Light Novel Sword Art Online – Progressive Indonesia
Volume 1 -  Kata penutup

Halo, ini adalah Reki Kawahara, penulis Sword Art Online Progressive 1. 

Kata Progressive mungkin membuat kalian berpikir tentang format video, tetapi dalam hal ini dimaksudkan dalam arti "peningkatan bertahap". Aku memilih judul ini untuk mewakili tugas menaklukkan Aincrad sedikit demi sedikit, dari lantai pertama. Mulai saat ini, aku akan menggunakan singkatan SAOP. 

Jadi pertama-tama, aku harus menjelaskan mengapa aku memutuskan untuk mulai menulis seri ini.

Jika kalian mengizinkanku mengulangi apa yang kukatakan di penutup volume pertama SAO, aku menulis cerita itu sebagai pengajuan Penghargaan Novel Dengeki, jadi aku harus menyelesaikan cerita dengan game yang sudah dipukuli, tepat di instalment pertama. Belakangan, aku menulis sejumlah cerita prekuel pendek yang mengisi kekosongan (lihat Volume 2 dan 8), tetapi mereka lebih seperti episode-episode kecil, dan tidak fokus pada meat dan potatas para pemain yang maju dalam game. 

Jadi aku selalu menyembunyikan keinginan rahasia untuk menulis tentang bagaimana Kirito dan yang lainnya menaklukan setiap lantai dan mengalahkan setiap bos dalam game, itu tidak benar-benar terjadi sampai sekarang. Karena aku sekarang mencoba untuk menulisnya lagi dari lantai pertama, itu menciptakan sejumlah masalah.

Yang terbesar dari semuanya adalah bagaimana menghadapi Asuna, sang heroine. Dalam seri yang diterbitkan sebelumnya, Kirito tidak mengenal Asuna sampai jauh, jauh kemudian. Jika aku menggambarkan Kirito bekerja dengan Asuna di lantai pertama dan kedua Aincrad, itu akan bertentangan dengan apa yang sudah kuterbitkan. 

Untuk waktu yang lama, aku ragu-ragu antara dua opsi: menghindari kontradiksi itu dengan memulai Progressive dengan heroine yang berbeda, atau merangkul kontradiksi dan mulai dengan Asuna sejak awal. 

Pada akhirnya, aku mengakui pada diriku sendiri bahwa rasanya tidak benar memiliki orang lain selain Asuna di sisi Kirito, dan aku curiga bahwa sebagian besar pembacaanku merasakan hal yang sama. Jadi aku memutuskan untuk membuat Kirito bertemu dengan Asuna segera.

Tentu saja, aku yakin bahwa beberapa pembaca tidak akan dapat menerima kontradiksi dengan apa yang kutulis sebelumnya, dan tidak apa-apa. Tetapi aku akan melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa pilihan yang kubuat sejajar dengan event yang ada sebaik mungkin. Harapanku adalah kalian akan dapat mengatasi ketidakkonsistenanku dan menikmati seri baru ini apa adanya. 

Sekarang aku sudah menyingkirkan permintaan maafku, mari kita membahas masing-masing cerita ini.

"Aria of a Starless Night," kisah lantai pertama Aincrad, muncul tepat setelah kisah "The First Day," yang ditemukan dalam Volume 8 dari seri utama. Kita melihat karakter yang hanya muncul dalam nama sebelumnya, seperti Kibaou, calon pemimpin Army, dan penyalur informasi, Argo si tikus. Lalu, tentu saja, ada favorit lama seperti Agil sebelum dia menjadi pengusaha, dan Asuna ketika dia hanya pemula untuk MMORPG. Itu adalah campuran yang sangat aneh dari yang baru dan akrab ketika aku sedang menulis. Tentu saja, Kirito masih Kirito.

Bagian dari titik Progressive adalah untuk menjelaskan sistem secara lebih rinci, sehingga "Aria" menghabiskan banyak waktu untuk meliput konsep "bos raid." Kuharap kalian benar-benar merasakan kelompok besar yang terdiri dari delapan party yang masing-masing terdiri dari enam anggota. Jika itu tidak masuk akal bagi kalian, tonton episode kedua dari seri anime SAO! Ha ha. 

Kisah lantai dua, "Rondo of a Fragile Blade," menampilkan seluruh wajah baru. Butuh waktu cukup lama untuk memutuskan apakah karakter Nezha adalah pria atau wanita. Akhirnya, aku merasa bahwa menjadikannya seorang gadis akan menimbulkan serangkaian masalah baru, jadi aku mengambil jalan yang mudah untuk menjadikannya laki-laki.

Aku bermaksud memiliki kisah ini dengan sistem peningkatan senjata, tetapi aku membiarkannya sedikit menjauh dariku, dan hasilnya lebih berupa kisah misteri seputar konsep penipuan peningkatan. 

Karena tidak ada banyak pertempuran di bagian awal cerita, aku ingin menampilkan pertempuran bos yang bagus dan mewah, dan akhirnya membawa bos yang cukup jahat hanya untuk lantai dua game. Jika itu terjadi dalam MMO asli, aku benar-benar akan menyerah! 

Dua cerita itu merupakan volume pertama SAOP. Aku sudah mendapatkan judul cerita lantai tiga yang dipilih: "Concerto of Black and White." Dalam hal sistem game, aku akan fokus pada tema quest kampanye. 

Nah, sekarang aku sudah pergi dan mengintip untuk volume selanjutnya, aku mungkin harus berterus terang dan mengakui bahwa aku tidak berpikir aku bisa menulis lebih dari satu volume Progressive setahun. Jadi, jika aku menutup dua lantai setahun, kapan aku benar-benar bisa sampai ke lantai tujuh puluh lima ...? Aku terlalu takut untuk mempertimbangkan kemungkinan! Berharap dapat melihatmu di Volume 2! 

Dan tentu saja, aku akan melanjutkan dengan seri SAO utama. Bagian Tiga arc Alicization, Volume 11, harusnya keluar pada bulan Desember. Kirito dan Eugeo akan menangani misteri Dunia Bawah. Silakan periksa.

Juga, kelanjutan SAO berarti aku harus melewati Accel World kali ini. Permintaan maaf yang mendalam! Tetapi karena Volume 9 dan 10 yang datang berurutan cepat, itu harusnya kembali ke jadwal normal sekarang. Aku tidak yakin berapa lama aku bisa terus menulis buku setiap bulan (pada kenyataannya, ini sudah terlihat berbulu) ... tapi aku akan melakukan yang terbaik! 

Sekali lagi terima kasih kepada ilustratorku abec-san karena dengan penuh semangat menangani dua seri sekaligus, kepada editorku Miki-san karena dengan penuh semangat (kupikir) menangani monster buku setebal lima ratus halaman ini, dan kepada wakil editorku Tsuchiya-san karena telah berurusan dengan boroknya (aku berasumsi) menunggu balasanku yang sangat terlambat untuk setiap pesan. Dan bagi kalian yang membaca sampai akhir buku yang sangat tebal ini, bonus LA terbesar dari rasa terima kasihku! 

Reki Kawahara – Agustus 2012