Novel The Villain Daughter Enjoys Her Seventh Life as a Free-Spirited Bride (Hostage) in a Former Enemy Country Indonesia
Chapter 21


“…A-Aku tidak tahu bagaimana….” 

Dia mulai menyebutnya satu per satu, mengingatnya saat dia pergi. 

“Aku telah mencuci baju dan seprai sebelum aku datang ke kastil setelah keluargaku hancur berantakan. Tapi aku tidak tahu bagaimana aku harus mencuci gaun atau seragam militer yang belum pernah kulihat sebelumnya." 

"Iya. Itu sudah pasti. " 

“Para senior sibuk berlarian, dan mereka berkata, [Kami tidak punya waktu untuk mengajarimu. Lihat aku bekerja, dan pelajarilah], jadi kulakukan. Aku ingin bertanya apa yang tidak kumengerti, tapi sulit untuk melakukannya…” 

“ Oke. Apa lagi?"

“Ada begitu banyak yang harus dipelajari, sabun dan papan cuci yang berbeda digunakan tergantung pada jenis bahan kainnya. Sabun dan papan cuci yang berbeda digunakan untuk kain yang berbeda, dan alat yang berbeda digunakan untuk area pembersihan yang berbeda. Bukan hanya jenis alatnya, tetapi juga tempat di mana setiap alat disimpan yang sangat rumit… Aku tidak diizinkan untuk bertanya lagi setelah aku pernah diajari.” 

Para pemula bertukar pandang dengan heran dan Rishe tahu mengapa. 

Apa yang baru saja Dianna katakan adalah hal yang sama persis yang mengganggu mereka dan terus menunda tugas mereka. 

Mereka telah mencari-cari tanpa tahu di mana menemukan alat-alat itu, mereka yang mereka coba tanyakan terlalu sibuk dan mereka membalas dengan kesal. Ini adalah jenis masalah yang harusnya dihadapi semua pemula.

"…Tapi!! Aku tumbuh sepenuhnya dalam situasi seperti itu sendirian! Sehari setelah aku datang ke kastil, aku bisa melakukan apa yang diajarkan kepadaku sehari sebelumnya. Tidak seperti gadis-gadis ini!" 

"Hanya ada satu perbedaan besar antara kau dan para pemula ini." 

Setelah mendengarkan argumen Dianna, Rishe memberitahunya. 

"Gadis-gadis ini buta huruf!"

"Ah……!" 

Di saat yang sama saat mata Dianna membulat, Elise menunduk. 

Tingkat melek huruf masyarakat umum serupa di setiap negara. Beberapa keluarga, terutama jika menyangkut wanita, bersedia mengeluarkan biaya tinggi untuk mendidik mereka. 

Terlahir dari keluarga pedagang, Dianna belajar membaca dan menulis dan mampu mengatasinya. Dia dan teman-teman baiknya dan para pelayan lainnya mungkin berada dalam situasi yang sama.

Tapi banyak pelayan tidak. 

“Deskripsi pekerjaanmu dijelaskan hanya sekali. Jika kau tidak dapat merekamnya sendiri untuk ditinjau nanti - seberapa yakin kau bahwa kau dapat melakukan pekerjaan sebaik yang kau lakukan sekarang?”

“Bu-Bukan itu…” 

Dianna tanpa sadar mengusap saku celemeknya. Dia menyelipkan catatan di sana dengan berbagai jadwal untuk hari itu, memastikannya rapi agar dia bekerja dengan lancar. 

Itulah mengapa dia tahu persis berapa banyak bantuan yang bisa didapat dari 'melek huruf'. 

Dan betapa sulitnya bagi pelayan yang tidak. Terlalu mudah untuk memperhatikan mereka yang tidak bisa membaca atau menulis. 

“Gadis-gadis ini semua bekerja sekeras kau. Pikirkan tentang itu, ingat bagaimana kau di masa lalu." 

“Aku, dulu…”

Dianna menjatuhkan diri, seolah dia kehilangan kekuatan. 

“...A-Aku minta maaf…” 

“Diana-senpai?” 

