari ... Hanya itu? Monster di sekitar sini akan segera hidup kembali, jadi aku akan pergi." 

Dengan tangan kirinya yang halus terbungkus sarung tangan kulit tebal, dia mendorong tembok dan berdiri dengan goyah. 

Pedang rampingnya yang masih terhunus terkulai ke bawah, seolah-olah dia memegang pedang dua tangan dengan satu tangan, dan pengguna rapier itu mengembalikannya padaku. 

Ketika dia mengambil satu, dua langkah dariku, jubahnya compang-camping, mengungkapkan bahwa banyak daya tahannya telah hilang. Tidak, untuk peralatan kain yang telah digunakan untuk ekspedisi berburu selama empat hari, fakta bahwa ia mempertahankan bentuknya adalah keajaiban. Komentar sebelumnya 'Selama aku tidak menerima kerusakan' mungkin tidak berlebihan ...

Setelah menyadari itu, aku melontarkan beberapa kata yang tidak terpikirkan ke punggungnya yang ramping. 

"...... Jika kau bertarung seperti itu, kau akan mati ..." 

Tiba-tiba berhenti, pengguna rapier menyandarkan bahunya di dinding kanan dan berbalik perlahan. Dari dalam tudung, matanya, yang telah kulihat sebelumnya berwarna cokelat muda, menembus diriku dengan cahaya batin merah terang. 

“…… Bagaimanapun juga, semua orang akan mati.” 

Suara serak dan serak membuat udara Labirin yang dingin menjadi lebih dingin. 

"Hanya dalam satu bulan, 2.000 orang telah meninggal, dan bahkan lantai pertama belum ditaklukan. Tidak mungkin untuk menyelesaikan game ini. Di mana dan bagaimana kau mati, dan apakah itu cepat ... atau lambat, adalah satu-satunya perbedaan ......" 

Yang terpanjang,

Di depanku, saat aku melangkah maju sebagai reaksi, pengguna rapier itu diserang oleh serangan melumpuhkan yang tak terlihat dan perlahan-lahan jatuh ke lantai.