“Maaf, teman-teman. Kupikir aku akan menjadi seseorang yang tidak memiliki apa-apa. Aku kehilangan rumah dan kekayaanku, dukungan keluargaku dan harus hidup sendiri! Aku sudah membuatnya sejauh ini dari nol, jadi tidak adil bagiku untuk menganggap bahwa kalian tidak sanggup melakukan tugas itu…!” 

Pundak Dianna bergetar karena tangisannya, menutupi wajahnya dengan kedua tangan. 

Tapi ternyata tidak! Aku tidak pernah memulai dari awal! Semua yang diajarkan kepadaku tetap ada padaku. Namun aku bahkan tidak menyadari betapa diberkatinya aku. Apakah aku terlena dengan mengatakan hal-hal yang seharusnya tidak kukatakan? 
“Diana-san…” 

“Maaf. Aku benar-benar minta maaf…” 

Para pemula bergegas menghampirinya saat dia duduk, terkejut dengan permintaan maafnya yang langsung.

“Itu tidak benar, Dianna-san. Kami orang-orang yang minta maaf karena tidak bisa diandalkan.” 

“Rishe-sama, Dianna-san mungkin menakutkan, tapi pekerjaannya selalu baik! Begitu pula para senior lainnya. Jadi, tolong..." 

"Tidak. Aku pantas tidak dipilih sebagai pelayan. Karena ini…” 

“Dianna.” 

Rishe mengulurkan tangan padanya dan tersenyum lembut. 

"Aku sudah bilang. Aku ingin meminta bantuanmu. " 

"Hah?..." 

"Aku ingin Kastil Kerajaan ini menjadi tempat pelatihan untuk pelayan baru." 

Saat dia mengatakan ini, para pelayan di tempat itu mendengung. Bukan hanya mereka, bahkan mata Oliver pun membulat.

“Kalian yang tidak memiliki pengalaman akan mempelajari pekerjaan seorang pelayan disini. Tentunya bukan dengan metode 'perhatikan dan pelajari', melainkan dengan bimbingan yang cermat. Kalian dapat mengajukan pertanyaan sesering yang kailan inginkan sampai kalian belajar. Setelah kalian menguasai keterampilan seorang pelayan, kalian akan dipromosikan ke Kastil Utama, tempat tinggal Keluarga Royalti.” 

Masalah yang dialami Dianna, Elise, dan yang lainnya sama dengan yang terjadi di kastil dan tempat tinggal bangsawan lain. 

Mereka yang melakukan pekerjaan sehari-hari tidak punya waktu untuk mengajar para pemula, jadi mereka tidak punya pilihan selain memperoleh keterampilan dengan cara mereka masing-masing atau keluar dari pekerjaan karena itu tidak berhasil untuk mereka. 

Mungkin mereka yang berhenti dalam keadaan seperti itu bisa menunjukkan potensi penuh mereka jika saja mereka diajar dengan benar.

Sebaliknya, mereka yang telah belajar melalui belajar mandiri atau meniru mungkin juga melakukan kesalahan penting. 

Namun, jika mereka dilatih dengan benar di suatu tempat, masalah ini akan terpecahkan. 

Dan ini bisa dilakukan di kastil Rishe. 

“Seperti yang dikatakan Dianna, begitu kalian memperoleh keterampilan, itu akan menjadi aset yang abadi. Kalian harus belajar membaca dan menulis, melakukan pekerjaan kalian, dan menghafalkan tugas kalian. Setelah kalian mendapatkannya, itu adalah senjata yang dapat kalian gunakan ke mana pun kalian pergi. Ketika kalian akan dikeluarkan dari tempat kerja, atau harus menjalani kehidupan yang berbeda, aku yakin itu akan berguna.” 

Mata para pelayan, yang takut ditolak di kastil ini sebelumnya, berbinar mendengar kata-kata Rishe.

“Jadi kedua puluh pemula itu akan menjadi pelayanku. - Dan Dianna, aku ingin kau menjadi asistenku dalam mengajar mereka." 

“Aku akan menjadi asisten Rishe-sama?” 

“Mulai sekarang, semua pelayan yang datang ke kastil akan belajar selama satu jam atau lebih dalam sehari. Aku ingin Dianna dan teman-temanmu berperan sebagai guru dan menyiapkan bahan ajar untuk pelajaran mereka. Aku juga ingin kau membuat manual kerja ketika mereka belajar membaca." 

“Kami adalah para guru… membuat bahan ajar… dan manual?” 

Dianna ternganga. 

Dia tampak seolah dia tidak bisa berpikir jernih setelah diberi pilihan yang tidak pernah dia bayangkan. Rishe dengan lembut mengeluarkan catatan Dianna, yang dia simpan di sakunya. 

"Ini, aku telah melihatnya."

"Ba-Bagaimana Rishe-sama menemukan itu?"

Aku akan tutup mulut untuk pertanyaan itu. Aku tidak bisa memberitahumu bahwa aku bergabung dengan para pelayan yang membersihkan kastil utama pagi ini untuk menemukan catatanmu. 

“Kau sudah mendapatkan intinya, dan tulisannya bersih dan jelas. Jika kau memiliki bakat untuk menuliskan apa yang telah kau lihat dan dengar serta hafal dengan sangat baik, kupikir kau adalah orang yang tepat untuk pekerjaan membuat bahan pengajaran." 

“…..” 

Saat dia mengatakan itu dengan sepenuh hati, wajah Dianna yang tadinya malu-malu sampai sekarang berubah merah padam. 

“Ke-Kenapa kau memujiku setelah semua penghinaan yang aku lemparkan padamu?” 

"Aku tidak tahu apa yang kau bicarakan." 

Dianna menggigit bibirnya dengan erat dan meraih tangan yang ditawarkan Rishe padanya. 

Berdiri, dia menundukkan kepalanya dalam-dalam dan berkata.

“Aku akan terus melakukan yang terbaik.” 

"Aku mengandalkan mu." 

Rishe kemudian menoleh ke Elise dan pelayan baru lainnya. 

“Aku yakin kalian semua harus banyak belajar untuk sementara waktu juga. Jika keadaan menjadi terlalu sulit, kalian selalu dapat berbicara denganku." 

"…Iya!!" 

***** 

Ketika Squire Oliver kembali ke kastil utama, tuannya, Arnold, yang berada di mejanya di kantornya, berkata tanpa memandangnya. 

“Apakah Rishe sudah memutuskan pelayannya?” 

"Tentang itu, Tuanku."

Oliver menghampiri tuannya. 

"Apakah kau ingat? Dulu ada masalah di kastil - cenderung kekurangan staf - karena pergantian pelayan baru yang cepat."

"Ya. Kita telah menaikkan gaji untuk mengurangi tingkat pemunduran diri. Meski begitu, situasi saat ini hanya sedikit lebih baik dari sebelumnya." 

“Mungkin Rishe-sama pada akhirnya akan menemukan solusi permanen.” 

Arnold mendongak dari kertasnya pada jawabannya. 

“Dia menemukan seorang wanita berbakat di antara para pelayan wanita untuk membuat bahan pengajaran dan menyatakan bahwa dia akan membangun sistem pelatihan yang berpusat pada rekrutan baru. Selain itu, dia memikat para pendatang baru untuk belajar dengan mengatakan 'keterampilan yang kauperoleh akan menjadi aset abadi'. ” 

“…” 

“Para pelayan sangat terharu dan senang. Kupikir ada faksi antara pendatang baru dan pelayan senior, tapi hari ini, mereka berpegangan tangan satu sama lain." 

"…Ah. Begitu."

Arnold tertawa puas dan terus menggerakkan penanya lagi. 

“Nah, apakah kau sudah memperkirakan ini? Bahkan kau tidak terlalu terkejut.” 

“Apakah ini sesuatu yang bisa kuprediksi. Yah, aku mengira dia memang melakukan sesuatu yang lucu.” 

“Akan menjadi tidak hormat kepada calon istrimu jika kau terlalu terang-terangan begitu…” 

Oliver mengangkat bahu dan kemudian berkata tanpa berpikir. 

“Tapi, aku yakin aku akan bersenang-senang juga. Aku ingin tahu prestasi apa yang bisa dia capai di masa depan." 

"Oliver ~" 

Arnold menurunkan matanya dan berkata dengan suara yang sedikit lebih rendah dari biasanya. 

"Rishe bukanlah seorang istri yang dibawa untuk kepentingan keluarga royalti atau kepentingan nasional." 

“…” 

Setelah menghela napas, Oliver menjawab, “Aku mengerti,” dan melanjutkan membantu tuannya.